x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 2 Februari 2022 08:05 WIB

Taman Bacaan Jangan Berharap Sempurna, Kerjakan Saja Giat Literasi

Pegiat literasi dan taman bacaan jangan pernah berharap kesempurnaan. Lebih baik lakukan sesuatu dengan tidak sempurna daripada tidak melakukan apapun dengan sempurna. Man jaddwa wa jadda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Adalah realitas, hari ini banyak orang yang menuntut kesempurnaan terjadi pada orang lain. Sementara dirinya sendiri adalah makhluk yang tidak sempurna. Maka siapa pun, jangan pernah berharap sempurna. Karena tidak ada sama sekali manusia atau hal yang sempurna selagi masih bermukim di dunia. Kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT.

 

Sekali lagi, jangan pernah berharap kesempurnaan. Asal jujur dan apa adanya, lebih baik membuat kesalahan daripada memalsukan kesempurnaan. Berkoar-koar di media sosial seperti orang baik dan selalu benar. Hanya untruk memalsukan diri, sementara orang yang ditudingnya hanya diam saja. Bertindak seperti orang berdaya dan mampu, sementara track record-nya tidak ada apa-apanya. Banyak orang terlihat sempurna karena dibantu mulutnya, sementara orang lain hanya berdiam diri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Terus, bila orang lain salah. Apa kamu pasti benar?

Belum tentu dong. Saya sendiri tidak pernah percaya ada manusia yang mampu mengerjakan apa pun dengan sempurna. Selagi masih jadi manusia pasti punya salah, ada khilafnya. Salah sedikit atau banyak, besar atau kecil. Apa pun dalihnya. Bagaimanapun juga, tidak ada orang yang sempurna. Hanya banyak orang tidak mau jujur, bahkan tidak berani mengakui kesalahannya.

 

Mengejar kesempurnaan, untuk siapa pun, hanya akan membuat manusianya jadi stres dan frustrasi. Hingga berdampak berdampak buruk pada hidupnya. Jangan lupa, sesuatu indah itu dibangun dari hal-hal yang tidak sempurna. Maka cukup, lakukan apa pun dengan baik. Walau tidak sempurna, namun tetap apa adanya dan berdampak positif untuk orang lain. Seperti pegiat literasi di taman bacaan, mereka tidak lakukan apa pun untuk sempurna. Tapi selalu ikhtiar untuk melakukan yang terbaik.

 

Maka khusus pegiat literasi dan relawan taman bacaan. Pesen sederhananya adalah jangan pernah berharap untuk sempurna. Tapi cukup lakukan yang terbaik di taman bacaan. Demi tegaknya kegemaran membaca dan budaya literasi anak-anak dan masyarakat. Fokus saja untuk mengelola dan menghidupkan kegiatan literasi di taman bacaan, Apa pun kondisinya, apa pun kendalanya. Taman bacaan, tidak perlu menjadi sempurna untuk menginspirasi orang lain. Tapi biarkan orang-orang terinspirasi oleh taman bacaan saat menangani ketidaksempurnaannya.

 

Taman bacaan bukan tempatnya kesempurnaan. Pegiat literasi pun tidak perlu jadi orang sempurna. Literasi pun tidak usah pengen macam-macam. Tapi cukup semacam saja. Untuk menyediakan akses bacaan, bukan menuding minat baca rendah. Taman bacaan pun sama sekali tidak penting mengurusi orang lain, Apalagi kepo, gossip, gibah dan fitnah. Karena orang lain itu tidak peduli dan tidak membantu taman bacaan kan? Maka taman bacaan hanya fokus pada apa yang harus dilakukan. Fokus pada taman bacaan itu sendiri, bukan pada orang lain.

 

Spirit “jangan pernah berharap kesempurnaan” itulah yang jadi roh TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Sekalipun banyak kendalanya tapi tetap fokus berliterasi. Hingga kahirnya kini, tetap fokus menjalankan taman bacaan sebagai tempat membaca 130 anak usia sekolah dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya) di Kec. Tamansari Bogot. Dengan koleksi lebih 10.000 buku, kini tiap anak TBM Lentera Pustaka sudah terbiasa membaca 3-10 buku per minggu. Selain taman bacaan, TBM Lentera Pustaka pun menjalankan 11 program literasi lainnya seperti:1) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) yang diikuti 9 warga belajar buta huruf agar terbebas dari belenggu buta aksara, 2) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 3) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 4) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo usia lanjut, 5) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 6) KOPERASI LENTERA dengan 28 ibu-ibu anggota koperasi simpan pinjam agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 7) DonBuk (Donasi Buku), 8) RABU (RAjin menaBUng), 9) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 10) LITFIN (LITerasi FINansial), dan 11) LIDAB (LIterasi ADAb) untuk mengajarkan adab ke anak-anak seperti memberi salam, mencium tangan, berkata-kata santun, dan budaya antre. Tidak kurang dari 250 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

 

Alhamdulillah, hasilnya pada tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka menorehkan berbagai prestasi, seperti:  1) Terpilih "Jagoan 2021" dari RTV (tayang 29 Des 2021), 2) Sosok Inspiratif Spiritual Journey dari PLN (Okt 2021), 3) Terpilih "31 Wonderful People 2021" dari Guardian Indonesia (24 Sept 2021), 4) Terpilih "Ramadhan Heroes" dari Tonight Show NET TV (6 Mei 2021), dan 5) Terpilih program "Kampung Literasi 2021" dari Dit. PMPK Kemdikbud RI (14 Nov 2021).

 

Jadi siapa pun, jangan pernha berharap kesempurnaan. Lebih baik lakukan sesuatu sekalipun tidak sempurna daripada tidak melakukan apa pun dengan sempurna. Dan bila sudah ikhtiar, tetap sabar dan ikhlas dalam menjalankannya. Sambil menahan diri untuk terhindar dari 3 perkara buruk, yaitu: 1) larut dalam pembicaraan yang tidak berguna, 2) banyak bertanya soal yang tidak penting, dan 3) menyia-nyiakan harta untuk yang tidak manfaat.

 

Siapa pun dan soal apa pun, jangan pernah berharap kesempurnaan. Kerjakan saja apa pun dengan baik. Karena “man jadda wa jadda”, barang siapa bersungguh-sungguh, maka pasti akan hasil baik pada waktunya. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB