x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 11 April 2022 16:08 WIB

Ngabubu Read Motor Baca Keliling (Mobake) TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak

MOtor BAca KEliling (MOBAKE) TBM Lentera Pustaka Ngabubu-Read ke Desa Sukajadi Kab. Bogor untuk sediakan akses bacaan anak-anak di sela ibadah puasa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai realisasi program “Ngabubu-Read Ramadhan Ceria”, MOtor BAca KEliling (MOBAKE) TBM Lentera Pustaka menjelajah ke Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor untuk menyediakan akses bacaan di bulan puasa ke anak-anak (10/04/2022). Tepatnya di Kampung Babakan, puluhan anak-anak usia sekolah pun menyambut antusias datangnya motor baca keliling ke daerahnya. Harapannya, kegemaran membaca buku menjadi pilihan anak-anak dalam mengisi aktivitas puasa Ramadan.

 

Dioperasikan para relawan TBM Lentera Pustaka, terdiri dari Rama, Reza, Fadil, Susi, Salwa, dan Ajeng, MOBAKE bertekad menyediakan akses bacaan ke kampung-kampung yang selama ini tidak tersentuh. Sekaligus untuk memperluas pengaruh taman bacaan di daerah. Agar buku bacaan dapat menjadi penyeimbang aktivitas gawai, nongkrongg atau menonton TV yang tidak produktif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

MOBAKE TBM Lentera Pustaka yang beroperasi 2 kali seminggu menyasar daerah-daerah yang tidak punya akses buku bacaan. Karena TBM Lentera Pustaka meyakini hanya akses bacaan yang mampu meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia. Kehadiran MOBAKE diharapkan mampu menumbuhkan tradisi baca dan budaya literasi anak-anak dan masyarakat kampung. Melalui motor baca keliling, TBM Lentera Pustaka pun mensosialisasikan motto “Baca Bukan Maen”. Agar anak-anak kampung tertarik untuk membaca saat motor baca keliling datang.

 

Untuk diketahui, selama bulan puasa, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor menggelar program “Ngabubu-Read Ramadhan Ceria” dengan aktivitas utama 1) tadarusan pada Rabu dan Jumat, 2) Khataman Al Quran setiap Sabtu, 3) Sedekah Takjilan 100 paket setiap Sabtu, dan 4) Tausiyah Literasi dan doa jelang buka puasa setiap Sabtu. Melalui “Ngabubu-Read”, TBM Lentera Pustaka  mengemban misi “mengokohkan akhlak dengan iman, menaklukkan dunia dengan Al Quran”.

 

MOBAKE (Motor Baca KEliling) TBM Lentera Pustaka merupakan satu-satunya program motor baca yang beroperasi di Kec. Tamansari Kab. Bogor. Sebagai cara sederhana untuk mendekatkan buku bacaan kepada anak-anak. Salam literasi #MotorBacaKeliling #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

35 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB