x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 3 Maret 2022 16:04 WIB

JHT Akhirnya Cair Lebih Cepat, Hidup Itu Seimbang Bukan Hanya Normal

JHT bisa cair lebih cepat, sorak gembira. Hidup itu tidak cukup hanya normal tapi harus seimbang. Seimbang lahir batin, saat muda dan tua.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jagat media sosial ramai soal penundaan pemilu. Netizen versi grup whatsapp pun ada yang julid ada yang rileks saja. Giliran Ukraina di-invasi Rusia, ehh media sosial hanya bisa terkesima. Tidak ada yang bisa diperbuat dan tidak ada pula yang mau berangkat bela Ukraina. JHT (Jaminan Hari Tua) akhirnya bisa dicairkan sebelum usia 56 tahun, maka sorak gembira-lah media sosial. Begitulah realitas di langit media sosial. Beragam pendapat dan versi berseliweran. Dan itu sah-sah saja, boleh-boleh saja.

 

Selagi di dunia, apa pun pasti ada pro-kontra. Ada yang setuju ada yang tidak setuju. Bahkan ada yang benci ada yang cinta. Tergantung mau dilihat dari apa? Tapi itu semua jadi bukti, bahwa dunia itu penuh ketidak-seimbangan. Terlalu dikuasai akal, terlalu cinta dunia. Hingga terlalu mudah menerang, gampang menyalahkan. Lagi-lagi akibat terlalu dikuasai akal, terlalu cinta dunia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Di media sosial, segala rupa dikomentarin. Katanya bila salah layak dikritisi. Jadi, banyak omong banyak cingcong. Seolah-seolah tahu banyak akan segala hal. Percaya pada akal duniawi tapi dibungkus dengan jubah agama. Terus bila orang lain salah, apa kita pasti benar? Belum tentu pastinya.

 

Seperti ada yang hilang dalam hidup manusia. Apa yang hilang?

Kesadaran untuk hidup berdampingan, hidup dalam keseimbangan. Bersanding satu sama lainnya dalam ikatan hati nurani bukan akal semata. Untuk melihat realitas sebagai hikmah. Agar tidak nyinyir melulu. Nyolot hingga bertahan dalam pikiran negatif yang dibangunnya sendiri. Hingga mencari-cari kesalahan orang lain. Lalu, lupa pada salah dirinya sendiri. Hidupnya tidak seimbang.

 

Katanya hidup itu harus seimbang. Antara dunia dan akhirat, seimbang ke atas dan ke samping. Antara yang salah dan benar. Seimbang antara hak dan kewajiban. Seimbang dalam berpikir, bersikap, dan bertindak. Untuk urusan apa pun, agar tetap terjaga keseimbangan. Untuk apa mengumpulkan harta bila tidak mau berbagi? Untuk apa berjuang keras di dunia tanpa mau ikhtiar untuk akhirat?

  

Semangat hidup berdampingan itulah yang jadi spirit pegiat literasi di taman bacaan. Seperi yang dijalani TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Saat angka putus sekolah tinggi, maka taman bacaan mengambil peran untuk menyediakan tempat membaca. Agar ada kesadaran melanjutkan sekolah. Di era digital, jangan ada lagi anak-anak yang putus sekolah. Apa pun alasannya. Pegiat literasi yang bersanding dengan kaum buta aksara, anak-anak yatim, kaum jompo, anak-anak difabel, hingga ibu-ibu yang terjerat rentenir. Taman bacaan yang memainkan peran untuk hidup berdampingan dengan realitas masyarakat, Untuk memberi solusi atas problematika sosial yang melanda. Bahkan di TBM Lentera Pustaka, taman bacaan tidak hanya soal tempat membaca buku. Tapi hadirnya orang dewasa untuk mendampingi anak-anak dan masyarakat untuk “keluar” dari persoalan sosial yang sudah akut, turun-temurun secara kultural. Karena sejatinya, hidup tidak melulu soal “ke atas” tapi “ke samping”. Agar tercipta keseimbangan dalam hidup.

 

Hidup berdampingan itu bukan hanya fisik, melainkan moral. Tidak melulu soal logika tapi hati nurani. Seperti mahasiswa yang mendambakan bersanding dengan ijazah. Bukan seperti orang-orang era digital. Duduk bersebelahan tapi hanya sibuk bermain gawai satu sama lainnya. Fisiknya dekat tapi tidak saling menyapa. Akibat terlalu asyik dengan dirinya sendiri. Dekat fisiknya tapi jauh hatinya.

 

Maka bersandinglah dalam hidup. Agar seimbang. Bila berani membenci maka harus berani pula memuji. Jadi lebih objektif, tidak melulu subjektif. Dunia itu fisik tapi akhirat itu moral. Bekerja mencari uang itu fisik. Tapi mau berbagi kepada anak yatim itu moral.

 

Sang Khalik menyuruh manusia untuk hidup seimbang. Tiap perkataan harus seimbang dengan perbuatan. Setiap niat baik harus diubah jadi aksi nyata. Karena sejatinya, apa pun kelebihan manusia dianugerahi Allah SWT untuk menutupi kekurangannya. Karena Allah SWT mau manusia itu hidup seimbang. Hidup berdampingan dalam kebaikan, kapan pun dan di mana pun. Hidup itu tidak cukup hanya normal apalagi waras doang.

 

Lahir batin itu harus seimbang, begitu ajarannya. Jangan berpikir negatif terus tanpa mau bertindak positif. Jangan menebar pesimisme tanpa mau membangun optimisme. Jangan pula rajin berkeluh-kesah tanpa mau bersukur atas apa yang dimiliki. Kok bisa, banyak omong tapi sedikit mendengar?

 

Hidup itu, pasti ada plus ada minus. Siapa pun pasti ada salah dan benar, seperti ada suka dan duka. Semuanya terjadi sudah kehendak-Nya. Agar siapa pun belajar arti keseimbangan. Lalu mau bersanding dengan sesama. Agar tercapai rasa saling pengertian. Sekalipun berada di antara dua kutub yang berbeda.

 

Hidup normal itu baik. Tapi lebih baik hidup seimbang. Lahir maupun batin, dunia dan akhirat. Salam literasi. #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu