PT IMIP Ambil Peran di Program Vaksinasi Booster untuk Pekerja Industri - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi pemberian vaksin. Sumber foto: astroawani.com

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Jumat, 25 Februari 2022 18:16 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • PT IMIP Ambil Peran di Program Vaksinasi Booster untuk Pekerja Industri

    Sektor industri mempunyai peran penting dalam akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Dan salah satu langkah strategis yang diadakan pemerintah untuk menghidup sektor industri di tengah pandemi dan membuat mereka tetap produktif adalah lewat penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan program vaksinasi secara menyeluruh.

    Dibaca : 716 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Merebaknya virus varian baru, tidak lantas menyurutkan kinerja sektor industri. Agar tetap bisa beroperasi secara maksimal, maka vaksinasi penguat (booster) mulai diberikan secara menyeluruh kepada seluruh pekerja di kawasan industri.

    Pasalnya, sektor industri mempunyai peran penting dalam akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Produk olahan hasil industri, terutama yang diekspor ke pasar global, bisa meningkatkan pendapatan negara. 

    Dan salah satu langkah strategis yang diadakan pemerintah untuk menghidup sektor industri di tengah pandemi dan membuat mereka tetap produktif adalah lewat penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan program vaksinasi secara menyeluruh. Dan tak hanya untuk karyawan pabrik, namun juga untuk masyarakat di lingkungan sekitar.

    Pemberian vaksinasi dosis ketiga atau vaccine booster senyatanya telah diatur melalui regulasi yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian yaitu tepatnya melalui Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 2 Tahun 2022 tentang Vaksinasi Dosis Ketiga/Vaccine Booster bagi Pekerja Industri dan Kawasan Industri.

    SE tersebut membahas bahwa pelaksanaan vaksinasi booster di sektor industri akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

    Pemberian Vaksinasi Booster untuk Pekerja Industri Diresmikan

    Dan pada hari Kamis (24/2), kegiatan pemberian vaksinasi booster untuk pekerja industri diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan didampingi Menperin Agus dan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin.

    Kawasan industri yang turut ambil peran dalam mendorong pemberian vaksinasi booster untuk pekerja industri adalah Kawasan Industri Morowali atau PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi Tengah.

    Presiden pun menyapa secara virtual para peserta kick off vaksinasi booster, termasuk peserta vaksinasi yang berada di kawasan industri PT IMIP.

    "Saya sangat senang karena sudah dimulainya vaksin yang ketiga, vaksin penguat atau vaksin booster, yang kita harapkan di sektor industri tidak terganggu aktivitas produksinya sehingga bisa memberikan kekuatan yang lebih kepada ekonomi. Ekspor bisa jalan terus. Kami harapkan juga pemberian vaksin ketiga ini terus bergerak ke kawasan dan pabrik industri lainnya agar kita bisa mencegah para pekerja dari terpapar Covid-19," papar Jokowi.

    Total pekerja yang akan divaksin booster pada pelaksanaan sesi pertama ini mencapai 86.532 orang.

    Selain PT IMIP di Sulawesi Tengah, kawasan industri lainnya yang belasan kawasan industri yang mengikuti kick-off vaksinasi booster. Kawasan industri tersebar dari Medan, Batam, Jawa Barat, Surabaya hingga Kalimantan.

    Menurut data dari Kemenperin, program vaksinasi untuk sektor industri di tahun 2021 hingga kini telah mencapai 87.73% dari sasar vaksinasi dosis lengkap (vaksinasi dosis 1 dan 2). Dan terlebih dengan munculnya varian Omicron, maka tak hanya penyelesaian vaksinasi dosis 1 dan 2, vaksinasi booster juga didorong pemberiannya secara menyeluruh.

    Dan pemberian vaksinasi pada PT IMIP untuk sekitar 42.500 karyawannya telah dilakukan dari Mei 2021. Hingga November 2021, dilaporkan pemberian vaksinasi sudah mencapai 90% dengan 39.784 karyawan telah divaksinasi hingga dosis 2. 

    Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.