x

Penampilan perempuan kerap kali mendatangkan setan seksis

Iklan

Anggita Anggriana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Februari 2022

Kamis, 17 Februari 2022 07:23 WIB

Perempuan Hebat di Tengah Pandemi

Artikel ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perempuan bahwa kita perempuan sangat berharaga dengan banyaknya peran yang kita jalani khusunya selama masa pandemi covid-19. Perempuan Indonesia hebat!!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

            Masyarakat Indonesia tengah menghadapi dan melewati tantangan Covid-19, begitu banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk melindungi masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan salah satunya berupa pemberian vaksin secara berkala. Namun upaya perlindungan yang diberikan nyatanya di lapangan mengalami hambatan luar biasa, baik dari segi edukasi terkait dari manfaat vaksin yang diberikan maupun penyebaran berita yang tidak bertanggung jawab akan dampak vaksin yang diberikan kepada masyarakat.

Banyak perempuan yang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya di tengah pandemi Covid-19 dan banyak perempuan kesulitan mencari pekerjaan yang barunya dan sebagian perempuan dituntut menjadi kepala rumah tangga akibat suami atau keluarga yang meninggal akibat virus ini. Bahkan tidak heran perempuan juga harus memainkan peran ganda, salah satunya, dalam mendampingi tumbuh kembang sang anak selama masa pandemi dengan mengikuti program belajar daring (belajar dari rumah secara online). Mereka harus melakukannya tanpa melepaskan tanggung jawab utamanya dalam mencari nafkah namun keyakinan perempuan sebagai pejuang hebat mampu menghadapi dan melewati pandemi Covid-19 dengan baik.

            Dari semangat seorang ibu yang selalu menghangatkan keluarga mengajarkan kita bahwa keinginan perempuan untuk mencapai impian ditengah banyaknya tantangan akan menjadi sebuah kekuatan yang terbungkus dengan sebuah doa dan harapan. Dimulai dari peranya didalam keluarga, perempuan menjadi garda terdepan dalam menjalankan peran mengelola keuangan (manajer keuangan keluarga).  Perempuan adalah tim hukum yang handal bagi keluarga, agar anggota keluarga patuh dengan protokol kesehatan yang menjadi salah satu perlindungan didalam aktifitas, serta perempuan menjadi psikolog keluarga yang baik dalam mendengar keluh kesah anggota keluarga di masa pandemi dan mampu memberikan energi positif bagi anggota keluarga di tengah begitu banyak peran yang dijalaninya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Tanpa disadari saat menjalankan peranya yang ganda, perempuan mengalami kelelahan secara fisik dan emosi. Kenapa? Karena perempuan cenderung memiliki rasa kekhawatiran yang berlebihan, tak heran sebagian perempuan sampai kehilangan empati pada dirinya sendiri dimana perempuan merasa tidak berdaya dan merasa ‘saya tidak bisa apa-apa’ sehingga pemikirannya ini membuat banyak sekali perempuan merasa insecure terhdapa dirinya sendiri.

Pandemi Covid-19 tanpa disadari mengubah sisi dari perempuan dari banyaknya peran yang dihadapi mulai dari istri, ibu, anak juga sebagai seorang pekerja. Perempuan adalah pusat kendali emosi didalam sebuah keluarga, sehingga perempuan memiliki sisi welas asih dalam menyanyangi baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap anggota keluarga lainnya jika diberikan apresiasi yang baik.

            Terimakasih merupakan kalimat sederhana namun mampu memberikan energi positif yang berdampak kepada orang disekitar perempuan, kalimat terimakasih merupakan apresiasi tertinggi yang mampu mengubah air mata perempuan menjadi senyuman. Tentu saja, tidak hanya perempuan peran kaum laki-laki juga memberikan dampak tersendiri bagi perempuan. Karena tanpa dukungan dari laki-laki perjuangan perempuan tidak akan terwujud dengan maksimal.
perempuan hebat adalah perempuan yang mampu menempatkan dirinya (adaptasi) dengan baik serta mampu bekerja sama dengan laki-laki dalam mewujudkan impian dan harapannya bersama-sama.

            Saat ini kita sudah bisa melihat perempuan-perempuan terbaik dan hebat yang menempati posisi dalam pengambilan kebijakan, ini membuktikan bahwa perempuan adalah sosok yang tangguh  jika diberikan kesempatan dan tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuannya. Ketika kaum perempuan diberikan kesempatan mereka akan membuktikan bahwa perempuan dapat berperan aktif dan berkontribusi dengan baik tidak hanya didalam peran keluarga namun juga ditengah masyarakat.

Terbukti dengan pandemi Covid-19 menunjukan pentingnya peran perempuan, perempuan Indonesia bukan hanya menjadi pondasi bagi ketangguhan sebuah keluarga dimasa sulit seperti ini, melainkan juga berperan penting bagi masyarakat luas dengan menjadi filter terkait berita yang beredar sekaligus menjadi ujung tombak dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan kemajuan tekhnologi dengan cara yang tepat.

Dosen IAIN Pontianak 

Ikuti tulisan menarik Anggita Anggriana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

12 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB