10 Cara Meningkatkan SEO Website dengan Mudah - Urban - www.indonesiana.id
x

Layanan seo paling terpercaya di indonesia saat ini, silahkan simak terus untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai teknik seo 2020.

Melt Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 April 2022

Sabtu, 16 April 2022 09:59 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 10 Cara Meningkatkan SEO Website dengan Mudah

    Jika kamu ingin memiliki website dengan traffic tinggi, konversi penjualan produk yang tinggi, atau minimal nangkring di page satu mesin pencari, peningkatan SEO website rasanya perlu untuk dilakukan. Tapi, mungkin kamu belum tahu cara meningkatkan SEO website. Ini tentu jadi masalah.

    Dibaca : 1.007 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Cara Meningkatkan SEO Website yang Mudah

    Sebelum kamu mempelajari secara lengkap tentang cara meningkatkan SEO website, ada baiknya untuk mengetahui bahwa SEO bukan sesuatu yang instan. Pengaplikasian SEO, tidak akan secara langsung meningkatkan traffic website dalam waktu yang cepat. 

    Melainkan butuh waktu beberapa bulan sebelum kamu mendapatkannya. Analisis data, tentu saja sangat penting dilakukan kalau kamu ingin mengaplikasikan SEO pada website milikmu. 

    Setidaknya, ada dua cara utama jika kamu ingin meningkatkan SEO website. Caranya yakni dengan mengoptimasi SEO on page dan SEO off page. Kamu bisa menyimak uraian secara lengkap terhadap dua cara utama tersebut pada penjelasan berikut ini. 

    Cara Meningkatkan SEO On Page Website

    Ada baiknya untuk mulai mengenal terlebih dahulu tentang apa itu SEO on page. Jadi, on page merupakan optimasi yang harus dilakukan agar konten yang kamu miliki, tampak lebih berkualitas. Selain itu, agar konten tersebut bisa membuat pembaca atau pengunjung senang serta bisa membuatnya terdeteksi oleh mesin pencari. 

    Nah, kalau ingin mengoptimasi SEO on page, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Silakan gunakan beberapa cara berikut ini: 

    1. Menulis Konten yang Menarik dan SEO Friendly

    Cara meningkatkan SEO website untuk on page pertama, yakni dengan menulis konten yang menarik. Kamu bisa menulis konten yang belum banyak dibahas oleh orang lain. Entah itu dengan mengambil sudut pandang berbeda atau konten yang membeberkan fakta-fakta yang belum banyak diketahui. 

    Pengunjung, biasanya suka dengan konten-konten demikian. Selain itu, jangan lupa bubuhkan judul yang menarik namun bukan clickbait belaka. Tak hanya itu saja, kamu juga harus membuat konten yang SEO friendly seperti menyebarkan beberapa keyword target di judul, meta deskripsi, url, hingga body konten.

    Selain itu, kamu juga perlu membuat struktur heading yang rapi pada websitemu seperti penggunaan H1, H2, H3 dan seterusnya. Jangan sampai malah heading di website kamu tidak beraturan atau malah ada salah satu yang hilang. Oiya, H1 cukup 1 aja di bagian homepage maupun di artikel.

    2. Menganalisis Keyword yang Tepat

    Kedua, cara meningkatkan SEO website adalah dengan menganalisis keyword yang tepat. Kamu harus mendapatkan keyword yang punya peluang reachable. Misalnya saja, dengan menggunakan keyword dengan difficulty rendah serta memiliki volume yang rendah. 

    Hal tersebut akan membuat kontenmu bisa bersaing dengan ribuan konten lainnya yang memilih penggunaan keyword sejenis. Sebaliknya, kalau kamu memakai keyword dengan difficulty tinggi, maka konten milikmu akan kesulitan dalam bersaing dengan konten lainnya.

    Hal ini bagus dilakukan untuk kamu yang masih pemula dan baru membuat blog. Jika artikel yang dibuat perlahan-lahan naik ranking, maka kamu bisa sedikit meningkatkan riset ke jenis keyword dengan difficulty yang sedang atau persaingan medium. Ada banyak tools analisis keyword yang bisa digunakan seperti Ahrefs, Ubersuggest, Semrush, Moz, dan banyak lagi.

    3. Kecepatan Loading Website

    Cara meningkatkan SEO website yang ketiga adalah dengan memperbaiki loading website. Kecepatan loading dari suatu website, juga penting untuk diperhatikan. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan traffic. Jika suatu website memiliki kecepatan yang lamban, buruk, atau terasa berat, maka pengunjung bisa-bisa mager untuk mengunjunginya lagi. 

    Tapi, kalau kecepatan loadingnya sangat tinggi, informasinya menarik, dan kontennya juga unik, hampir bisa dipastikan bahwa website milikmu akan ramai pengunjung seperti pasar malam. 

    4. Link yang Terhubung dengan Konten Lain

    Penyertaan link pada suatu konten yang berbeda namun punya tema sama, sangat penting untuk kamu lakukan. Nantinya, ketika ada pengunjung yang melihat satu konten di websitemu, mereka akan lebih mudah mendapatkan konten lainnya yang membahas suatu tema sejenis. 

    Mereka hanya perlu mengklik link yang disertakan. Dan tentu saja, hal ini akan membuat semakin banyak klik yang terjadi pada websitemu.

    5. URL

    Terakhir, cara meningkatkan SEO website adalah dengan mengoptimalkan fungsi URL artikel. Menggunakan URL yang gampang dibaca, sederhana, dan berisikan keyword utama, biasanya akan membuat websitemu lebih gampang ditemukan. Gunakan URL dengan huruf kecil semua dan spasinya diubah menggunakan tanda strip agar lebih SEO friendly.

    Contohnya seperti ini:

    https://namablog,com/cara-membuat-donat

    Cara Meningkatkan SEO Off Page Website

    Cara Meningkatkan SEO Website
    Cara Meningkatkan SEO Website

    Kalau sudah tahu on page, sekarang kamu juga harus tahu sahabat karibnya, yakni off page. Jadi, pengoptimalan off page dari website akan membuatnya punya kredibilitas tinggi. Biasanya, website yang punya kredibilitas tinggi akan mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari. Nah, inilah yang bikin websitemu bisa nangkring di page teratas. 

    Kalau cara meningkatkan SEO website dari sisi off pagenya, kamu bisa pakai cara berikut ini: 

    1. Penggunaan Backlink

    Pertama, kamu harus membangun backlink terlebih dahulu. Caranya yakni dengan menyertakan link dari website lain yang mengarah ke website milikmu. Biasanya pada website yang sudah lebih dulu punya kredibilitas tinggi. Penggunaan backlink, nantinya akan membuat pengunjung datang ke website milikmu. 

    Ada baiknya, pilih website yang sudah besar dan punya tema sejenis dengan website milikmu. Tapi, jangan berlebihan ketika menggunakannya agar mesin pencari tidak mendeteksinya sebagai spam.

    Kamu bisa mencari jasa backlink yang menyediakan backlink-backlink berkualitas untuk mendongkrak SEO websitemu. Sekarang ada banyak lho, coba deh search sama mbah Google.

    Salah satu yang menyediakan layanan backlink adalah https://www.dataseo.co.id yang menawarkan backlink PBN (Private Blog Network) yang berkualitas. Bagi yang mau mencicipi PBN milik Data SEO bisa banget untuk nyoba versi gratisnya.

    2. Mempromosikan Website di Media Sosial

    Promosi website secara langsung di media sosial, juga merupakan cara meningkatkan SEO website pada off page. Promosi ini, bisa kamu lakukan dengan bagi-bagi link. Entah itu di bio media sosial pribadi, story, timeline, dan lain sebagainya. 

    3. Mendaftarkan Bisnis di Listing Bisnis 

    Kalau kamu menautkan link websitemu pada listing bisnis, maka website tersebut akan lebih gampang ditemukan. Selain itu, juga akan membuat website milikmu kedatangan banyak pengunjung. Kamu bisa mencari listing bisnis yang memang sudah cukup banyak digunakan oleh pemilik website ataupun blog. 

    Dengan melakukan beberapa cara meningkatkan SEO website di atas, mungkin kamu masih belum bisa merasakan dampaknya secara langsung. Kamu baru bisa mendapatkan hasilnya, kalau sudah berbulan-bulan lamanya konsisten menerapkan beberapa cara di atas. Pastikan kamu menggunakan jasa backlink yang tepat untuk optimasi SEO OFF Page ya. Dan sudah pasti, ON Page jangan dilupakan!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.