x

Iklan

Sulaiman nur Rahman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2020

Rabu, 9 Maret 2022 10:07 WIB

Tip Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Tepat

Pada era pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi hal yang utama dan yang paling berharga. Di era pandemi juga diperlukan perlindungan yang ekstra terhadap diri Anda dan keluarga, agar tetap bisa menikmati hidup yang tenang dan nyaman. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan produk asuransi kesehatan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada era pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi aset  yang utama dan yang paling berharga. Di era pandemi juga diperlukan perlindungan yang ekstra terhadap diri Anda dan keluarga, agar tetap bisa menikmati hidup yang tenang dan nyaman. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan produk asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan dapat membantu Anda dalam mengelola pengeluaran untuk biaya berobat diwaktu yang tidak dapat di duga. Perusahaan asuransi selalu melakukan inovasi dan melahirkan produk asuransi terbaru guna memberikan pilihan kepada kebutuhan penggunanya.  Lantas bagaimana cara menentukkannya? Kami memiliki beberapa tips memilih asuransi kesehatan bisa Anda gunakan.

Tip Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Tepat

Pahami kebutuhan Anda dan keluarga


Tips pertama yang perlu Anda lakukan dalam memilih asuransi kesehatan adalah dengan memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Memahami kebutuhan membantu Anda dalam menemukan pilihan produk asuransi. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan memahami kebutuhan asuransi maka Anda dapat memperoleh manfaat secara maksimal dari produk asuransi tersebut. Bukan hanya itu, penting bagi Anda untuk mempelajari layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi secara detail.


Pahami kebutuhan dan syarat rawat inap


Sebelum membeli produk asuransi kesehatan, pastikan Anda mengetahui apa - apa yang menjadi kebutuhan Anda dalam memiliki asuransi, seperti perluasan premi untuk penyakit kritis dan sebagainya.

Hal lain terkait asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui adalah bahwa setiap produk asuransi kesehatan memiliki aturan dan syarat rawat inap yang berbeda - beda. Ada beberapa pemahaman umum terkait asuransi kesehatan salah satunya adalah tentang rawat inap misalnya, apabila diharuskan untuk rawat inap di rumah sakit, Anda dapat mengajukan klaim ke asuransi, kapanpun juga.


Buat perbandingan


Banyak perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan dengan beragam pilihan yang telah disediakan. Anda dapat melakukan dan membuat daftar perbandingan asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan supaya bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik di era pandemi.
Dengan melakukan perbandingan tersebut maka Anda bisa melihat perbedaan setiap produk asuransi dari beberapa perusahaan, sehingga Anda dapat mudah menemukan asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Mencari tahu kredibilitas perusahaan asuransi


Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu informasi mengenai kredibilitas beberapa perusahaan asuransi terlebih dahulu. Mengetahui kredibilitas ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari kerugian yang bisa jadi terjadi di kemudian hari. 
Pastikan Anda memilih produk asuransi dari perusahaan berkredibilitas dan reputasi yang baik. Sudah banyak produk asuransi kesehatan yang belakangan ini disediakan. Sebagai contoh salah satunya adalah Zurich Indonesia. Zurich menawarkan beberapa layanan dan produk asuransi termasuk asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih.  


Teliti cek manfaat 


Sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan disarankan untuk meneliti manfaat asuransi yang ditawarkan serta mempelajari polisnya. Karena bisa jadi,  asuransi kesehatan A lebih mudah dari B namun memiliki manfaat yang berbeda. 

Manfaat yang biasa ditawarkan dalam asuransi kesehatan secara umum, antara lain berupa manfaat rawat inap, manfaat perawatan gigi, manfaat rawat jalan, hingga manfaat pembedahan.


Bukan hanya itu, Anda juga perlu memahami jenis asuransi. Karena setiap rumah sakit memiliki perbedaan yang dapat menerimanya. Apabila semakin banyak rumah sakit yang bisa menerima asuransi kesehatan yang Anda miliki maka hal tersebut akan semakin menguntungkan Anda. 


Pilih asuransi kesehatan dengan jangkauan rumah sakit yang luas


Dalam memilih asuransi kesehatan pastikan bahwa  rumah sakit yang terdaftar memiliki jaringan yang luas, karena tak jarang asuransi kesehatan yang menawarkan banyak perlindungan penyakit akan tetapi hanya untuk sebagian kecil rumah sakit saja.


Memiliki fleksibilitas dalam penentuan premi dan manfaat


Memperhatikan fleksibilitas yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan adalah salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Dalam memilih produk asuransi kesehatan, sangat dianjurkan untuk memilih yang memungkinkan Anda bisa mengubah premi atau manfaat secara fleksibel. Dengan adanya pengubahan ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan rencana keuangan di kemudian hari.


Memiliki proses pembayaran yang mudah


Di era pandemi seperti ini, Anda perlu memperhatikan sistem pembayaran klaimnya seperti apa. Asuransi kesehatan yang terbaik tidak akan hanya menawarkan proteksi bagi risiko penyakit, akan tetapi juga dalam merealisasikan manfaat perlindungan dengan proses pembayaran yang mudah. 

Prosedur klaim yang mudah dapat dijadikan pilihan untuk menghemat waktu dan mengurangi beban pikiran pengguna produk asuransi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.


Demikian beberapa ulasan mengenai tips memilih produk asuransi kesehatan yang tepat di musim pandemi. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat memilih mana asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda.  Semoga ulasan diatas dapat membantu dan meyakinkan Anda untuk memiliki asuransi kesehatan.

Ikuti tulisan menarik Sulaiman nur Rahman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler