5 Software Ini Wajib Dimiliki Bisnis Retail - Urban - www.indonesiana.id
x

Abigail Fionna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 April 2022

Selasa, 5 April 2022 19:43 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 5 Software Ini Wajib Dimiliki Bisnis Retail

    Dalam menjalankan bisnis retail, diperlukan beberapa software yang dapat digunakan untuk menunjang operasional bisnis retail. simar artikel berikut untuk melihat software apa saja yanga nda butuhkan!

    Dibaca : 1.312 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dalam mengelola bisnis retail saat ini semakin banyak tantangan yang dihadapi, termasuk Covid-19 sampai sulitnya untuk mengimbangi permintaan pelanggan. Untuk menjawab berbagai tantangan yang ada HashMicro hadir dengan berbagai inovasi melalui software bisnis.

    Seperti dikutip dalam pernyataan Lusiana, Business Development Director HashMicro dalam sebuah event bisnis. Melalui kesempatan tersebut Lusiana menjelaskan software yang dikembangkan HashMicro dibuat khusus untuk menjawab berbagai tantangan bisnis retail.

    "Di tahun 2022 ini operasional bisnis retail harus bisa berimbang dengan meningkatnya teknologi yang semakin canggih. Software dengan teknologi mumpuni dapat dimanfaatkan untuk membantu dan mempermudah berjalannya bisnis retail," ungkap Lusiana, Minggu 27 Maret 2022.

    Lusiana juga menjelaskan tantangan bisnis retail yang sering terjadi dan software yang paling tepat untuk mengatasi tantangan bisnis tersebut. 

    "Software yang wajib dimiliki bisnis retail seperti SCM, CRM, Akuntansi, manajemen inventaris dan yang paling penting adalah software POS yang bisa mencakup berbagai masalah dan tantangan," katanya.

    1. Software CRM

    "Software CRM, sangat membantu perusahaan agar bisa memahami kebutuhan konsumen yang terus mengalami perubahan. Bisnis retail harus bisa memahami itu agar perusahaan bisa membuat strategi pemasaran terbaik," kata Lusiana.

    Apalagi dalam bisnis retail permintaan konsumen seringkali berubah-ubah, dan pemilik bisnis harus bisa mengimbangi perubahan tersebut sesuai permintaan dari konsumen. Software CRM bisa mendapatkan informasi mengenai perubahaan kebiasaan pelanggan tersebut.

    1. Software SCM

    "Tantangan lainnya adalah pengelolaan atau manajemen bisnis retail yang bisa dibilang cukup rumit, sudah tidak bisa lagi berpegang pada prinsip konvensional. Butuh sebuah software dengan teknologi canggih, terintegrasi dengan baik dalam mengelola bisnis" Ujar Lusiana.

    "Untuk menjawab tantangan itu, software SCM bisa menjadi solusi yang sangat bermanfaat dan memudahkan," tuturnya.

    Dengan berbagai fitur dan kemudahan dari software SCM ini pekerjaan atau pengelolaan bisnis retail memang bisa menjadi lebih terarah. Diantaranya seperti manajemen pengelolaan pesanan, gudang, pemenuhan, pengembalian barang dan berbagai macam fungsi lainnya.

    1. Software Manajemen Inventaris

    Menurut Lusiana dengan menggunakan software manajemen inventaris, Anda bisa menghemat biaya dan meningkatkan profitabilitas. Karena dalam bisnis retail pastinya ada banyak barang yang harus dicatat dan diperiksa setiap hari agar tidak terjadi kerugian.

    "Software lainnya adalah software inventaris untuk mengatur inventaris atau barang, Memanfaatkan software akan mengurangi kemungkinan terjadinya human error dan meningkatkan profit," ujar Lusiana.

    1. Software Akuntansi

    "Software akuntansi juga penting bisa menjadi solusi untuk membuat laporan keuangan yang rumit dalam bisnis retail. Pelaporan konvensional bisa dirubah menjadi digital agar terintegrasi dengan fitur software lain," kata Lusiana.

    1. Software Point of Sale atau POS

    Software untuk bisnis retail lainnya yang tidak kalah penting menurut Lusiana adalah software POS atau Point of Sale. 

    "Pelayanan konsumen sangat penting karena menentukan kepuasan pelanggan ketika berbelanja. POS bisa menjadi solusi bagi semuanya, mulai dari pembayaran, kecepatan pelayanan, inventaris barang atau stok dan banyak lagi," ungkap Lusiana.

    Lusiana juga menambahkan saat ini masyarakat sudah memiliki berbagai macam jenis pembayaran, mulai dari dompet digital sampai bank yang semakin banyak. Bisnis retail yang menerima pembayaran multipayment bisa menjadi nilai tambah.

    "Pembayaran multipayment bisa menjadi solusi bagi kebutuhan pembayaran konsumen yang beragam. Pebisnis tidak perlu lagi untuk mempunyai banyak akun e-wallet atau rekening bank, cukup satu software semua pembayaran bisa," tuturnya.

    "HashMicro selalu berusaha untuk mengembangkan software yang dapat membantu bisnis retail. Sangat penting bagi pebisnis untuk mengimbangi bisnis dengan teknologi agar bisa tetap eksis," ucap Lusiana menambahkan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.