x

Cara Membuat Marketing Plan untuk Bisnis dengan mudah /bieproduction.com

Iklan

Ratri Kusuma

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Selasa, 15 Maret 2022 13:32 WIB

Berbisnis Online untuk Menghadapi Krisis Cuan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bisnis? Bisnis merupakan kegiatan perdagangan yang memperoleh keuntungan/laba. Bisnis dapat dilakukan dalam dunia tatap muka dan dalam virtual yang disebut dengan bisnis online. Semakin berkembangnya teknologi semakin banyak kemudahan untuk peluang bisnis bagi para pelaku bisnis. Bukan hanya pelaku bisnis yang merasakan kemudahan namun bagi para konsumen juga ikut merasakan kemudahan dengan hadirnya bisnis online. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 pemerintah menerapkan hiimbauan atau aturan, yang tidak boleh berkerumun atau pun bepergian jika tidak berkepentingan. Dan disitulah para pelaku bisnis banyak peluang untuk melakukan bisnis online, Bisnis online memberikan manfaat bagi semua orang. Segala kebutuhan yang diperlukan sehari-hari mudah didapat hanya dengan modal smartphone atau laptop dan jaringan internet saja.

Saat ini, sudah banyak situs bisnis online di Indonesia sebagai layanan untuk sarana jual/beli barang atau jasa dilakukan secara online. Dengan semakin mudah dan murahnya biaya internet serta banyaknya penyedia pihak ketiga (e-commerce), maka bisnis online bukan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan saja, melainkan banyak juga yang dilakukan oleh perorangan yang melakukan bisnis online. Dengan diwujudkan dalam berbagai jenis platform, misalnya: website, toko online, blog atau melalui sosial media seperti Facebook, Youtube, Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya.

Bagaimana cara memulai bisnis online?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan kendala tatap muka yang sulit untuk dilakukan, penjual beralih dan memanfaatkan platform e-commerce untuk memajang dan memasarkan produk-produk yang dijual. Seperti yang kita ketahui, menjalankan bisnis online tidaklah mudah karena penjual tidak bertemu dengan para pembeli secara langsung. Maka dari itu, penjual harus bisa mengoptimalkan e-commerce. Tidak hanya untuk sekedar menjual produk kepada para pelanggan setia, tetapi juga memakai layanan yang menawarkan untuk mencari calon pembeli baru.

Di masa sekarang semua bisa dipasarkan di e-commerce, mulai dari produk makanan, produk minuman, produk rumah tangga, bahan-bahan dasar memasak, alat-alat berat, furnitur, barang-barang elektronik, alat tulis, produk-produk fesyen, bahkan kendaraan. Dengan mengeluarkan sedikit modal untuk mengaktifkan mode iklan, penjual dapat dengan sabar menunggu pembeli setia dan pembeli baru untuk melakukan transaksi. Mendengar ini, menjalankan bisnis online terdengar mudah, bukan? Namun, tidak sedikit yang memiliki banyak ide untuk memulai bisnis dan berujung tidak memulai dengan berbagai pertimbangan. Beberapa diantaranya seperti mencari pemasok barang yang cocok, target pasar yang sesuai, tren yang sedang naik daun dan modal yang kurang memadai.

Kelebihan bisnis online yang harus kamu ketahui :

1. Biaya operasional yang relatif murah.

2. Tidak butuh modal usaha yang besar

3. Jangkauan pasar yang luas

4. Hemat biaya

5. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja

6. Produk fleksibel, banyak jenis dan macam

7. Kemudahan akses lewat internet kapan saja dan di mana saja.

Namun ada juga kekurangan bisnis online, ini adalah beberapa kekurangan bisnis online :

1. Rawan terhadap tindak penipuan, maka sebaiknya jika kamu sebagai pelaku bisnis atau pun konsumen bisa untuk lebih hati-hati dalam membeli ataupun menjual, karena supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan

2. Ketergantungan terhadap akses internet, Bisnis online dapat menjadi ketergantungan terhadap internet karena bisnis online memerlukan akses internet jika tidak ada internet maka bisnismu tidak akan berjalan.

Bisnis online dapat menjadi sarana bisnis di masa pandemi Covid-19 dan juga akan tetap menjadi peluang bisnis pada masa new normal, bahkan dimasa yang akan datang. Sudah banyak yang menjalani bisnis dan berakhir sukses, apakah kamu mau seperti mereka? Jika iya maka kamu harus sungguh-sungguh dalam melakukan dunia bisnismu jika bisnis berjalan dengan lancar maka akan menjadi sukses.

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Ratri Kusuma lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler