x

image: Think aloud

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 16 Maret 2022 07:19 WIB

7 Hal yang Anda Terima dalam Hidup

Menerima hal-hal begitu saja adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita bersalah, tetapi itu juga sesuatu yang cukup mudah untuk diperbaiki.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam dunia konsumerisme dan peningkatan konstan di media sosial, terkadang sulit untuk membumikan diri kita sendiri.

Menerima hal-hal begitu saja adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita bersalah, tetapi itu juga sesuatu yang cukup mudah untuk diperbaiki.

Saya menghabiskan 30 hari berlatih rasa syukur setiap hari – memikirkan tiga hal setiap hari yang saya syukuri dan benar-benar merenungkannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini adalah 7 hal teratas dari daftar saya ...

1. Tempat Tinggal, Makan, dan Tidur yang Aman

Sebagian besar dari Anda membaca ini akan melakukannya dari kenyamanan rumah Anda sendiri, mungkin duduk di sofa atau disangga oleh beberapa bantal di tempat tidur.

Memiliki tempat tinggal hanyalah norma bagi banyak dari kita, dan pasti banyak dari kita menerima begitu saja.

Pulang ke rumah kadang-kadang bisa terasa sangat menegangkan, karena Anda mungkin takut berurusan dengan tumpukan besar cucian atau mencuci yang Anda tinggalkan!

Fakta bahwa Anda bahkan memiliki rumah (atau kamar) di mana pintunya terkunci, air mengalir dari keran, dan Anda dapat tidur dengan nyaman sungguh menakjubkan.

Sebagian besar dari kita mungkin menerima utilitas tertentu begitu saja. Listrik, air, dan tempat menyimpan makanan yang bisa kita makan adalah hal-hal yang cukup 'dasar', tetapi tetap menakjubkan.

Sangat mudah untuk mengeluh tentang hal-hal kecil, tetapi memiliki rumah di mana Anda dapat merasa aman, hangat, dan membuatkan diri Anda secangkir teh jelas merupakan sesuatu yang patut disyukuri.

2. Perjalanan Anda

Tentu, ini masalah besar dan lalu lintas bisa sangat buruk, tetapi perjalanan Anda tidak perlu menjadi sumber stres harian.

Jika Anda berkendara ke tempat kerja, Anda memiliki kemampuan untuk mengubah mobil Anda menjadi ruang kelas dengan mengunduh podcast yang menarik dan mendidik diri sendiri tentang subjek acak selama setiap perjalanan.

Atau gunakan perjalanan kereta Anda untuk membaca buku, atau bahkan menulis sendiri.

Salah satu hal terbaik tentang perjalanan di mobil Anda adalah menghabiskan waktu sendirian, mendengarkan musik yang Anda suka pada volume apa pun yang sesuai dengan suasana hati Anda. Lagi pula, seberapa sering Anda bisa memutar lagu yang sama berulang-ulang selama berjam-jam tanpa ada orang lain yang mengeluh?

Setiap orang tua di luar sana mungkin tahu seberapa besar perlindungan yang dapat dilakukan mobil Anda – sama seperti Anda mencintai anak-anak Anda, cukup menyenangkan untuk memiliki waktu 'saya' yang tenang.

Manfaatkan perjalanan Anda sebaik-baiknya dan bersyukurlah bahwa Anda memiliki waktu sendiri – dan pekerjaan untuk dituju!

Terjepit di ketiak orang asing (belum dikenal) di kota besar memang tidak ideal, saya akui, tetapi gunakan waktu ini untuk berlatih meditasi dan welas asih.

Memberi diri Anda waktu untuk berempati terhadap orang asing benar-benar luar biasa bagi pikiran Anda dan benar-benar dapat membantu Anda dalam suasana hati yang positif.

Mengobrol dengan orang-orang di perjalanan Anda! Ini mungkin tampak menakutkan dan aneh, tetapi bahkan interaksi kecil dengan seseorang yang baru (atau orang biasa yang selalu Anda lihat dalam perjalanan ke tempat kerja) akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Anda tidak perlu berbicara dari hati ke hati, tetapi bertukar senyum dan mengobrol ringan adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan diri Anda untuk hari itu.

Bersyukurlah atas waktu ini untuk menciptakan pengalaman baru, dan berpotensi menantang zona nyaman Anda.

3. Indulgensi Kecil

Kopi tak berujung yang saya beli setiap hari saat bekerja sering terasa seperti kebutuhan – sebagian untuk membuat saya tetap waras, tetapi juga untuk menjaga orang-orang di sekitar saya tetap aman.

Sebenarnya, kopi kecil ini seharusnya terasa seperti suguhan.

Saya punya cukup uang untuk membeli sendiri minuman yang enak dan nikmat (dan sejujurnya, jujur saja), dan itu seharusnya memiliki nilai lebih dari itu.

Minum segelas anggur setelah bekerja, membeli atasan baru untuk keluar malam, atau mendapatkan tambahan guac pada taco Anda adalah hal-hal yang relatif kecil yang mudah diterima begitu saja.

4. Rutinitas Anda

Sangat mudah untuk menerima rutinitas Anda begitu saja, dan benar-benar membencinya!

Melakukan hal yang sama hari demi hari mungkin terasa sangat membosankan dan membosankan, tetapi ada beberapa aspek positif dari rutinitas.

Anda mungkin tidak merasakannya di pikiran Anda, tetapi tubuh Anda pasti akan berterima kasih atas rutinitas yang Anda lakukan.

Tubuh dan pikiran kita berfungsi jauh lebih baik ketika mereka stabil – bangun pada waktu yang sama setiap hari, mengatur waktu makan, dan tidur pada waktu yang teratur setiap malam, semuanya sangat membantu.

5. Kesehatan Anda

Tentu saja, ini pasti akan masuk daftar.

Akan ada beberapa orang yang membaca ini yang mungkin menderita penyakit kronis atau yang mengancam jiwa.

Bagi mereka yang tidak, kesehatan Anda adalah sesuatu yang mungkin dianggap remeh. Kita lupa betapa menakjubkannya tubuh kita, dan fakta bahwa mereka umumnya hanya mengoceh di latar belakang tanpa banyak istirahat adalah keajaiban hidup yang sesungguhnya. 
Kita seringkali baru menyadari betapa baiknya kita memilikinya ketika tiba-tiba kita tidak memilikinya dengan begitu baik. Mencoba bernapas melalui hidung dengan pilek membuat Anda ingat betapa menakjubkannya bernapas dengan bebas.

Coba terapkan analogi itu pada tubuh dan pikiran Anda secara umum. Kesehatan mental sangat penting dan siapa pun yang berjuang akan tahu betapa luar biasanya untuk 'muncul kembali' setelah episode buruk.

Hadir dan syukuri kesehatan Anda, dan ingat betapa beruntungnya Anda memilikinya.

6. Persahabatan dan Hubungan

Akan sangat membantu dan bermanfaat untuk duduk dan memikirkan semua orang penting dalam hidup Anda.

Lihatlah ponsel Anda dan berapa kali Anda menelepon ibu Anda, berapa banyak pesan yang Anda kirim ke pasangan Anda dan berapa banyak meme yang telah ditandai oleh sahabat Anda hari ini.

Kita sering menganggap remeh orang-orang ini, dan, meskipun itu cukup normal, ada baiknya meluangkan waktu untuk mempertimbangkan betapa beruntungnya Anda.

Menjadi orang yang bahagia dan sehat bergantung pada berbagai hal, tetapi dikelilingi oleh orang-orang yang mendukung yang berinvestasi dalam hidup Anda memainkan peran besar di dalamnya.

Sungguh menakjubkan bisa menyebutkan nama orang yang Anda cintai dan sayangi, dan juga luar biasa bisa merasakan dan mengungkapkannya.

Bertanya "Bagaimana kabarmu?" sangat wajar bagi kita, tetapi pikirkan tentang individu yang jawabannya sangat Anda pedulikan.

Fakta bahwa kita memiliki orang-orang dalam daftar itu sangat luar biasa, dan pasti sesuatu yang kita perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk menghargai.

7. Waktu

Bayangkan menit sebagai uang: ini adalah cara yang cukup klasik untuk melihat sesuatu, tetapi karena suatu alasan.

Ada 1440 menit dalam setiap hari, yang mungkin tidak tampak seperti waktu yang lama, tetapi pasti banyak uang. Seperti analogi lama, bayangkan memiliki $1440 dan harus menghabiskan semuanya dalam satu hari – Anda tidak dapat menyimpannya dan Anda tidak dapat memberikannya.

Kedengarannya cukup menyenangkan, bukan?

Sekarang ingatlah bahwa dolar itu sebenarnya hanya beberapa menit, dan Anda juga harus memanfaatkannya sebaik mungkin dalam satu hari.

Waktu itu terbatas dan berharga, dan akan sangat bermanfaat jika kita meluangkan waktu sejenak untuk benar-benar menghargai kenyataan bahwa kita hidup.

Ini mungkin terdengar sedikit 'hippy dippy' tetapi ada begitu banyak peluang dan pengalaman di luar sana yang dapat kita akses, serta waktu untuk dihabiskan di zona nyaman kita.

Apakah Anda ingin menyelesaikan rutinitas atau meninggalkan segalanya dan bepergian, Anda punya waktu untuk melakukannya, dan itu sangat menakjubkan.

Sangat mudah untuk melupakan hal-hal semacam ini; lagi pula, tidak sering kita duduk dan benar-benar memikirkan hidup kita. Memiliki jadwal dan membiarkan tubuh Anda terbiasa dengannya sungguh luar biasa!

Lain kali Anda terbangun satu menit sebelum alarm berbunyi, cobalah dan merasa bersyukur – pikiran dan tubuh kita luar biasa, dan rutinitas Anda membantu mereka berfungsi sebaik mungkin.

Latih rasa syukur atas kenyamanan rutinitas Anda, dan hargai kenyataan bahwa Anda memiliki kebiasaan kecil tertentu yang tertanam dalam diri Anda sekarang.

Anda tahu sisi sofa mana yang menjadi milik Anda, perut Anda keroncongan jika Anda terlambat lima menit untuk makan siang, dan ritual pagi Anda membantu menyiapkan Anda untuk hari itu.

***
Solo, Selasa, 15 Maret 2022. 2:34 pm
'salam hangat penih cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu