x

image: Skillshare

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 21 Maret 2022 15:04 WIB

15 Keterampilan Sosial yang Akan Membuat Anda Sukses dalam Setiap Aspek Kehidupan

Sama seperti belajar memasak, mengembangkan perangkat lunak, atau berolahraga; kemampuan untuk terhubung dengan orang lain adalah keterampilan dan Anda dapat belajar bagaimana melakukannya dengan lebih efektif. Mempelajari keterampilan sosial yang diperlukan untuk terhubung dengan orang lain akan membantu Anda menjadi lebih sukses dalam setiap aspek kehidupan Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di dunia di mana teknologi meningkatkan kapasitas kita untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia, itu juga mengurangi kemampuan kita untuk terhubung secara efektif dengan orang-orang secara langsung. Sama seperti belajar memasak, mengembangkan perangkat lunak, atau berolahraga; kemampuan untuk terhubung dengan orang lain adalah keterampilan dan Anda dapat belajar bagaimana melakukannya dengan lebih efektif. Mempelajari keterampilan sosial yang diperlukan untuk terhubung dengan orang lain akan membantu Anda menjadi lebih sukses dalam setiap aspek kehidupan Anda. Berikut adalah 15 keterampilan sosial yang dapat Anda kembangkan untuk menjadi lebih karismatik:

1. Sedikit Bicara, Banyak Bertanya

Mereka yang hebat dengan orang-orang tidak perlu memiliki bakat mengobrol, melainkan hebat dalam mengajukan pertanyaan. Salah satu keterampilan sosial terpenting yang dapat Anda kembangkan adalah kemampuan mengajukan pertanyaan; bukan dengan cara menginterogasi, tetapi dengan cara yang akan membantu Anda memahami orang lebih baik dan memperkuat hubungan Anda dengan mereka. Orang-orang suka berbicara tentang diri mereka sendiri, jadi ajukan pertanyaan yang memicu ingatan (yaitu, “Bagaimana rasanya saat Anda…?”); menyebabkan mereka untuk memberikan pendapat mereka (yaitu "Apa pendapat Anda tentang ...?"); atau meminta saran (yaitu, "Saya memiliki dilema dan akan menyukai pikiran Anda ...?"), Akan menempatkan Anda di kursi pengemudi dengan membiarkan mereka menjadi pusat pembicaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Rayakan Kemenangannya

Saat seseorang berbagi kabar baik dengan Anda, alih-alih mengabaikannya, membagikan kabar baik Anda sendiri, atau bahkan menghina kabar baiknya — rayakan kemenangannya dengan benar-benar bersemangat untuknya.

3. Lock-in Pada Pengaturan Grup

Bagi banyak orang, pengaturan grup adalah kesempatan sempurna untuk menarik kembali, memeriksa telepon mereka, dan keluar dari percakapan – tetapi bukan Anda. Perhatikan baik-baik dalam pengaturan grup, Anda akan dapat mempelajari cara terhubung dengan orang lain melalui apa yang mereka katakan, bagaimana mereka mengatakannya, dan bahkan apa yang orang memilih untuk tidak katakan. Waspadai siapa yang suka memimpin percakapan, apa yang orang suka bicarakan, dan jika seseorang dikucilkan dari percakapan.

4. Lakukan Kontak Mata — atau Tidak

Setiap hari Anda dibombardir dengan gangguan yang bersaing untuk salah satu sumber daya Anda yang paling berharga – perhatian Anda. Melakukan kontak mata dengan orang yang Anda ajak bicara secara tatap muka adalah ekspresi lahiriah bahwa Anda percaya diri dan terlibat penuh dengan orang itu. Namun, jika seseorang tidak terlihat melakukan kontak mata dengan Anda, sebelum Anda mengambil kesimpulan, ketahuilah bahwa hal itu mungkin tidak dapat diterima secara budaya baginya untuk melakukannya; dia diintimidasi oleh Anda; atau membuatnya tidak nyaman.

5. Tunjukkan Bahasa Tubuh Positif

Anda dapat memproyeksikan kepercayaan diri, kebaikan, dan kepemimpinan hanya dengan cara Anda membawa diri. Jauhkan kepala Anda, bahu ke belakang, dan dada keluar. Kita belajar dari TED Talk dari Dr. Amy Cuddy, “Bahasa Tubuh Anda Membentuk Siapa Anda”, bahwa cara Anda membawa diri dapat memengaruhi cara Anda berpikir dan merasa tentang diri sendiri–jadi jadilah besar.

6. Perhatikan Hal-Hal Kecil

Hidup itu sulit. Dan banyak orang menjalani hidup dalam keputusasaan yang tenang dengan sedikit atau tanpa dukungan dari keluarga atau teman. Masalahnya, orang-orang begitu pandai menyembunyikannya, sehingga mereka memberi kesan bahwa semuanya baik-baik saja dalam hidup mereka dan mereka tidak membutuhkan bantuan. Ingatlah bahwa orang-orang memiliki kehidupan di luar pekerjaan, sekolah, dan tempat lain yang Anda semai. Kesadaran sederhana tentang bahasa tubuh, perilaku, dan ekspresi wajah orang lain akan memberi Anda wawasan tentang bagaimana keadaan sebenarnya bagi mereka.

7. Puji Kekuatan Orang

Salah satu cara untuk mengeluarkan yang terbaik dari seseorang adalah dengan memuji kekuatannya. Bisakah Anda bayangkan bagaimana Anda akan merespons jika seseorang mendatangi Anda dan berkata, “Asal tahu saja, kemampuan Anda untuk [memasukkan kekuatan] luar biasa. Saya berharap saya lebih seperti itu.”? Memberikan pujian kepada orang lain adalah tanda kepercayaan diri Anda, dan pembangun kepercayaan diri yang luar biasa bagi orang lain.

8. Bangun Orang Lain Saat Mereka Tidak Ada

Anda dapat mengetahui karakter seseorang dengan cara mereka berbicara tentang orang lain ketika mereka tidak ada. Jika Anda mengenal seseorang yang terus-menerus berbicara buruk di belakang orang lain, Anda dapat yakin bahwa mereka berbicara negatif tentang Anda saat Anda tidak ada. Jadilah tipe orang yang memuji orang lain ketika mereka tidak ada.

9. Dengarkan Suara Mereka

Orang akan mengungkapkan banyak hal tentang diri mereka tidak hanya dengan apa yang mereka katakan, tetapi juga bagaimana mereka mengatakannya. Beberapa orang terhubung lebih baik saat Anda berbicara dengan keras dan cepat, sementara yang lain lebih suka dikomunikasikan dengan nada yang lebih lembut — kenali audiens Anda.

10. Lebih Banyak Tersenyum

Penelitian menunjukkan orang yang percaya diri lebih banyak tersenyum. Saya tidak mengatakan berjalan-jalan dengan senyum berseri-seri dari telinga ke telinga setiap saat-itu menyeramkan. Apa yang saya katakan, adalah jika Anda dalam suasana hati yang baik, pastikan Anda tidak lupa untuk memberitahu wajah Anda. Selain itu, tersenyum pada orang lain akan memicu neuron cermin di otak mereka untuk membalas senyuman Anda—itu menular. Orang-orang dengan keterampilan sosial yang hebat mudah didekati, dan tidak ada yang mengatakan, "Ayo berteman!", selain senyum tulus.

11. Bersikap Sopan

Sangat mudah untuk terhubung lebih baik dengan seseorang yang memiliki sopan santun. Hal-hal sederhana yang diajarkan orang tua Anda ketika Anda masih kecil, sedikit "Tolong", "Terima kasih"; dan “Sama-sama”, bisa sangat membantu.

12. Memberikan Nilai

Untuk menjadi yang teratas dalam permainan keterampilan sosial Anda, Anda harus membawa sesuatu ke meja. Gunakan apa yang Anda ketahui atau lakukan untuk menjadi manfaat bagi orang di sekitar, tanpa niat meminta imbalan apa pun. Bagikan apa yang Anda kuasai dengan orang lain dan Anda akan mengalami sukacita yang memuaskan dari memberi.

13. Jangan Katakan Apa-apa

Terkadang orang tidak perlu mendengar pendapat Anda. Lain kali Anda ingin bergabung dan memberikan data empiris yang mendukung argumen Anda, berhentilah dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan, "Apakah aku ingin bahagia, atau apakah aku ingin benar?" Lebih sering daripada tidak, menjadi bahagia berarti mengakui argumen dan menikmati kebersamaan dengan orang lain.

14. Fokus pada Sisi Terangnya

Negatif menular dan dapat menyebar dengan cepat; menolak menjadi orang yang menularkan hal negatif melalui keluarga, teman, dan rekan kerja Anda dengan mengeluh sepanjang waktu. Sebaliknya, jadilah orang yang dapat melihat sisi terang dari situasi yang sulit dan menjaga masa-masa sulit dalam perspektif. Ini tidak berarti menjadi tidak realistis dan terlalu positif, itu berarti menjadi orang yang dapat melihat kesulitan di wajah dan fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan.

15. Lihat yang Baik Pada Orang

Kembangkan keterampilan untuk melihat kebaikan orang lain. Sudah menjadi sifat manusia untuk merendahkan orang lain untuk membuat diri kita merasa lebih baik; tetapi jadilah orang yang dapat melihat berlian di saat yang sulit; terutama ketika mereka tidak dapat melihatnya sendiri.

***
Solo, Senin, 21 Maret 2022. 7:41 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

2 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB