x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 15 Maret 2022 10:06 WIB

Ajarkan Bikin Pot Bunga dari Barang Bekas, BEM Faperta IPB Aksi Sosial di TBM Lentera Pustaka

Sebagai bukti kepedulian sosial, BEM Faperta IPB ajarkan memilah sampah anak-anak TBM Lentera Pustaka

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak generasi muda berlomba-lomba untuk urusan dunia, urusan karier. Tapi tidak banyak generasi muda yang berani terjun ke lapangan untuk mengabdi secara sosial. Sebagai wujud tanggung jawab sosial, generasi muda yang peduli dan berani melakukan aksi nyata secara sosail.

 

Berbekal spirit itulah, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta IPB menggelar aksi sosial bertajuk “Yang Muda Yang berkarya” di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka (13/03/2022) dengan melakukan edukasi pemilahan sampah dan membuat pot bunga dari botol bekas. Dipimpin Rey dan Ferry serta 17 mahasiswa lainnya, BEM Faperta IPB mengajak 80-an anak-anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka untuk menjaga kebersihan lingkungan, di samping mampu memilah jenis sampah yaitu 1) sampah padat (anorganik) dan 2) sampah basah (organik) sesuai dengan tempatnya. Selain itu, anak-anak pun diajrakan untuk membuat pot bunga dari botol bekas. Hingga akhirnya, setiap anak pun memiliki karya pot bunga dengan tunbuhan air yang dibuatnya sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Syarifudin Yunus, Pendiri dan kepala Progra, TBM Lentera Pustaka pun menyambut baik aksi sosial mahasiswa BEM Faperta IPB. Sebagai wujud kepedulian sosial mahasiswa kepada masyarakat kampung yang memang membutuhkan aksi nyata mahasiswa. Ke depan san sepanjang tahun 2022, BEM Faperta IPB akan melakukan program kerja dan aksi sosial dai TBM Lentera Pustaka secara rutin dan terjadwal. Kiprah sosial BEM Faperta IPB di TBM Lentera Pustaka ini sudah memasuki tahun keempat.

 

“TBM Lentera Pustaka sangat mengapresiasi BEM Faperta IPB yang setiap tahun dan kepengurusan selalu berkontribusi nyata di sini. Inilah bukti aksi nyata kepedulian sosial mahasiswa ke taman bacaan. Dari mahasiswa agronomi, sumberdaya lahan, proteksi tanaman, dan lansekap berkiprah di taman bacaan itu luar biasa” ujar Syarifudin Yunus, saat menyambut BEM Faperta IPB di TBM Lentera Pustaka.

 

Dalam kesempatan ini, anak-anak TBM Lentera Pustaka, ibu-ibu warga belajar berantas buta aksara, kelas prasekolah, wali baca, relawan, dan para orang tua pun melakukan doa bersama dalam ranga hari ulang tahun ke-52 Pendiri TBM Lentera Pustaka. Sebagai rasa syukur, para pengguna TBM Lentera Pustaka pun mendapat nasi kotak sebagai penyemangat untuk tetap rajin ke taman bacaan. Selain itu, TBM Lentera Pustaka pun memberikan update terkait 1) pembangunan rooftop baca yang sudah selesai dan siap dipakai untuk membaca akhir Maret 2022, 2) rencana program Ramadhan Ceria untuk melakukan khataman Al Quran setiap hari Sabtu, di samping disediakan takjil di TBM Lentera Pustaka, dan 3) aktivitas lain yang digelar dalam menyambut 5 tahun TBM Lentera Pustaka di tahun 2022 ini.

 

Aksi sosial BEM Faperta IPB di TBM Lentera Pustaka pun jadi simbol kolaborasi antara kampus dan taman bacaan. Demi tegaknya tradisi membaca dan budaya literasi masyarakat. Sekaligus menegaskan bahwa pengabdian sosial adalah sikap dan perilaku yag harus dijunjung tinggi mahasiswa dan generasi muda di Indonesia. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #BEMFapertaIPB #TamanBacaan

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB