x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 4 Februari 2022 07:55 WIB

Di Mana Ngopi Ditemani Buku? Kopi Lentera, Tempat Ngopinya Pegiat Literasi di Kaki Gunung Salak

Kopi Lentera, tempat ngopinya pecinta literasi dan taman bacaan di kaki Gunung Salak Bogor. Wajib ditemani buku saat ngopi agar sedep, alami & rileks.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sahabat literasi, namanya kopi lentera.

Yaitu secangkir kopi yang diaduk dengan alat yang disebut hati, bukan dengan sendok. Kopi yang dihidangkan dengan etika, bukan hanya logika semata. Maka saat meneguk kop lentera, rasanya jadi beda. Berada di tengah antara pahit dan manis. Selalu bersedia memberi kehangatan untuk penikmatnya. Karena ditemani buku-buku dan anak-anak yang membaca.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Secangkir kopi lentera, cukup mengantar penikmatnya. Untuk menjenguk masa depan, bukan berpaling ke masa lalu. Kopi Lentera akan selalu menemukan penikmatnya yang literat. Kaum yang sudi memahami realitas dan terhindar dari prasangka buruk. Seperti kopi yang selalu rela dan ikhlas menghilangkan rasa kantuk peminumnya. Kopi yang selalu memberi ketenangan dan inspirasi tanpa henti.

 

Menariknya, secangkir “kopi lentera”. Sama sekali tidak ada paksaan. Sepeti gula sudi masuk ke cangkir. Kopi pun rela ada di cangkir. Terserah, berapa pun komposisinya. Boleh diaduk boleh tidak. Saat diteguk pun, boleh dinikmati atau dilepeh. Silakan dan sah-sah saja. Karena kopi lentera terkadang bersifat dramatis. Ada pahit ada manis. Walau itu semua relatif dan tergantung rasa. Tapi yang pasti, pada secangkir kopi selalu ada kenikmatan dari setiap adukannya. Agar melegakan lagi menggairahkan.

 

Di mana kopi lentera?

Kopi Lentera ada di kaki Gunung Salak Bogor. Tepatnya di rooftop TBM Lentera Pustaka yang kini sedang dalam pembangunan. Insya Allah dan atas izin-Nya, Kopi Lentera akan diluncurkan setelah lebaran tahun 2022. Sebuah tempat ngopi berkonsep literasi, di mana setiap pengunjungnya wajib memegang buku. Bila dibaca lebih bagus tentunya. Kopi Lentera persis ber-view Gunung Salak 100% sehingga bisa jadi tempat ngobrol, diskusi, atau membaca buku yang mengesankan. Kopi Lentera pun jadi bagian literasi finansial. Sebagai sarana “usaha kecil menengah” yang keuntungannya untuk membiayai operasional taman bacaan, di samping transport para relawan dan wali baca. Kopi Lentera tidak untuk menjadi kaya. Tapi untuk aktivitas sosail berbasis pemberdayaan ekonomi orang-orang baik yang terlibat di taman bacaan. Di mana ada tempat ngopi sambil memegang buku? Tentu, hanya ada di Kopi Lentera di Kaki Gunung Salak Bogor.

 

Untuk diketahui, TBM Lentera Pustaka merupakan taman bacaan yang kreatif dan menyenangkan dengan mengembangkan model “TBM Edutainment”. Sebuah konsep tata kelola taman bacaan berbasis edukasi dan entertainment. Taman bacaan yang kini menjadi tempat membaca 130 anak usia sekolah dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya). Selain taman bacaan, TBM Lentera Pustaka pun menjalankan 11 program literasi lainnya seperti:1) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 2) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak, 3) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 4) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo usia lanjut, 5) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 6) KOPERASI LENTERA dengan 33 ibu-ibu anggota, 7) DonBuk (Donasi Buku), 8) RABU (RAjin menaBUng), 9) LITDIG (LITerasi DIGital), 10) LITFIN (LITerasi FINansial), dan 11) LIDAB (LIterasi ADAb). Tidak kurang dari 250 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

 

Pada tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka pun menorehkan berbagai prestasi, seperti:  1) Terpilih "Jagoan 2021" dari RTV (tayang 29 Des 2021), 2) Sosok Inspiratif Spiritual Journey dari PLN (Okt 2021), 3) Terpilih "31 Wonderful People 2021" dari Guardian Indonesia (24 Sept 2021), 4) Terpilih "Ramadhan Heroes" dari Tonight Show NET TV (6 Mei 2021), dan 5) Terpilih program "Kampung Literasi 2021" dari Dit. PMPK Kemdikbud RI (14 Nov 2021).

 

Ada nilai-nilai yang dijunjung tinggi di Kopi Lentera. Yaitu: 1) sedep (dalam Bahasa Sunda) berarti memiliki pengetahuan dan mampu bersosialisasi dengan baik, 2) alami berarti bernuansa alam dengan view gunung, dan 3) rileks, berarti jadi tempat istirahat atau bersenang-senang sejenak, santai dan keluar dari belunggu kehidupan dunia yang memabukkan. Di Kopi Lentera, siapa pun berposisi sama. Tidak ada yang istimewa.

 

Saat berkunjung ke Kopi Lentera, maka siapa pun “dilarang” memikirkan hal-hal yang tidak penting. Dilarang berkeluh-kesah, apalagi fitnah dan gibah. Jalani waktu yang tersisa dengan kebaikan dan kemanfaatan kepada sesama. Nikmati apa yang ada, dengan penuh rasa syukur dan doa yang baik.

 

Pada secangkir kopi, semua orang sama saja. Maka di mana pun, pilihlah tempat dan kawan yang menyenangkan. Jangan cari kawan yang seperti uang logam, "di depan lain, di belakang lain". Untuk apa berkawan, bila akhirnya membuat stres seperti pandemi Covid-19. Hingga akhirnya lupa, bahwa di luar sana, masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Kopi Lentera, menyetarakan hebatnya kesalehan ritual seiring indahnya kesalehan sosial.

 

Apa pun kondisinya, apa pun pikirannya. Insya Allah, Kopi Lentera bisa jadi obatnya.  Tempat ngopi di kaki Gunung Salak, tempat ngopinya pecinta literasi dan taman bacaan. Bismillah dan salam literasi #KopiLentera #TamanBacaan #KopinyaPegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler