x

Pemetaan bakat dan minat siswa SMK agar tidak salah masuk jurusan dan salah dalam meniti karier

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Senin, 14 Maret 2022 07:44 WIB

Menuju Sifat Unggul

Semua orang tua pasti ingin anak anaknya memiliki sifat unggul. Pertanyaannya bagaimana caranya? Baca terus artikel ini untuk mendapat insight.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semua orang pasti maklum bahwa untuk sukses kita harus memiliki sifat sifat unggul.  Banyak pakar sudah memaparkan sifat sifat unggul tersebut. Proaktif, punya motivasi pribadi, ulet dsb.  Pertanyaannya bagaimana caranya memiliki sifat sifat tersebut?  Apa yang harus kita lakukan?

Sawiji, greget, sengguh, ora mingkuh.

Leluhur kita sudah mengajarkan apa yang harus kita lakukan untuk memiliki agar unggul.  Berikut ini adalah tindakan yang diajarkan oleh para leluhur dari Mataram.  Selain di keluarga saya menemukan ajaran ini ketika belajar joged Mataram.  Tindakan ini bisa diterapkan di bidang apa saja, tidak terbatas pada tarian saja.  Mari kita bahas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sawiji artinya memusatkan pikiran pada satu pokok tertentu.  Greget artinya bersemangat. Sengguh artinya percaya diri. Ora mingkuh artinya tidak mundur, atau tidak putus asa. 

Tidak diragukan lagi kalau kita ingin bekerja baik di bidang apa saja maka kita harus memusatkan perhatian penuh.  Guyon atau bercanda boleh saja asal hanya sebagai bumbu saja,  jangan sampai perhatian utama ke situ.  Greget mungkin bisa jadi padanan kata flow.  Ketika bekerja sampai pada tahapan flow kita tidak merasa waktu berlalu.    Kepercayaan diri juga suatu keharusan agar kita bisa bekerja baik.  Kita juga harus bersikap pantang menyerah.  

Saya pernah mendengar cerita di keluarga bahwa dulu pernah ada seorang penari di kraton yang sangat menjiwai sifat tersebut.  Dia sudah mampu menjiwai tariannya karena dia menari dengan sepenuh jiwa raganya.  Suatu hari ketika sedang menari dia kejatuhan lampu robyong tapi dia tetap menari seolah tidak ada kejadian apa apa.  Setelah selesai menari barulah dia kaget melihat apa yang terjadi, tapi dia tidak luka sedikitpun. 

Manakala seseorang sudah sampai pada tataran tertinggi sawiji maka kekuatan tenaga dalamnya akan mengalir.  Tentu saja sesuai dengan bidang yang diminati. 

Oleh karena itu amati dan temukan bakat dan minat anak dan murid Anda.  Arahkan mereka di bidang itu agar mereka bisa mencapai tahapan flow.  Pandu mereka menerapkan tindakan tersebut.  Dengan demikian mereka akan nyawiji dan akan merasakan greget. Mereka akan memiliki sengguh dan ora mingkuh.

Kalau tindakan itu dilakukan secara rutin maka akan tertanam dalam kepribadiannya.  Anak anak atau murid Anda akan memiliki sifat sifat unggul seperti yang dipaparkan oleh para pakar.  Kalau mereka sudah memiliki sifat sifat unggul tersebut maka insya Allah mereka akan berhasil dalam bidang apapun.

Semoga kita bisa menerapkan tindakan ini di dalam keluarga kita sehinga anak anak kita berhasil.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu