x

Iklan

Putri Dwia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Januari 2022

Rabu, 2 Februari 2022 08:08 WIB

Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Selama Pandemi

Penggunaan media sosial dalam pembelajaran online sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan juga sekolah lainnya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

      Pandemi covid-19 pertama kali muncul di Wuhan,China pada Desember 2019 dan menyebar di Indonesia pada awal tahun pada tanggal 2 Maret 2020 pertama kali ditemukan di wilaya DKI Jakarta yang tertular dari warga Negara Jepang dan sampai sekarang tahun 2022 corona virus masih menyebar luas di wilaya Indonesia yang menyebabkan angka kematian semakin hari semakin bertambah.

Pada awal pandemi pemerintah menerapkan system pembelajaran dalam jaringan (daring) yang berarti semua siswa siswi hanya melakukan pembelajaran melalui media sosial. Di masa pandemi ini kegiatan pembelajaran harus tetap dilaksankan walaupun tidak bertatap muka langsung. Dengan menggunakan media tersebut kegiatan pembelajaran ini mendukung penerapan pembelajaran di era 4.0 yang memanfaatkan teknologi untuk kegiatan tersebut. Karena teknolgi ini dapat memudahkan kita untuk mengakses informasi serta membantu kita mencari solusi untuk mengatasi permasalahan di masa pandemi yang terjadi sekarang. 

Kini media sosial adalah faktor yang paling tinggi untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Pertumbuhan media sosial sangat pesat karena semakin hari orang sudah memiliki media masing-masing. Media sosial dalam pembelajaran ini berfungsi sebagai bentuk kolaborasi dan kreativitas terhadap penggunaannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagian kalangan masyarakat belum menyadari pentingnya media sosial untuk pembelajaran sekarang. Pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi online mampu meningkatkan kemandirian belajar terhadap siswa siswi dimasa pandemi ini dengan kemandirian tersebut dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan juga dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik tersebut. Jika pembelajaran online ini sulit dipahami solusi yang dapat dilakukan adalah bertanya kepada orang tua atau guru yang bersangkutan dengan pelajaran tersebut yang kedua yaitu kita bisa mencari sumber di internet atau media lainnya.

Sehubungan dengan pandemi sekarang Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga menggunakan media untuk kegiatan pembelajarannya. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Yogyakarta. Penggunaan teknologi pada Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta biasanya menggunakan media seperti E-Learning, Zoom, G-meet, Discord, YouTube, atau WhatsApp group.

Tetapi dampak dari pandemi ini ada positif negatifnya kita ambil dari postifnya yaitu dengan kita melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring) akan menghindari kita dari virus yang membahayakan ini dan juga pasti mengurangi angka kematian di Indonesia dan dari negatifnya yaitu kebanyakan mahasiswa kurang paham akan pembelajaran tersebut dikarenakan sulit dimengerti jika hanya melalui media seperti sekarang kebanyakan juga mahasiswa tidak peduli akan pembelajaran karena udah terbiasa dengan kegiatan seperti main hp, game, ataupun jalan-jalan sebagian mahasiswa juga sering mengeluh terhadap pembelajaran daring ini karena jaringan yang tidak mendukung yang mengakibatkan mahasiswa tidak mengikuti pembelajaran pada jam itu dan kurang mendapatkan informasi penting dan sebagian mahasiswa juga mengeluh karena tidak bisa bertemu secara langsung dengan dosen atau teman-teman lainnya. (https://www.unisayogya.ac.id)

Ikuti tulisan menarik Putri Dwia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler