Menyiapkan Generasi Z Enterpreneur - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Mohammad Imam Farisi

Dosen FKIP Universitas Terbuka
Bergabung Sejak: 17 Februari 2022

Kamis, 17 Februari 2022 12:41 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Menyiapkan Generasi Z Enterpreneur

    Kegiatan kemah inspirasi pemuda merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan peserta mahasiswa Program Banyuwangi Cerdas (PBC).

    Dibaca : 2.372 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kegiatan kemah inspirasi pemuda dengan tema “GENERASI BERPERAN BUKAN BAPERAN” yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi di Kalibaru Margo Utomo Eco Resort merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan peserta mahasiswa Program Banyuwangi Cerdas (PBC) lintas angkatan 2017-2020 dari Universitas Terbuka, Universitas Jember, Institut Agama Islam Negeri Jember,dan Institusi Seni Indonesia Surakarta.

    Sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab Dinas Pendidikan kepada pemuda daerah penerima beasiswa PBC. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan life skill kewirausahaan di tengah pandemic covid-19 yang dilaksanakan selama 4 hari dengan konsep bergilir Universitas setiap harinya sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 29 oktober. Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan protocol kesehatan yang ketat, yang menjadikan generasi banyuwangi cerdas dan sehat. Kemah inspirasi ini dibuka oleh Plt. Dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi bapak Suratno, S.Pd, MM dan Ibunda Nuriyatus Sholeha,M.Pd selaku Kabid Pendidikan Masyarakat dengan harapan semoga kegiatan ini benar-benar menciptakan pemuda yang berperan di tengah pandemi covid-19.

    Kegiatan yang diikuti secara antusias oleh mahasiswa penerima beasiswa Program Banyuwangi Cerdas .Ada beberapa pelatihan kewirausahaan meliputi coffee roasting, processing dairy products, bakery & pastries, biogas energy, pengolahan kefir. Dimana di acara tersbut mahasiswa diberi pelatihan bagaimana membuat dan mengolah kopi yang baik, membuat keju mozza dari susu sapi pilihan, mengolah kefir dari susu kambing otawa, membuat dan mengolah kue ,serta kegiatan wajib youth inspiration dengan narasumber Achmad Dzulqurnain atau akrab disapa bang dzul yang merupakan fotografer professional tingkat internasional dari Kabat, Banyuwangi yang mampu berkarya di tengah keterbatasan fisiknya dan tengah menjadi sorotan dunia.” Keterbatasan bukan merupakan penghalang untuk meraih cita-cita, sukses itu milik kita yang hari ini sedang menikmati proses dan terus berusaha”. Begitu pesannya.

    Kegiatan ini ditutup dengan kemah virtual zoom pada tanggal 30 oktober yang diselenggarakan serentak di 5 titik tempat, SMPN 1 Purwoharjo, SMPN 1 Srono, SMP Bustanul Makmur, Dinas Pendidikan dan juga berada di Pokjar Mabadi’ul ihsan Karangdoro dengan Narasumber Bang Fahd Pahdepie dari Tangerang Jawa Barat yang merupakan seorang penulis, pengusaha muda, aktivis serta politikus Indonesia. Beliau memberi motivasi bagaimana menjadi pemuda yang berperan di tengah perubahan dunia, di tengah covid-19 dan di abad 21.

    Ikuti tulisan menarik Mohammad Imam Farisi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.