x

Iklan

News BM3

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Maret 2022

Selasa, 5 April 2022 13:11 WIB

Sedekah di Bulan Ramadhan dan Keberkahan Bagi Penderma

Sedekah di Bulan Ramadhan dan Keberkahan Bagi Penderma

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siang dan malam telah berganti menghantarkan kita pada bulan yang dinanti-nanti. Bulan yang telah lama kita rindukan, suasana yang khidmat dan penuh kesederhanaan. Bulan yang dijanjikan oleh Allah SWT dengan banyak keistimewaan yang salah satunya berlipat gandanya pahala seluruh umat, sehingga waktu yang tepat untuk berlomba-lomba beribadah menjemput keberkahan bulan suci Ramadhan.
 
Ibadah tersebut juga termasuk sedekah di bulan suci Ramadhan yang penuh keistimewaan. Sedekah yang diberikan umat muslim di bulan suci Ramadhan akan diganti Allah SWT dengan pamrih yang berkali lipat ganda. Perlu dingat bahwa sedekah adalah sumber kekayaan sesuai dengan janji Allah SWT bahwa setiap umat yang mengalihkan sebagian apa yang darinya tidak akan membuatnya menjadi miskin atau berkurangnya harta, malahan harta menjadikannya lebih merasa cukup.
 
Adapun rangkuman yang dapat kita telaah dari manfaat sedekah di bulan suci Ramadhan adalah sebagai berikut;
1. Sedekah yang menghapus dosa
Rasullah SAW pernah bersabda bahwa sedekah mampu menggugurkan dosa dan menjauhkan dari api neraka yang diriwayatkan hadits At-Tarmidzi.
“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagai mana air yang memadamkan api”. (H.R. At-Tirmidzi)
Semakin banyak kita bersedekah, insyaAllah semakin banyak pula dosa-dosa kita yang akan diampuni oleh Allah SWT.
2. Terdapat pintu surga yang disediakan khusus bagi orang-orang yang gemar bersedekah
Selayaknya tamu yang mendapatkan tiket VIP memiliki ruang dan akses spesial. Seperti itu pulalah yang akan dirasakan oleh para penderma yang gemar bersedekah. Memiliki pintu khusus untuk menuju surga. Sebagaimana Hadist Rasullah yang diriwiyatkan oleh Bukhori (3666) dan Muslim (1027).
 
“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)
 
3. Sedekah dapat menghadirkan ketenangan hati
Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibnu Sina bahwa ketenangan adalah sebagian dari kesembuhan. Sehingga masalah sebesar apapun kesakitan seganas apapun yang dirasakan dengan ketenangan semua akan lebih baik. Salah satu ketenangan hati berasal dari sedekah sebagaimana firman Allah SWT.
 
Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (dengan penyesalan), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih.” (QS. Al-Munafiqun : 10)
 
Sangat merugilah bagi mereka yang melewatkan bulan suci Ramadhan dengannya tanpa bersedekah dan membagi kebahagiaannya dengan sesama. Sementara orang-orang yang berbagi dan bersedekah akan merasakan kebahagiaan yang berlipat ganda, sebab sebaik-baiknya bahagia adalah dapat berbahagia bersama-sama, sejatinya manusia adalah makhluk sosial.
 
Maka dengan demikian Baitul Maal Merapi Merbabu mengajak seluruh umat dalam menjemput keberkahan bersama-sama di bulan suci Ramadhan. Berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan. Sebagian yang tersisih dari kita adalah sebuah senyum kebahagian penuh hangat yang akan hadir dari keteduhan wajah mereka. Dapat berpartisipasi dengan menghubungi kontak BM3 dan media sosial BM3.

Ikuti tulisan menarik News BM3 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB