Tiga Hal yang Wajib Diajarkan Kepada Anak - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: Cuemath

Juandi Manullang .

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2019

Jumat, 18 Februari 2022 16:53 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Tiga Hal yang Wajib Diajarkan Kepada Anak

    Anak-anak harus diajarkan sejak dini tentang kebaikan agar ketika dewasa pun dia tidak berubah kearah yang tidak baik. Orangtua harus aktif untuk memperhatikan anak dan rutin menanamkan kebaikan pada anak.

    Dibaca : 1.174 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Anak merupakan generasi penerus bangsa dan negara yang harus diajarkan dan dididik hal-hal yang baik. Ketika dewasa nanti, si anak bisa menggunakan apa yang diajarkan itu dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, anak sejak dini harus diajarkan oleh orangtua sesuatu yang berharga dan baik untuk masa depannya.

    Orangtua tentunya tidak akan pernah mau anaknya terjebur dalam ruang hitam kejahatan. Orangtua maunya si anak bisa membanggakan, sekolah tinggi dan bermanfaat bagi banyak orang. Sebab itu, ada beberapa hal yang harus diajarkan kepada anak-anak:

    1.       Simpati dan Empati

    Hal pertama ini patut jadi perhatian para orangtua, bahwasannya seorang anak harus mengerti dan memahami simpati dan empati kepada orang lain. Simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami. 

    Empati itu membutuhkan pengalaman, perasaan atau emosi bersama. Anak-anak pun harus diajak untuk mengembangkan simpati dan empati. Orangtua adalah orang yang tepat mengajari itu.

    Jika anak-anak diajari simpati dan empati kepada orang lain maka hal itu akan dibawa sampai dewasa dan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama yang sedang tertimpa masalah atau musibah maupun bagi mereka yang selalu tersiksa oleh ketidakadilan.

    1.      Rendah hati

    Sejak dini, anak-anak harus tahu apa itu rendah hati dan bagaimana cara melakukannya. Rendah hati itu salah satu contohnya adalah ketika anak mau membantu orang lain tanpa harus ada imbalan dan ramah terhadap mereka yang butuh uluran tangan kita. Sikap rendah hati itu sangat diperlukan di sebuah negara karena sikap rendah hati adalah sikap yang mulia. Ketika banyak orang yang rendah hati maka pelayanan di negara ini akan baik. Sifat tolong menolong pun akan semakin terlihat jelas sebagai anak bangsa. Karena itulah, anak-anak harus diajari bersikap rendah hati. 

    1.      Bersikap jujur

    Terakhir adalah bersikap jujur. Kejujuran ini adalah bagian paling penting dan utama dalam sebuah negara. Negara yang maju dan negara yang sejahtera adalah negara yang tingkat kejujurannya tinggi. Orang yang jujur akan membawa perekonomian negara lebih baik dan rakyat pun semakin sering dilayani. Maka, anak-anak sejak usia dini harus diberikan pemahaman dan praktik sikap yang jujur dalam segala hal. Ketika sikap jujur itu sudah diajarkan, alhasil sampai dewasa sikap itu akan dibawa di setiap pekerjaan si anak tadi.

    Ketiga hal itu adalah poin-poin penting bagi orangtua dalam mendidik dan mengajarkan anak di usia muda sekarang. Hal itu akan sangat bermanfaat dan akan berbuah manis jika diajarkan mulai dari sekarang. Semoga setiap keluarga terutama orangtua mau untuk mengajarkannya pada anak sebagai bentuk peran serta mewujudkan anak yang Tangguh, berkarakter dan berintegritas.

    Kita butuh sosok anak muda yang bisa nantinya sebagai generasi penerus cita-cita bangsa yaitu kesejahteraan umum. Dimana, setiap masyarakat bisa hidup dan tumbuh berkembang sesuai yang mereka inginkan. Seluruh elemen bangsa bertugas untuk menciptakan hal tersebut.

     

    Ikuti tulisan menarik Juandi Manullang . lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Dien Matina

    5 hari lalu

    Antre

    Dibaca : 251 kali