x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 18 Februari 2022 12:56 WIB

Tip Taman Bacaan Memperoleh Buku Bacaan, Inilah 5 Channel Donatur Buku yang Efektif

Tips taman bacaan memperoleh donasi buku. Inilah 5 channel donatur buku yang efektif. Lalu apa syaratnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ini kisah nyata di taman bacaan. Tentang donasi buku. Saya tidak kenal dan tidak tahu namanya. Beliau hanya chat via WA dan bertanya "Apakah ini TBM Lentera Pustaka?". Saya jawab iya. Lalu beliau minta alamat TBM dan saya pun berikan. Ternyata, beliau sorenya  beliau mengantar sendiri "donasi buku" ke TBM Lentera Pustaka. Itu sepenggal kisah nyata tentang donasi buku dari orang-orang baik dan peduli taman bacaan.

 

Tahun 2022 ini baru masuk di Februari, alhamdulillah dan bersyukur selalu. Hingga kini TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor sudah memperoleh sekitar 600 buku + uang Rp. 10 juta (untuk membeli buku) dari 8 donatur. Donaturnya ada yang di Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Bila dirata-rata berarti tiap seminggu sekali, ada yang mendonasikan buku ke TBM Lentera Pustaka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Adalah fakta, donatur buku itu banyak. Orang-orang yang baik pun masih ada di lingkaran taman bacaan dan pegiat literasi. Maka jangan khawatir, masih ada kok orang-orang peduli yang mau mendonasikan buku sebagai “nafas” aktivitas taman bacaan. Asal pengelola taman bacaan punya komitmen dan konsisten dalam menjalankan aktivitas literasi di taman bacaannnya.

 

Lalu, bagaimana cara taman bacaan bisa memperoleh donasi buku?

Tentu, ada banyak cara. Tapi berdasarkan fakta dan pengalaman donasi buku yang diterima TBM Lentera Pustaka, setidaknya ada 5 channel donasi buku yang perlu dioptimalkan para pegiat literasi di taman bacaan, antara lain:

  1. Media sosial porsinya 40%. Donatur buku dari media sosial tergolong paling efektif. Oleh karena itu, taman bacaan harus aktif mempromosikan aktivitas literasi dan taman bacaannya setiap waktu. Hal ini penting untuk menjawab “keraguan” donator buku tentang bermanfaat atau tidaknya buku yang didonasikan. Bila anak-anaknya banyak dan aktivitasnya rutin, pasti donatur senang menyumbang buku ke taman bacaan.  
  2. Relasi pendiri atau pengelola taman bacaan porsinya 25%. Donatur buku yang cukup signifikan adalah dari relasi pendiri atau pengelola taman bacaan. Sebuat saja rekan-rekan pegiat literasi di keseharian. Karena mereka tahu, kita punya aktivitas di taman bacaan maka mereka pun tergerak untuk membantu buku-buku sebagai bakti sosial. Siapa relasi pengelola taman bacaan? Bisa teman di kantor, di kampus, atau di organisasi lain yang mengenal kita sebagai personal yang punya integritas dalam mengabdi di taman bacaan.
  3. Komunitas porsinya 15%. Donatur buku lainnya yaitu komunitas atau organisasi informal yang punya kesamaan hobi atau minat, seperti fans K-Pop, alumni, komunitas motor/mobil. Mereka biasanya menjadikan taman bacaan sebagai tempat bakti sosial, termasuk menyumbang buku-buku bacaan.
  4. Organisasi literasi porsinya 10%. Donatur buku ini berasal dari organisasi yang berkecimpung di dunia literasi atau taman bacaan, seperti 1001 Buku, Forum TBM, Pustaka Bergerak Indonesia, dan sebagainya. Tentu, syarat keaktifan pun jadi poin penting untuk mendapat donasi buku dari sini.
  5. Tulisan porsinya 10%. Nah ini yang jarang dilakukan pengelola taman bacaan, bahwa donatur buku pun bisa diperoleh dari tulisan-tulisan yang dibuat dan dipublikasikan, baik di media sosial atau media online. “Mbah Google” ikut berperan di sini, bila donatur buku mau mencari tempat atau taman bacaan yang bisa menerima donasi buku.

 

Mungkin ada yang menanyakan, apakah ada donasi buku dari pemerintah? Mungkin saja ada. Tapi sejauh yang dialami TBM Lentera Pustaka, mohon maaf, kontribusi pemerintah sama sekali tidak ada. Jika ada pun tidak signifikan. Entah kenapa, mungkin ada yang tahu jawabannya?

 

Wajib diketahui, donasi buku itu tidak haru buku bacaan baru tapi juga buku bekas yang layak dibaca. Donasi buku pun boleh buku apa saja. Asal buku bacaan dan bukan buku pelajaran sekolah. Bahkan donasi buku pun bisa juga berupa uang yang diberikan donator untuk dibelikan buku bacaan. Seperti yang dialami TBM Lentera Pustaka saat mendapat donasi buku senilai Rp. 10 juta (8/02/2022) dari teman sekelas saya di S3 Manajemen Pendidikan Unpak.

 

Maka untuk memperoleh donasi buku. Menurut saya, ada syarat yang harus dipenuhi taman bacaan, yaitu 1) taman bacaannya aktif dan punya kegiatan literasi yang rutin, 2) selalu mempublikasikan aktivitas literasi atau kegiatan taman bacaannya, 3) apresiasi dan ucapan terima kasih kepada si donatur buku, 4) punya mekanisme pencatatan donasi buku yang baik, dan 5) buku yang didonasikan terlihat dibaca atau ada di taman bacaan.

 

Sudah pasti, ada orang-orang yang peduli kepada taman bacaan. Itu hukum mutlak karena taman bacaan adalah perbuatan baik. Maka semua orang pasti peduli dan mau menyumbang buku ke taman bacaan. Hanya saja faktanya, banyak donatur buku yang tidak tahu ke mana harus menyumbang buku. Atau apakah buku-buku yang didonasikan bermanfaat? Bila pengelola taman bacaan bisa menjawab kedua pertanyaan itu, insya Alllah donatur buku pasti ada.

 

Karena para donatur buku pun paham. Bahwa taman bacaan adalah ladang amal untuk mereka. Bila perbuatan baik, kenapa tidak mau terlibat dan membantu taman bacaan? Salam literasi #DonasiBuku #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB