x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 11 Februari 2022 09:25 WIB

Gagal Nrimo, Kok Pengen Hidup Seperti Orang Lain?

Nrimo, maka terimalah. Apa pun yang terjadi, apa pun keadaannya. Karena semuanya sudah pantas untuk kita dan atas izin Allah SWT. Kenapa pengen hidup seperti orang lain?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nrimo itu “menerima”. Kata yang sederhana. Tapi tidak banyak orang yang mampu menerima. Apa pun yang terjadi pada dirinya. Nrimo berarti bersedia menerima segala pemberian, segala keadaan. Karena sejatinya, semua yang terjadi sudah dikehendaki-Nya. Untuk lebih ikhlas atau lapang hati dalam hidup. Nrimo adalah akhlak yang terpuji.

 

Tapi sayang, hari ini tidak sedikit orang yang gagal menerima keadaan. Sulit menerima realitas yang terjadi. Logikanya terlalu tinggi, daya tolaknya kuat. Maka pikiran dan perilakunya jadi penuh sentimen dan emosional. Maraknya hoaks, gibah, benci, dan iri jadi bukti tidak adanya sikap menerima. Ogah nrimo, begitulah kira-kira bahasa orang kampungnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Omicron merajalela, PPKM kembali diterapkan. Bekerja dan kuliah “dipaksa” dari rumah. Realitas itu harus diterima. Jangan dilanggar atau dilawan. Agar bisa nrimo, apa pun keadaan yang terjadi. Sekaligus momen untuk melatih sikap sabar dan ikhlas dalam menjalani kehidupan. Karena tidak ada perbuatan sekecil apapun yang tidak ada akibatnya. Bisa baik atau buruk, positif atau negatif, bahkan lebih atau kurang memang harus diterima.

 

Terkadang, harapan memang berbeda dengan kenyataan. Tidak semua yang diinginkan bisa dicapai. Tidak semua yang dipikir baik oleh kita itu baik untuk orang lain. Maka dibutuhkan sikap nrimo. Agar lebih legowo dan tetap bersyukur atas segala keadaan.

 

Ketahuilah, apa pun yang terjadi di dunia dan pada manusia. Sudah atas izin Allah SWT dan pasti baik. Maka konsekuensinya, si manusia pasti sanggup menjalaninya. Karena ujungnya, pasti ditolong Allah SWT. Alam pun bertindak sangat adil. Karena yang terjadi, sudah pantas untuk kita. Tinggal si manusia, mau jadi lebih baik atau lebih buruk,

 

Memang tidak semua orang bisa menerima keadaan. Kurang berjiwa besar.  Karena pikirannya terlalu besar, level psikologisnya terlalu percaya diri. Selalu ingin mengejar mimpi-mimpinya tercapai. Sehingga gagal menerima realitas dan lupa bersyukur atas apa yang dimilikinya.

 

Seperti aktivitas di taman bacaan. Apa yang dilakukan pegiat literasi dalam menegakkan tradisi membaca. Itu pun realitas dan harus diterima. Karena taman bacaan bisa jadi jalan hidup. Tidak usah merasa takjub. Karena taman bacaan adalah jalan kebaikan. Maka bila tidak bisa membantu ya cukup diam atau mendoakan. Tidak perlu cari alas an, omong sana-omong sini yang mengundang dosa. Lalu bikin fitnah, gibah atau gosip yang tidak penting.

 

Banyak orang lupa. Doa terbaik itu ya perbuatan baik yang dilakukan, Bukan doa yang dituturkan tapi pikirannya selalu buruk. Tanpa pernah melakukan kebaikan sekecil apa pun yang bermanfaat untuk orang lain. Pergilah ke taman bacaan, agar tahu apa yang dilakukan kepada orang lain?

 

Tidak semua yang Anda pikir baik itu baik untuk orang lain, Maka harus nrimo, bersedia menerima. Jalani realitasm bukan memperkuat daya tolak. Agar energi tidak habis untuk hal-hal yang negatif. Apalagi memupuk kebencian yang tidak pernah berakhir.  Untuk apa tidak nrimo?

 

Dan nrimo atau menerima itu bukan pasrah. Karena nrimo harus didahului ikhtiar. Usaha dulu. Tapi bila tidak cocok, ya mau apalagi. Apapun hasilnya harus nrimo. Tetap ikhlas dan jangan lupa bersyukur. Sekali lagi, karena apa pun yang terjadi pasti baik dan atas izin Allah SWT. Bukan sebaliknya, justru menuding orang lain, apalagi menyalahkan Allah SWT.

 

Ada manusia yang hidupnya ingin seperti orang lain. Itu terjadi karena gagal nrimo, tidak mampu menerima realitas kehidupan. Tapi di saat yang lain, dia percaya. Katanya hidup manusia itu sudah ada yang atur. Lalu, kenapa sulit menerima kenyataan?

 

Nrimo, maka terimalah. Apa pun yang terjadi, apa pun keadaannya. Karena semuanya sudah pantas untuk kita dan atas izin Allah SWT. Bahwa anugerah yang dicari itu ada pada diri sendiri, Bukan berada di orang lain. Tidak perlu memaksa apaa pun yang tidak penting. Apalagi memaksa kehendak kepada orang lain. Dan akhirnya, dari dari sekian banyak pikiran dan rencana hebat manusia. Pilihan terbaik adalah sikap nrimo, menerima apa pun yang terjadi. Karena lebih baik nrimo daripada nelongso. Jadilah literat! Salam literasi #TamanBacan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler