x

Kegiatan komunitas ojol mengaji

Iklan

News BM3

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Maret 2022

Selasa, 8 Maret 2022 13:05 WIB

Program Ojol Mengaji untuk Pengemudi Ojek Online

BM3 menghadirkan program Ojol Mengaji dengan demikian kebutuhan ruhiyah mereka tetap terpenuhi disela waktu mereka dalam mencari nafkah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Awal abad 21 menjadi titik nadir transisi revolusi umat manusia. Di mana zaman telah mengahantarkan pada pola hidup berbasis digital dan teknologi. Segala aktivitas dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Segala upaya konvensional dapat dipangkas dan dilipat menjadi lebih mudah. Terlebih pada era pandemi seperti ini adalah momentum maksimal dalam meningkatkan eskalasi gerakan digital.

            Hal demikian dapat dirasakan dengan maraknya profesi ojek online. Bukan hanya sebagai alat transportasi tapi juga dapat mempersingkat jarak terhadap apapun yang kita butuhkan. Terlebih pada kebutuhan pokok seperti makanan. Kita tidak perlu repot-repot lagi untuk masak di rumah atau harus pergi untuk mencari makan. Dengan melalui aplikasi ojek online menu makanan yang lezat siap Anda dipilih dan santap tanpa perlu keluar rumah. Praktis sekali serta aman di era pandemi seperti ini.

            Selain dari faktor diatas, terdapat beberapa faktor lain yang diungkapkan oleh Muhammad Zudhy Irawan dari Pusat Kajian Transportasi dan Logistik Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Setidaknya beliau mengungkapkan tiga faktor utama yang menyebabkan transportasi online kian digandrungi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Faktor pertama adalah dari segi keselamatan dan keamanan. Penumpang lebih merasa tenang atas jaminan keselamatan dari layanan transportasi online. Berdasarkan  ungkapan beliau keterjaminan keselamatan penumpang dapat dilihat dari tiga aspek seperti; pengemudi yang berkendara dengan aman, kendaraan yang layak jalan , dan pengemudi yang sehat serta taat aturan.

            Faktor kedua adalah protokol kesehatan. Beliau menenrangkan bahwa transportasi online berupa ojek online ataupun taksi online termanajemen dengan baik oleh perusahaan transportasi online tersebut. Perusahaan mampu memberikan tanggung jawab dalam menerapkan protokol kesehatan kepada para mitra pengemudinya.

Faktor yang ketiga adalah kinerja transportasi online yang handal dan cekatan  serta lebih aman dibandingkan moda transportasi lain seperti bus maupun angkot. Transportasi online menawarkan eksklusivitas yang dapat kita nikmati sehingga dapat merasakan nyaman dan aman.

Namun dari aktivitas pengemudi transportasi online dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka tentulah cukup sulit bagi mereka dalam memenuhi kebutuhan ruhiyah. Dimana hampir seluruh waktu produktif yang mereka miliki berakhir di sudut-sudut jalanan, mengantri pesanan makanan, maupun menunggu orderan. Sehingga BM3 menghadirkan program Ojol Mengaji dengan demikian kebutuhan ruhiyah mereka tetap terpenuhi disela waktu mereka dalam mencari nafkah.

Program ini telah berjalan dua tahun lalu dimulai dengan menyewa sebuah rumah di daerah Kalibata dekat dari pangkalan ojol dalam menunggu orderan. Hingga sampai di mana ada yang meminjamkan tempat di Lebak Bulus sebagai tempat sentral pengkalan ojol untuk di memanfaatkan dalam aktivitas pengajian ojek online. Hingga kini  terhitung sudah 102 pengemudi ojek online yang mengikuti program ini. materi yang diajarkan adalah Tahsin, Tajwid dan Tahfidz Juz 30-29 dan materi ilmu agama lainnya seperti Fiqh, Aqidah, dan Tauhid.

Anda dapat mendukung gerakan Ojol Mengaji melalui sosial media Baitul Maal Merapi Merbabu. insyaAllah rezeki yang Anda salurkan akan menjadi amal jariyah serta membawa keberkahan dan yang terpenting menjadi manfaat luar biasa bagi pengemudi ojek online yang ikut mengaji.

           

Rahmad Agus Suryadi

Baitul Maal Merapi Merbabu (BM3)

 

Ikuti tulisan menarik News BM3 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler