x

image: Ugaoo.com

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 17 Maret 2022 06:09 WIB

8 Teh Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan dan Membakar Lemak

Meskipun banyak orang minum teh karena efeknya yang menenangkan dan rasanya yang lezat, setiap cangkir juga bisa membantu menurunkan berat badan. Satu atau dua cangkir teh ditambah dengan diet sehat dan olahraga teratur, dapat membantu mencegah penumpukan lemak perut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini, semakin banyak orang menemukan cara untuk menurunkan berat badan. Ini termasuk beralih dari soda ke minuman yang lebih sehat seperti teh hijau. Tetapi Anda mungkin bertanya-tanya, teh apa yang terbaik untuk menurunkan berat badan?

Orang-orang di seluruh dunia menikmati teh sebagai minuman. Tidak hanya itu sehat, minum teh juga dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Juga, beberapa menggunakan teh hangat untuk tidur nyenyak sementara yang lain minum teh untuk membantu melawan lemak perut.

Sebelum masuk ke daftar, berikut adalah pertimbangan yang saya buat saat memilih teh. Setiap teh memiliki manfaat spesifiknya sendiri untuk kesehatan Anda selain sebagai berikut:

  • Tingkat kafein – beberapa bebas kafein sementara yang lain memiliki jumlah kafein yang sama dengan kopi tanpa kafein.
  • Rasa – dari mana teh itu dipanen.
  • Jumlah kantong per bungkus – Beberapa datang dalam kemasan sementara yang lain dijual dalam kotak individu. Juga, jumlah kantong teh per bungkus bervariasi.
  • Waktu seduh – Sementara sebagian besar kantong teh hanya memasukkan isi bungkusnya ke dalam air panas mendidih, beberapa memerlukan teknik yang berbeda. Anda mungkin harus merendam teh (menyimpan kantong di dalam air selama beberapa waktu) sebelum meminumnya. Lainnya Anda dapat menuangkan, mengaduk, dan minum segera.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis teh apa yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

1. Teh Hijau untuk Metabolisme Lebih Cepat

Teh hijau adalah salah satu teh terbaik untuk menurunkan berat badan karena manfaat kesehatannya. Jenis teh ini sering digunakan sebagai bahan dalam produk penurun berat badan yang dijual bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung penurunan berat badan. Tinjauan Cochrane Systematic yang mencakup 14 uji coba terkendali meneliti efek dari persiapan teh hijau dan pada berat badan, BMI (Body Mass Index), lingkar pinggang, rasio pinggul dan pinggang.

Enam percobaan yang dilakukan di luar Jepang menunjukkan mereka yang minum teh hijau kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak: rata-rata 0,2 hingga 3,5 kg lebih banyak daripada mereka yang ada di kelompok kendali.

Studi lain menunjukkan bahwa setelah minum empat cangkir teh hijau selama dua bulan, peserta menunjukkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang yang signifikan.

Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa teh hijau memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk melepaskan lemak dan kemudian meningkatkan kemampuan hati untuk mengubah lemak tubuh itu menjadi energi. Partisipan yang minum teh hijau selain olahraga teratur kehilangan rata-rata 2 kilogram lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya berolahraga.

Cobalah minum teh hijau sepanjang hari, terutama sebelum atau selama setiap makan untuk meningkatkan metabolisme Anda. Minum teh hijau sebelum berolahraga juga bisa membuat pembakaran lemak Anda lebih efektif. 

2. Kalahkan Sindrom Metabolik dengan Teh Kunyit

Kunyit adalah salah satu obat alami terbesar. Itu juga bekerja sebagai anti-inflamasi yang kuat karena kunyit memiliki banyak khasiat kesehatan seperti antioksidan, analgesik, anti-mikroba, dan termogenik.

Bahan aktif dalam kunyit, curcumin, telah terbukti mempercepat penurunan berat badan. Itulah alasan mengapa Kunyit dicap sebagai salah satu teh terbaik untuk menurunkan berat badan.

Sebuah meta-analisis 2019 yang melibatkan 1.646 pasien dengan sindrom metabolik menunjukkan bahwa mengonsumsi curcumin menghasilkan penurunan BMI, berat badan, dan leptin yang signifikan, serta peningkatan besar kadar adiponektin.

Curcumin paling baik diserap oleh tubuh ketika dikonsumsi dengan lada hitam dan lemak sehat. Lada hitam meningkatkan bioavailabilitas senyawa aktif. Banyak suplemen kunyit termasuk bentuk lada hitam yang dipatenkan karena alasan ini.

Kunyit paling sering tersedia dalam bentuk kapsul, tetapi juga bisa diminum sebagai teh. Cukup campurkan santan dengan kunyit, jahe, kayu manis dan sedikit lada hitam. Lemak sehat dalam santan juga membantu Anda menyerap kunyit, karena kunyit tidak larut dalam air.

3. Tingkatkan Kesehatan Usus Anda dengan Kombucha

Kombucha adalah teh fermentasi yang dibuat dengan kultur simbiosis bakteri dan ragi (juga dikenal sebagai SCOBY). Daftar panjang manfaat kesehatannya termasuk vitamin B, detoksifikasi asam glukuronat, dan polifenol yang kaya antioksidan. Namun yang terpenting, sebagai salah satu teh terbaik untuk menurunkan berat badan, kombucha mengandung bakteri probiotik dan asam asetat. Senyawa ini telah terbukti secara ilmiah untuk membantu penurunan berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik tidak hanya dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda serap dari makanan, itu juga dapat memengaruhi hormon yang diproduksi tubuh Anda dalam kaitannya dengan nafsu makan, penyimpanan lemak, dan obesitas. Dengan meningkatkan keseimbangan bakteri sehat di usus Anda, Anda akan menjaga fungsi manajemen berat badan alami Anda.

Asam asetat juga terbukti membantu penurunan berat badan. Telah ditemukan untuk membantu mengekang keinginan lapar dan juga mengurangi berat badan secara keseluruhan dengan menghambat kemampuan tubuh Anda untuk membentuk sel-sel lemak. Asam asetat juga membantu mengurangi kembung, sehingga Anda akan terlihat dan merasa lebih baik setelah makan.

Anda dapat menyeduh kombucha sendiri dengan SCOBY (banyak resep online!) atau Anda dapat membelinya di toko. Pastikan saja tidak mengandung gula tambahan.

Kombucha lain yang saya nikmati dari waktu ke waktu adalah teh hijau dan kombucha. Saya suka kombinasi ini karena Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia dalam hal manfaat kesehatan. 

4. Kurangi Mengidam dengan Teh Peppermint

Mengidam makanan manis, berlemak, atau asin seringkali menjadi bagian tersulit dalam menjalankan diet sehat. Untungnya, teh peppermint, sebagai teh terbaik untuk menurunkan berat badan, adalah cara yang efektif untuk melawan keinginan tersebut.

Tampaknya kemampuan teh peppermint untuk mengurangi kerinduan Anda akan makanan cepat saji berkaitan dengan aroma. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurological and Orthopaedic Medicine menunjukkan bahwa orang yang menghirup minyak esensial mint setiap dua jam kehilangan rata-rata lima pon per bulan.

Aromaterapis telah menyarankan bahwa aroma kuat peppermint dapat memicu reaksi penciuman penting di otak Anda, yang berdampak pada nafsu makan Anda.

Selain menjadi teh terbaik untuk menurunkan berat badan, teh peppermint juga membantu mengurangi kecemasan dan stres. Efek ini pada gilirannya mengurangi dampak negatif dari tingkat kortisol yang lebih tinggi pada metabolisme Anda. Sifat menenangkan dari teh peppermint bisa sangat bagus untuk menjaga penurunan berat badan Anda tetap pada jalurnya.

Minumlah teh daun peppermint sebelum dan sesudah makan untuk membantu pencernaan dan menangkal keinginan tersebut. 

5. Mendukung Tingkat Energi dengan Teh Oolong

Tingkat energi yang menurun dapat mempersulit olahraga, bahkan jika Anda tahu itu akan membantu Anda menurunkan berat badan. Di situlah teh oolong bisa sangat membantu.

Juga dikenal sebagai 'teh naga hitam', teh terbaik untuk menurunkan berat badan ini dikemas dengan katekin yang mirip dengan yang ditemukan dalam teh hijau. Katekin ini bekerja dengan mempromosikan kemampuan tubuh Anda untuk memecah lemak, yang dapat meningkatkan tingkat energi Anda dan mempercepat kehilangan lemak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Chinese Journal of Integrative Medicine meneliti efek penurunan berat badan dari teh oolong pada 102 orang gemuk. Sekitar 70% dari peserta kehilangan setidaknya dua pon sementara 22% kehilangan lebih dari 6 pon), yang membuat para peneliti menyimpulkan bahwa teh oolong mungkin merupakan cara yang efektif untuk mengurangi kandungan lemak tubuh dan berat badan. Mereka bahkan menyarankan bahwa konsumsi teh oolong dalam jangka panjang dapat membantu mencegah obesitas.

Tampaknya katekin dalam oolong membantu tubuh Anda menggunakan sel-sel lemak untuk energi, sementara kandungan kafein ringan memberi Anda dorongan ekstra untuk berolahraga.

Anda bisa mendapatkan teh oolong dari kantong teh atau daun lepas. Anda bahkan dapat mencoba menggabungkannya dengan teh hijau untuk meningkatkan efek pembakaran lemaknya. 

6. Cegah Sel Lemak dengan Teh Putih

Tidak seperti teh lainnya, teh putih dipanen dan dijemur sebelum dikemas. Menariknya, teh ini cenderung mengandung konsentrasi katekin dan polifenol yang lebih tinggi daripada teh olahan lainnya. Senyawa ini membantu memblokir sel-sel lemak baru berkembang di tempat pertama.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism meneliti efek teh putih pada sel-sel lemak secara in vitro. Para peneliti menemukan bahwa teh putih mengandung EGCG (epigallocatechin gallate) dalam jumlah tinggi, sejenis katekin. Katekin inilah yang membantu mencegah pembentukan sel-sel lemak, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi penambahan berat badan. EGCG juga membantu mempercepat metabolisme lemak, memberikan tingkat energi yang lebih tinggi dan hasil yang lebih cepat.

7. Kurangi Rasa Lapar dengan Teh Rooibos

Secara eksklusif dari Afrika Selatan dari tanaman 'semak merah', teh Rooibos adalah teh manis dan sedikit asam. Ini kaya akan polifenol, termasuk flavonoid, yang secara langsung terkait dengan penurunan berat badan. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa rooibos dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan kadar leptin. Leptin adalah hormon yang memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang, jadi Anda tidak makan berlebihan.

Rooibos, sebagai teh terbaik untuk menurunkan berat badan mengandung senyawa kimia yang dikenal sebagai aspalathin. Senyawa ini membantu menangkal rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan aspalathin dalam teh rooibos membantu mengurangi produksi hormon stres seperti kortisol, yang dilepaskan saat tubuh Anda memasuki mode 'lawan atau lari'.

Kortisol dapat memicu rasa lapar dan mendorong tubuh Anda untuk menyimpan lemak, terutama jika itu mengarah pada makan berlebihan dan mengurangi kemauan. Untungnya, efek pengurang stres dari rooibos mungkin tepat untuk membantu menjaga berat badan tetap terjaga. Meminumnya secara teratur dapat membantu meredakan tingkat stres, membuat Anda tetap rileks dan kecil kemungkinannya untuk makan berlebihan.

Karena rooibos bebas kafein, Anda dapat meminumnya kapan saja sepanjang hari. Ini bagus dengan makanan atau ketika Anda merasa stres. 

8. Kurangi Massa Total dengan Teh Pu-Erh

Berasal dari provinsi Yunnan di Cina, teh Pu-erh adalah jenis teh fermentasi tradisional. Itu dibuat dengan mengoksidasi daun teh setelah dikeringkan dan digulung.

Sebuah studi tahun 2016 meneliti efek penurunan berat badan dari teh Pu-erh di mana 59 subjek yang kelebihan berat badan dan obesitas minum teh setiap hari. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi teh setiap hari menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan, penurunan BMI dan peningkatan profil lipid. Setelah hanya empat minggu, para peserta menunjukkan kehilangan lemak di lengan, kaki, dan perut mereka, serta massa total yang berkurang. Para peserta juga melaporkan nafsu makan berkurang.

Teh juga tampaknya meningkatkan kadar kolesterol pasien secara keseluruhan, termasuk pengurangan trigliserida dan lipoprotein densitas kecil.

Teh pu-er paling baik diseduh dari teh daun lepas dan harus dibilas terlebih dahulu untuk membersihkan teh dari segala kotoran. Anda kemudian dapat menambahkan air panas untuk menyeduh daun selama kurang lebih 2 menit, dan sajikan sesuai keinginan. 

Kesimpulan

Meskipun banyak orang minum teh karena efeknya yang menenangkan dan rasanya yang lezat, setiap cangkir juga bisa membantu menurunkan berat badan. Satu atau dua cangkir teh ditambah dengan diet sehat dan olahraga teratur, dapat membantu mencegah penumpukan lemak perut.

Jadi, mulailah berpikir untuk beralih dari minuman berkalori tinggi ke minum salah satu teh terbaik untuk teh penurun berat badan. Ini akan menjadi salah satu hal paling bijaksana yang dapat Anda lakukan jika Anda mencari cara untuk menurunkan berat badan.

***
Solo, Rabu, 16 Maret 2022. 12:30 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler