Jangan Terlalu Sibuk Urusan Dunia Hingga Lupa Alam - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 27 April 2022 05:43 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Jangan Terlalu Sibuk Urusan Dunia Hingga Lupa Alam

    Jangan terlalu sibuk dengan urusan duniamu, hingga lupa kepada alam. TBM Lentera Pustaka pun mengjarkan anak-anak untuk bersahabat dengan alam

    Dibaca : 726 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sibuk sering dicari orang. Saking sibuknya mereka lupa bahwa hidup pun berbatas waktu. Maka jangan terlalu sibuk, apalagi dengan urusan dunia. Hingga lupa untuk apa kita diciptakan?

    Berbagi waktulah dengan alam. Walau hanya mengucap syukur atas keindahan dan kebesaran-Nya. Karena saat bersama alam, kita jadi tahu. Siapa sebenarnya kita ini? Dari mana kita berasal dan mau ke mana kita pergi?

    Jangan terlalu sibuk. Tetaplah bersahabat dengan alam. Karena saat memberikan yang terbaik kepada alam. Maka alam pun akan memberikan yang terbaik untuk kita. Masih belum percaya?

    Bersahabat dengan alam itu pula yang jadi salah satu ajaran di TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Karena alam adalah segalanya untuk umat manusia. Selain menyediakan buku-buku bacaan tentang alam, TBM Lentera Pustaka pun selalu mendekatkan anak-anak pembaca dengan alam, seperti laboratorium baca di kebun, membaca di sungai, dan yang terakhir di Rooftop baca dengan view Gunung Salak. Untuk apa? Agar anak-anak mau dan terbiasa mensyukuri segala karunia dan anugerah Allah SWT yang disajikan melalui alam. 

    Taman bacaan di mana pun, hadir sudah Sesuai kehendak alam. Untuk berbakti dan menjalankan apa yang diperintah alam. Seperti di bulan puasa kali ini, TBM Lentera Pustaka pun menggelar “Ngabubu-Read” di taman bacaan. Untuk tadarusan dan khataman Al Quran seminggu sekali, buka puasa Bersama relawan, di samping memberikan santunan kepada 40 anak-anak yatim binaan, jompo binaan, warga belajar buta aksara dan kaum dhuafa di sekitar TBM Lentera Pustaka. Saat bersahabat dengan alam pun, taman bacaan kian paham. Bahwa sedikit tindakan itu lebih berbilai daripada banyak khutbah.

    Di TBM Lentera Pustaka, pada akhirnya anak-anak pembaca pun dilatih untuk memuaskan alam dengan kesederhanaan dan kelembutan dalam pikiran, sikap, dan perbuatan yang baik. Seperti yang tertuang dalam teks sebuah buku. Di mana pun dan hingga kapan pun... Salam literasi #TafakurAlam #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.