x

image: Happier Human

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 11 Maret 2022 17:26 WIB

Cara Menambahkan Gairah pada Hubungan Anda

Gairah mengacu pada perasaan kerinduan yang intens untuk pasangan (secara emosional dan seksual). Sementara gairah sering tinggi pada awal hubungan, itu cenderung membusuk dari waktu ke waktu. Tetapi ada hal-hal yang dapat dilakukan pasangan untuk memerangi kerusakan gairah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah pertumbuhan pribadi membantu atau menghambat hasrat dalam hubungan?

Poin-Poin Penting

  • Gairah dalam hubungan adalah tujuan penting bagi banyak pasangan.
  • Pertumbuhan pribadi (dari kegiatan yang meluas yang dilakukan tanpa pasangan) dapat memberikan sumber gairah.
  • Pertumbuhan pribadi dikaitkan dengan hasrat dan gairah hubungan, sementara terlalu banyak pertumbuhan pribadi dikaitkan dengan melayang terpisah.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gairah mengacu pada perasaan kerinduan yang intens untuk pasangan (secara emosional dan seksual). Setidaknya di Amerika Utara, orang-orang yang memiliki lebih banyak gairah dalam hubungan mereka cenderung lebih bahagia. Sementara gairah sering tinggi pada awal hubungan, itu cenderung membusuk dari waktu ke waktu. Tetapi ada hal-hal yang dapat dilakukan pasangan untuk memerangi kerusakan gairah.

Salah satu cara untuk meningkatkan hasrat dalam suatu hubungan adalah dengan terlibat dalam kegiatan yang menarik dengan pasangan (mis., melakukan perjalanan bersama, mengambil kursus memasak, hiking). Kegiatan bersama-sama ini dikaitkan dengan peningkatan hubungan kesejahteraan, hasrat seksual, dan gairah.

Mengapa kegiatan yang mengasyikkan, bersama meningkatkan gairah? Menurut beberapa sarjana, orang termotivasi untuk mencari dan membentuk hubungan untuk mendapatkan imbalan terkait dengan memperluas konsep diri (mis., belajar tentang orang baru, melihat dunia dari perspektif lain). Hadiah hubungan yang berkembang sendiri ini dikaitkan dengan perasaan gairah. Meskipun relatif mudah untuk mempelajari perspektif baru pada awal hubungan, dalam yang mapan, pasangan mungkin perlu secara aktif menambah kebaruan dan kegembiraan terhadap hubungan untuk mempertahankan gairah.

Akan tetapi, ada tantangan dengan mengoordinasikan kegiatan menarik bersama dan menemukan pengalaman yang dinikmati kedua anggota. Misalnya, pasangan mungkin tidak bisa mendapatkan pengasuh, mungkin tidak memiliki uang untuk terlibat dalam aktivitas yang diinginkan, atau mungkin tidak menemukan kegiatan yang keduanya suka.

Mempromosikan Hasrat Hubungan dengan Pertumbuhan Pribadi

Terlibat dalam tanggal yang menyenangkan bukan satu-satunya cara untuk mempromosikan gairah hubungan. Pertumbuhan pribadi (mis., dari hobi, pekerjaan) adalah cara potensial lain untuk meningkatkan hasrat dalam hubungan.

Pertumbuhan pribadi (atau ekspansi diri pribadi) dari hobi (mis., mengamati burung, pengerjaan kayu, menari, sukarela) serta dari pekerjaan dapat memberikan orang dengan perspektif baru di dunia. Itu juga memiliki potensi untuk membuat seseorang merasa lebih kompeten dan lebih baik tentang dirinya sendiri.

Manfaat pertumbuhan pribadi tidak terbatas pada diri; itu juga dapat memberikan manfaat bagi hubungan. Misalnya, kegiatan pertumbuhan pribadi mungkin membuat seseorang merasa baru dan mengubah caranya berinteraksi dengan pasangan mereka. Pada gilirannya, pasangan mungkin melihat sisi baru pasangan (mis., tampaknya lebih menarik) dan memicu perasaan keinginan dan gairah (seperti awal hubungan). Paling tidak, kegiatan pertumbuhan pribadi mungkin lebih memberi pasangan untuk dibicarakan di meja makan.

Juggling Pertumbuhan Pribadi dengan Kesejahteraan Hubungan

Dalam konteks hubungan, orang harus menyulap kebutuhan mereka sendiri dengan orang-orang dari pasangan mereka. Waktu yang dihabiskan untuk terlibat dalam kegiatan pertumbuhan pribadi memiliki potensi untuk mengambil dari energi dan sumber daya dari hubungan. Misalnya, jika pasangan memutuskan untuk mengambil hobi yang melibatkan banyak waktu pada akhir pekan, ini mungkin mengurangi waktu luang dalam hubungan.

Untuk menjawab pertanyaan apakah manfaat pertumbuhan pribadi atau menghalangi hubungan, kami menyelidiki konsekuensi ekspansi diri pribadi (pertumbuhan pribadi dari kegiatan yang dilakukan tanpa pasangan) untuk gairah dalam dua studi yang melacak pasangan komunitas setiap hari selama tiga minggu. Orang-orang yang mendapat skor lebih tinggi (vs lebih rendah) pada ekspansi diri pribadi sehari-hari melaporkan lebih banyak gairah dalam hubungan mereka.

Namun, orang-orang yang secara konsisten memiliki tingkat ekspansi diri pribadi yang lebih tinggi melaporkan hasrat yang lebih rendah tiga bulan kemudian, menunjukkan bahwa individu dapat melayang terlepas dari pasangan dengan terlalu banyak ekspansi diri pribadi. Penurunan gairah ini jatuh tempo, sebagian, untuk mengurangi perasaan keintiman.

Fun-damentals Hubungan 

Pertumbuhan pribadi bermanfaat bagi diri sendiri dan dapat berkontribusi pada peningkatan gairah pada tingkat harian; namun, juga mungkin untuk menempuh terlalu jauh dan mengurangi keintiman dan gairah dalam hubungan. Salah satu cara untuk mempertahankan pertumbuhan pribadi dan mengurangi hanyut terpisah adalah berbagi pengalaman dengan pasangan Anda. Misalnya, selama makan malam, pasangan dapat menggambarkan apa yang sedang mereka kerjakan, atau mungkin membuatnya menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dengan melibatkan pasangan dan melakukan kegiatan bersama-sama. Berbagi pertumbuhan pribadi dengan pasangan Anda dapat mempromosikan keintiman dan gairah dalam hubungan Anda.

***
Solo, Jumat, 11 Maret 2022. 12:45 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

5 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB