x

Mahasiswa KKN Universitas Jember bantu petakan Hunian Sementara (HUNTARA) bagi masyarakat terdampak erupsi Semeru

Iklan

KKN 02 UNEJ Peduli Semeru

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Januari 2022

Rabu, 2 Februari 2022 19:27 WIB

Huntara untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

Mahasiswa KKN Universitas Jember bantu petakan Hunian Sementara (HUNTARA) bagi masyarakat terdampak erupsi Semeru

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN Universitas Jember melakukan pemetaan tanah di area HUNTARA

Dampak erupsi Semeru pada penghujung tahun 2021 mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi masyarakat. Tidak hanya korban jiwa, namun juga kerugian harta benda khususnya hunian masyarakat yang sudah tidak layak untuk ditempati. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Pemerintah Daerah menginisiasi untuk pembangunan hunian sementara (HUNTARA) di sekitar daerah terdampak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lokasi yang dipilih untuk pembangunan huntara terletak salah satunya di Desa Sumbermujur. Area yang dipilih seluas 81 hektar ini sebelumnya merupakan lahan perkebunan dan pertanian milik warga sekitar. Lahan ini dialih fungsikan menjadi Hunian Sementara melalui keputusan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan ditinjau langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Mahasiswa Fakultas Teknik KKN Universitas Jember berkolaborasi untuk melakukan kegiatan pemetaan kaveling dan jalan sebagai serangkaian kegiatan pembangunan Huntara. Bersama dengan tim laboratorium ukur tanah Teknik Sipil Universitas Jember, mahasiswa Teknik Universitas Jember bersinergi untuk memetakan tiap-tiap luasan hunian beserta fasilitas pendukung seperti drainase, jalan akses dan pejalan kaki. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga minggu secara bergilir sejak tanggal 11 Januari 2021.

Hunian Sementara ini akan digunakan oleh warga desa terdampak dari daerah Kajar Kuning, Curah Koboan, Kamar Kajang, Gumuk Mas, dan Kebondeli Utara. Nantinya Huntara yang dibangun akan menjadi Hunian Tetap (Huntap) dimana proses pengurusan sertifikatnya akan dibantu juga oleh pemerintah daerah dan perangkat desa setempat. Warga desa Sumbermujur berharap kegiatan pembangunan yang juga membutuhkan waktu lama ini mampu meringankan beban warga yang terkena dampak erupsi gunung Semeru.

Ikuti tulisan menarik KKN 02 UNEJ Peduli Semeru lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB