x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 3 Februari 2022 09:53 WIB

Ever Lasting Friends Super Junior Gelar Charity Event ke Taman Bacaan Lentera Pustaka

Komunitas Fans Super Junior atau ELF gelar charity event di Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor. Bukti kepedulian sosial anak muda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunitas Fans Super Junior di Indonesiaatau biasa dipanggil dengan sebutan "ELF" atau Ever Lasting Friends menggelar kegiatan charity event ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka pada Rabu (2/02/2022). Acara ini sekaligus memperingati ulang tahun salah satu anggota SUJU Cho Kyu Hyun. Berbagai donasi seperti papan tulis, boneka, spidol, buku tulis, dan snack untuk anak-anak pembaca aktif.

 

Dalam kegiatan ini, anak-anak TBM Lentera Pustaka pun berfoto dengan Cho Kyu Hyun dalam bentuk poster-poster. Menurut Ida, salah satu anggota Fans SUJU, kegiatan bakti sosial ini merupakan bukti kepedulian sosial fans SUJU kepada taman bacaan dan masyarakat. Semua donasi adalah sumbangan sukarela anggota fans SUJU.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Seperti diketahui, Super Junior atau dikenal sebagai SJ atau SUJU adalah boy band asal Korea Selatan dengan tiga belas anggota sangat dikenal publik Internasional setelah merilis singel berjudul "Sorry, Sorry" tahun 2009. Super Junior merupakan artis K-Pop terlaris selama empat tahun berturut-turu dan pernah menyabet enam belas penghargaan dari Golden Disk Award.

 

TBM Lentera Pustaka sendiri dipilih oleh Komunitas Fans Super Junior karena aktivitasnya yang menarik dan selalu aktif mensosialisasikan akan pentingnya membaca buku di kalangan anak-anak usia sekolah. Sebagai satu-satunya taman bacaan resmi di Kecamatan Tamansari Kab, Bogor, TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor saat ini menjadi tempat membaca 130 anak usia sekolah dari 3 desa (Sukalutu, Tamansari, Sinarwangi) yang mampu membaca 5-10 buku per minggu dengan jadwal membaca 3 kali seminggu. Dengan koleksi lebih 10.000 buku, kini tiap anak TBM Lentera Pustaka sudah terbiasa membaca 3-10 buku per minggu. Selain taman bacaan, TBM Lentera Pustaka pun menjalankan 11 program literasi lainnya seperti:1) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) yang diikuti 9 warga belajar buta huruf agar terbebas dari belenggu buta aksara, 2) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 3) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 4) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo usia lanjut, 5) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 6) KOPERASI LENTERA dengan 28 ibu-ibu anggota koperasi simpan pinjam agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 7) DonBuk (Donasi Buku), 8) RABU (RAjin menaBUng), 9) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 10) LITFIN (LITerasi FINansial), dan 11) LIDAB (LIterasi ADAb) untuk mengajarkan adab ke anak-anak seperti memberi salam, mencium tangan, berkata-kata santun, dan budaya antre. Tidak kurang dari 250 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

 

Pada tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka pun menorehkan berbagai prestasi, seperti:  1) Terpilih "Jagoan 2021" dari RTV (tayang 29 Des 2021), 2) Sosok Inspiratif Spiritual Journey dari PLN (Okt 2021), 3) Terpilih "31 Wonderful People 2021" dari Guardian Indonesia (24 Sept 2021), 4) Terpilih "Ramadhan Heroes" dari Tonight Show NET TV (6 Mei 2021), dan 5) Terpilih program "Kampung Literasi 2021" dari Dit. PMPK Kemdikbud RI (14 Nov 2021).

 

"Semoga donasi dan kepedulian ELF atau fans SUJU ini dapat memotivasi anak-anak TBM Lentera Pustaka untuk tetap rajin membaca. Terima kasih pula untuk sahabat ELF yang sudah berkontribusi untuk chariry event ini” ujar Ida dari ELF. Salam literasi #TamanBacaan #CharityEvent #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB