x

Iklan

dudung solahudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2021

Rabu, 2 Maret 2022 11:26 WIB

KKN Unusia di Mulyasari, Bogor

KKN Social Youth UNUSIA , Dalam rangka acara Pembukaan Kegiatan Tim Kuliah Kerja Nyata Social Youth Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (KKN Social Youth UNUSIA) memilih Kampung Mulyasari sebagai tempat pengabdian masyarakat untuk membangun desa mandiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jawa Barat – KKN Social Youth Unusia dalam rangka acara Pembukaan Kegiatan Tim Kuliah Kerja Nyata Social Youth Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (KKN Social Youth Unusia) memilih Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, sebagai tempat pengabdian masyarakat untuk membangun desa mandiri. Kelompok KKN Social Youth beranggotakan 13 mahasiswa, terdiri dari 6 Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan 7 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi Daerah Kampung Mulyasari” pada Jumat 18 Februari 2022. 

Kedatangan Tim KKN Social Youth disambut hangat oleh perangkat Desa setempat. Kegiatan pembukaan KKN ini dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Perangkat Desa turut hadir sebagai tamu undangan, tujuan hadirnya perangkat Desa dalam acara Pembukaan adalah untuk memberikan gambaran terkait Kampung Mulyasari sebelum Mahasiswa KKN dari UNUSIA menjalankan program kegiatan yang sudah direncanakan untuk direalisasikan pada masyarakat Kampung Mulyasari.

Dalam agenda ini Fahmi Fadilah selaku Ketua kelompok KKN Social Youth pada sambutannya menuturkan bahwa Kampung Mulyasari memiliki beberapa hal yang perlu dibenahi seperti kualitas pendidikan, ekonomi dan fasilitas infrastrukturnya. Kampung Mulyasari memiki potensi yang pantas dikembangkan karena letaknya sangat strategis untuk mengembangkan ekonomi dan pariwisata serta mampu menghasilkan Sumber Pendapatan Akhir Desa (PAD) secara mandiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagian besar mata pencaharian warga Kampung Mulyasari bersandar pada sektor pertanian. Pertanian ini sudah digeluti puluhan tahun oleh Masyarakat Kampung Mulyasari. Namun, keterbatasan dalam pengelolaan hasil tani tersebut masih dirasakan hingga sekarang karena kurangnya alat penunjang pengelolaan hasil tani, tidak hanya itu saja kualitas pendidikan yang masih rendah sebagai salah satu dampak dari ketertinggalan infrastruktur pembangunan di Kampung Mulyasari sangatlah disayangkan. 

Menjelang akhir acara pembukaan tersebut turut dibahas mengenai potensi kampung Mulyasari, berbagai masukan dan pesan yang disampaikan kepada Tim KKN Social Youth selama mengabdi di Kampung Muyasari serta apresiasi yang diberikan oleh Sekretaris Desa Sukamulya karena Tim KKN Social Youth karena dinilai mampu melihat keterbatasan dan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kampung Mulyasari untuk dilakukan penyuluhan dan pemberdayaan. 

Tim KKN Social Youth berharap sambutan hangat ini menjadi awal yang baik untuk kegiatan KKN sekaligus dapat memberikan kontribusi maksimal dalam kegiatan non-fisik seperti pengabdian tenaga pengajar dan edukasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan ekonomi Kampung Mulyasari. 

Sebagai informasi tambahan pembukaan KKN Social Youth turut dihadiri oleh Sekretaris Desa Sukamulya beserta staff, Badan Permusyawaratan Desa Sukamulya, Ketua Dusun 01, Ketua RW 01 Sukamulya, Badan Usaha Milik Desa,  Majelis Ulama Indonesia, Karang Taruna Sukamulya, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Sukamulya, dan Pelindung Masyarakat Sukamulya.

Ikuti tulisan menarik dudung solahudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler