Pentingnya Ikut Seminar Terutama bagi Para Pelajar - Analisis - www.indonesiana.id
x

Nurul Fauziyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Februari 2022

Sabtu, 12 Februari 2022 08:17 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Pentingnya Ikut Seminar Terutama bagi Para Pelajar

    Tulisan ini menguraikan mengenai pentingnya seminar bagi pelajar. Karena seminar memiliki beberapa benefit yang bisa diperoleh untuk para pelajar. Diantaranya ilmu yang berharga, memperluas jaringan sosial, menambah pengalaman serta koleksi sertifikat dan bonus merchandise.

    Dibaca : 929 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Belakangan ini banyak bermunculan pamflet-pamflet yang mendemokratisasikan kegiatan bincang-bincang oleh para ahli di bidangnya. Kegiatan tersebut dinamakan sebagai seminar. Hal ini serupa dengan apa yang diterangkan dalam Oxford Advanced Dictionary bahwa seminar merupakan sesuatu pembelajaran yang di selenggarakan di sekolah atau universitas dalam bentuk kajian permasalahan dan dilakukan dengan diskusi bersama professor ataupun orang ahli dalam bidangnya. 

     

    Begitu pula menurut seorang Rusland Ahmadi yang menyatakan bahwa seminar merupakan kegiatan dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan. Masalah yang dimaksud merupakan lingkup kajian yang biasanya dijadikan sebagai tema seminar. Berawal dari sebuah penelitian atau kajian literatur yang dilakukan sebelumnya oleh pemantik atau pemateri dalam seminar. Kemudian dibahas dalam forum diskusi atau kegiatan seminar tersebut. Tentunya dengan dipandu oleh moderator dan disimak oleh beberapa peserta yang hadir atau boleh juga mengajukan pertanyaan kepada pemateri untuk menggali ilmu lebih dalam lagi, selain itu juga dapat mencairkan suasana antar individu dalam seminar tersebut. 

     

    Betapa banyaknya manfaat seminar yang dapat diperoleh. Mulai dari definisinya saja sudah tertera tujuan pentingnya. Manfaat seminar ini sangat relevan bagi kehidupan masyarakat umum terutama di situasi seperti saat ini. Manfaat ini cukup penting khususnya bagi kaum pelajar maupun pengajar baik dari jenjang sekolah hingga universitas. Pentingnya mengikuti kegiatan seminar bagi kaum pelajar karena beberapa hal berikut.

     

    1. Ilmu yang berharga

    Dalam mengikuti seminar hal yang paling penting diperoleh adalah ilmu-ilmu dari para pemateri. Karena yang disimak adalah isi dari apa yang disampaikan oleh para pemateri, yaitu berupa ilmu dari bidang yang dikaji pada seminar. Dan tujuannya pun adalah untuk menyerap hasil diskusi antar pembicara dalam seminar yang diikuti. Hasil seminar tersebut yang menjadi tambahan ilmu sangat berharga. Ilmu tersebut diperoleh oleh para individu yang hadir dan benar-benar mengikuti kegiatan dengan serius hingga akhir.

     

    2. Memperluas jaringan sosial

    Ketika mengikuti seminar diberbagai tempat, tidak menutup kemungkinan akan menambah banyak orang baru yang dikenal. Karena dalam satu seminar tentu banyak orang yang berasal dari lingkungan berbeda. Apalagi jika seminarnya diadakan dalam lingkup nasional hingga internasional, maka akan banyak peserta yang berasal dari berbagi daerah atau instansi pendidikan. Dari situ dapat menjadi peluang untuk menambah relasi dan memperluas jejaring sosial. Jadi tidak hanya mengenal orang yang dari satu lingkungan saja. Karena banyak yang dapat ditemukan dalam kegiatan seminar salah satunya adalah teman dari lingkungan baru. Teman baru dari jejaring sosial yang beragam itu dapat diajak sharing atau bertukar informasi mengenai apa yang didapatkan atau dialami dari lingkungan pendidikan yang berbeda. Dengan begitu maka akan menambah banyak wawasan, karena dapat mengetahui informasi apa yang sebelumnya tidak diketahui dari orang yang mengalaminya secara langsung.

     

    3. Menambah pengalaman

    Hal yang paling berharga untuk pembelajaran dalam hidup adalah sebuah pengalaman yang dapat didapatkan dari mana saja. Salah satunya dari mengikuti kegiatan seminar. Setelah menjalani atau melakukan suatu kegiatan tentu akan ada pengalaman yang didapat. Pengalaman tersebut yang akan sangat berguna untuk menjadi tolok ukur atau bisa juga evaluasi dalam melakukan kegiatan selanjutnya di kemudian hari. Bahkan pengalaman dalam mengikuti seminar dapat juga dijadikan sebagai bahan rujukan atau pertimbangan jika akan mengadakan seminar dari instansi sendiri.

     

    4. Koleksi sertifikat dan bonus merchandise

    Beberapa seminar memberikan sertifikat kepada para peserta setelah selesai kegiatan. Dan tidak semua seminar juga memberikan merchandise sebagai bentuk apresiasi atas keikutsertaan hingga keaktifan peserta dalam kegiatan seminar. Setidaknya merchandise yang didapatkan bisa dijadikan sebagai barang koleksian atau dimanfaatkan untuk kepentingan belajar, misalnya pulpen, notebook, dan lain sebagainya. Namun, sertifikat yang didapatkan dari kegiatan seminar dapat digunakan sebagai lampiran para pelajar untuk mendaftar ke jenjang selanjutnya. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa hingga pekerjaan. Dan ternyata ada juga beberapa kampus yang menjadikan syarat lampiran sertifikat seminar untuk kelancaran proses kelulusan hingga wisuda, biasanya seminar-seminar publik nasional hingga internasional. 

     

    Beberapa keterangan di atas merupakan bukti betapa pentingnya ikut kegiatan seminar terutama bagi kaum pelajar. Karena dengan mengikuti seminar banyak hal positif yang didapatkan. Hal positif itu belum tentu didapatkan dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas biasanya. Menjadi seorang pelajar sesekali memang harus keluar dari zona nyaman. Mencari hal baru dan melangkah dengan rasa tinggi ingin tahu.

    Ikuti tulisan menarik Nurul Fauziyah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.