x

image: ProofHub

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 21 April 2022 16:53 WIB

4 Cara Efektif Meningkatkan Performa Kerja Anda Secara Luar Biasa

Prestasi kerja, istilah yang sangat subjektif, pada dasarnya bermuara pada menemukan cara untuk memaksimalkan penggunaan waktu, energi, dan hasil karyawan, karena ini adalah hal-hal yang dapat diukur dan digunakan sebagai penanda produktivitas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kinerja puncak di tempat kerja sangat penting untuk pertumbuhan perusahaan dan produktivitas tingkat tinggi, tetapi apa yang mudah dilakukan juga tidak mudah dilakukan. Pencarian " work performance (kinerja kerja)" di Google menarik 4.180.000.000 hasil dalam waktu kurang dari satu detik. Mengatakan bahwa prestasi kerja adalah kata kunci adalah pernyataan yang meremehkan.

Semua orang dan ibu mereka tertarik untuk menemukan gadget dan peretasan terbaru untuk mengoptimalkan produktivitas dan hasil kerja mereka. Perusahaan terjebak di antara batu dan tempat yang sulit ketika mereka mencoba untuk menavigasi perairan yang belum dipetakan bekerja dari rumah sambil menjaga tingkat produktivitas karyawan mereka tetap tinggi. Sayangnya, jika bisnis telah memprioritaskan komponen penting untuk menciptakan budaya perusahaan yang berkualitas, menanamkan kepercayaan pada karyawan mereka, dan menunjukkan empati tingkat tinggi sebelum pandemi, sebagian besar tidak akan menemukan diri mereka dalam situasi ini.

Prestasi kerja, istilah yang sangat subjektif, pada dasarnya bermuara pada menemukan cara untuk memaksimalkan penggunaan waktu, energi, dan hasil karyawan, karena ini adalah hal-hal yang dapat diukur dan digunakan sebagai penanda produktivitas. Meskipun waktu bersifat tetap dan tidak pernah dapat diubah, tingkat energi bersifat cair dan dapat habis seiring waktu kecuali orang tahu cara memanfaatkannya, dan hasil adalah produk akhir dari produktivitas. Itu dapat diukur dan, sejujurnya, biasanya tidak tergantung pada waktu atau energi yang diperlukan untuk mencapai tujuan akhir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk benar-benar memahami cara meningkatkan kinerja di tempat kerja, kita perlu memahami apa yang mengendalikan faktor-faktor ini.

Otak mengendalikan segalanya, itulah sebabnya tidak ada satu pun "peretasan", pil, terapi, atau produk yang akan menjadi obat untuk memaksimalkan produktivitas di tempat kerja. Otak tidak biner. Ini rumit dan membutuhkan banyak faktor untuk berfungsi pada tingkat tertinggi. Jadi, jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja, Anda harus banyak berinvestasi dalam pemeliharaan memaksimalkan otak dan output kognitif Anda.

1. Gerakkan Tubuh Anda untuk Mengaktifkan Otak Anda

Jika kita mampu memasukkan efek gerakan fisik ke dalam pil, itu akan menjadi obat blockbuster selama-lamanya karena semakin banyak penelitian yang menunjukkan betapa efektifnya olahraga dalam meningkatkan pemrosesan kognitif fungsi otak.

Sementara latihan fisik secara tradisional telah digunakan untuk memperbaiki struktur fisik kita, menurunkan berat badan, dan meningkatkan daya tahan kardiovaskular, permainan telah benar-benar berubah dengan meningkatnya jumlah penelitian yang menunjukkan efek menguntungkan pada pemrosesan mental dan psikologis.

Latihan fisik adalah salah satu kegiatan paling berpengaruh yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan kinerja mental mereka, yang kemudian meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja. Ini dapat mengubah ekspresi DNA dan menciptakan molekul emosi yang dapat meningkatkan suasana hati Anda, memberikan kejernihan mental, dan mengubah cara otak Anda memproses informasi.

Gerakan sangat meningkatkan aliran darah ke lobus frontal, wilayah di otak yang bertanggung jawab untuk pemrosesan kognitif, pemikiran tingkat tinggi, dan menjaga kewaspadaan mental. Ini juga meningkatkan oksigenasi ke tubuh, yang meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menciptakan energi dan mempertahankan fokus mental untuk waktu yang lama. Dan sementara latihan fisik dapat menjadi salah satu cara paling efisien untuk mengaktifkan otak, itu juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, yang juga dapat memiliki efek merugikan pada produktivitas Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lemak visceral yang disimpan di seluruh tubuh dapat menurunkan kemampuan otak Anda untuk fokus dan berkonsentrasi karena penanda inflamasi yang diciptakan lemak di seluruh tubuh.[8] Dengan menurunkan berat badan dan berolahraga, Anda dapat meredam proses inflamasi yang menyumbat pipa saluran pembuangan sekaligus meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi ke jaringan yang paling membutuhkannya. Dan coba tebak? Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk berinisiatif keluar dan bergerak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa gerakan fisik selama 10 menit dapat memberikan manfaat yang signifikan, sangat meningkatkan kemampuan otak Anda untuk memperbarui perangkat lunak internal untuk meningkatkan memori dan kapasitas pemrosesan.

2. Beristirahatlah untuk Memajukan Beban Kerja Anda

Orang-orang suka berbicara tentang jumlah jam yang mereka habiskan untuk pekerjaan mereka, dengan forum dan posting LinkedIn yang penuh dengan individu yang membual tentang berapa jam yang mereka dedikasikan untuk proyek selama seminggu. Meskipun ini mungkin terdengar bagus secara teori, kita tahu ini penuh dengan kesalahan dan kebohongan karena tidak sesuai dengan apa yang dikatakan ilmu saraf tentang fungsi otak.

Studi menunjukkan bahwa otak memiliki waktu pemrosesan maksimum sekitar 90 menit sebelum kita mulai melihat penurunan kualitas pemrosesan kognitif. Saat kita melanjutkan perjalanan ini menuju jam kerja yang lebih lama tanpa jeda di antaranya, kita mulai melihat peningkatan besar dalam kesalahan dan kesalahan pemrosesan sederhana, yang berarti waktu yang hilang mengambil langkah mundur untuk menelusuri kembali langkah Anda untuk memperbaiki kesalahan Anda.

Ini juga berarti otak tidak dapat lagi bekerja pada tingkat yang awalnya dimulai, membuat tugas lebih menantang untuk diselesaikan dan meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek. Kita telah melihat ini bermain dalam skenario tanpa akhir, tetapi itu menahan beban ketika diambil dari keadaan darurat medis dan operasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dokter yang melakukan prosedur medis dan membuat diagnosis pada jam ke-17 hingga ke-19 memiliki kapasitas mental yang setara dengan individu yang mabuk dengan .05 BAC. Apakah itu membuat Anda berpikir dua kali untuk memesan operasi Anda berikutnya?

Beristirahat dari pekerjaan Anda tidak berarti Anda harus duduk dan menelusuri situs media sosial atau menjadi troll di Reddit. Anda perlu melepaskan diri dari pekerjaan dan melakukan sesuatu yang akan mengisi kembali simpanan energi Anda dan merangsang otak Anda. Berjalan-jalan, tertawa dengan rekan kerja, atau bahkan memejamkan mata dan melakukan meditasi selama beberapa menit dapat sangat meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja dan waktu pemulihan tanpa kehilangan produktivitas.

3. Tidur Seperti Hidup Anda Bergantung Padanya (karena memang demikian)

Tidur adalah kekuatan super. Semua organisme di kerajaan hewan tidur sampai batas tertentu, yang memberikan beberapa bukti yang cukup meyakinkan tentang pentingnya tidur dan perannya dalam kesehatan kita secara umum.

Tidur bukan hanya waktu untuk istirahat — beberapa proses kimia dan fisiologis terjadi saat kita tidur, membantu kita meregenerasi jaringan dan memulihkan tubuh kita ke tingkat yang tinggi. Sekarang kita tahu bahwa saat kita tidur, cairan di dalam otak (cairan serebrospinal) meningkat baik aliran maupun kecepatannya untuk membantu otak membersihkan racun yang menumpuk sepanjang hari. Tata graha internal ini adalah komponen vital dari kesehatan otak dan diteorikan sebagai tanda khas otak yang menua.

Tidur juga menjadi faktor yang berpengaruh dalam kesehatan mental kita. Hal ini memungkinkan otak kita untuk memproses informasi sepanjang hari dan mengajukan situasi teoritis di masa depan melalui mimpi dan keadaan kognisi yang jernih.

Kenangan juga difilter, dikonsolidasikan, dan disimpan dengan tahapan tidur yang berbeda, yang dapat secara signifikan memengaruhi kinerja Anda di tempat kerja dan produktivitas dalam jangka panjang. Jika atasan Anda selalu harus mengingatkan Anda tentang percakapan sebelumnya di ruang rapat, apakah menurut Anda mereka akan mempercayai Anda dengan tugas dan proyek besar untuk mendapatkan promosi berikutnya?

Ingatan Anda dapat berfungsi sebagai teman terbaik Anda di tempat kerja, itulah sebabnya memprioritaskan tidur dan menjadikannya makanan pokok dalam gaya hidup Anda dapat menjadi faktor penting dalam lintasan karier Anda—sangat meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja. Selain itu, disfungsi tidur bisa menjadi salah satu tanda awal penuaan, terutama pada tahap awal gangguan neurodegeneratif seperti Parkinson, MS, Alzheimer, dan demensia.

4. Lacak Cepat Jalan Anda Menuju Sukses dengan Puasa Intermiten 

Makanan akan selalu menjadi bahan bakar yang menggerakkan mesin internal kita, jadi mengapa begitu banyak orang membuat pilihan makanan yang buruk?

Bagi banyak orang, biasanya lebih mudah untuk menyalahkan makanan daripada menyalahkan keputusan atau tindakan kita tentang memilih makanan itu. Pilihan makanan yang buruk menyebabkan fungsi otak yang buruk, meningkatkan jumlah peradangan yang berlebihan dan kadar gula darah yang tinggi, yang pasti dapat meruntuhkan dinding benteng kekebalan tubuh Anda dan mekanisme perbaikan diri.

Tanpa menarik garis di pasir tentang diet atau pedoman diet mana yang harus Anda ikuti, aman untuk mengatakan bahwa secara umum, jika makanan Anda berasal dari tanah, mungkin aman untuk dimakan. Sambil mengingat hal ini, ada peringatan yang lebih penting untuk dipertimbangkan: Puasa Intermiten.

Meskipun puasa telah ada selama ribuan tahun dan memainkan peran penting dalam upacara keagamaan selama ribuan tahun, baru-baru ini muncul kembali di mata publik karena kapasitasnya yang luar biasa untuk memperpanjang hidup dan melindungi DNA kita.

Puasa dari makanan (terutama makanan yang meningkatkan kadar gula darah kita) dapat secara signifikan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memperbaiki dan melakukan pembersihan internal, yang merupakan pertempuran konstan yang tidak pernah berakhir. Berpuasa dari makanan memungkinkan tubuh untuk mengarahkan sumber daya yang didambakan ke proyek renovasi lain di usus, otak, dan tubuh, memfasilitasi semacam skenario "membuang sampah" untuk meningkatkan efisiensi dan keluaran seluler.

Dengan puasa, kita melihat tingkat peradangan menurun, kadar gula darah turun, sensitivitas insulin meningkat, dan kita dapat menyingkirkan sel-sel tua yang memperlambat sisa rantai perintah. Sel-sel tua ini adalah sel-sel tua yang terlalu padat energi untuk dihancurkan oleh tubuh, sehingga mereka bertahan dan memperlambat proses seluler lainnya, seperti kelompok lambat dalam golf yang menahan sisa lintasan sepanjang hari. 

Puasa juga dapat memberikan otak kita cadangan energi tambahan melalui produksi keton yang dihasilkan dari pemecahan lemak di dalam tubuh. Proses ini memiliki berbagai tujuan untuk menyingkirkan berat badan yang tidak diinginkan dan mengisi otak dengan bahan bakar beroktan tinggi. Dan bagian terbaik tentang puasa? Anda tidak dikenakan biaya apa pun. Nol. Nada. Zip. Ini akan mengurangi tagihan belanjaan Anda dan membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan tingkat energi Anda, tidur lebih nyenyak, memiliki lebih banyak dorongan seks, dan membuat otak Anda bekerja pada kapasitas yang lebih tinggi.

Menyatukan Semuanya

Itu akan selalu terserah Anda untuk memutuskan bagaimana menerapkan alat-alat ini. Tidak ada orang lain yang dapat membuat pilihan ini untuk Anda, jadi jika Anda ingin membawa game Anda ke langkah berikutnya untuk mencapai promosi itu, menyelesaikan proyek itu, atau meningkatkan status Anda dalam perusahaan Anda, pilih salah satu dari kebiasaan ini dan miliki untuk 30 hari berikutnya.

Tujuannya dengan ini adalah menjadikannya sebagai gaya hidup, bukan diet atau fokus jangka pendek. Anda dapat memiliki kue kita dan memakannya juga. Itu hanya akan membutuhkan kerja keras dan dedikasi di pihak Anda.

Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak menakutkan, tetapi cobalah untuk mengingat bahwa menyikat gigi, mandi, dan berpakaian untuk hari itu dulunya merupakan tugas yang menakutkan bagi Anda ketika Anda tumbuh dewasa. Kebiasaan menjadi mudah karena Anda melakukannya lebih sering, memungkinkan otak Anda menggunakan lebih sedikit energi dan mental untuk menyelesaikan tugas.

Mengubah tugas-tugas ini menjadi kebiasaan sehari-hari akan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kehidupan pribadi dan profesional Anda secara neurologis dan kognitif. Buatlah pilihan yang sulit sekarang untuk menjalani hidup yang mudah nantinya.

***
Solo, Kamis, 21 April 2022. 2:15 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler