x

mudik kemenkumham

Iklan

Rita Puspita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Februari 2022

Sabtu, 30 April 2022 05:43 WIB

Kemenkumham Jateng Sambut Kedatangan Pegawai Mudik yang Tiba di Semarang dan Solo

Kemenkumham Jateng Sambut Kedatangan Pegawai Mudik yang Tiba di Semarang dan Solo

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pagi dini hari tadi, Jumat (29/04), ratusan pemudik Kementerian Hukum dan HAM RI secara bertahap tiba di titik penurunan yakni Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dan Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin yang diwakili Kepala Divisi Administrasi Jusman memonitor jalannya kegiatan dan menyambut kedatangan rombongan sekitar 120 orang di halaman Kanim Semarang sejak pukul 01.30 WIB. Sementara itu rombongan dengan jumlah sekitar 80 orang yang turun di Kanim Surakarta pada pukul 04.00 disambut oleh Kepala Kanim Winarko.

Mudik bersama yang diadakan oleh Kemenkumham RI ini diikuti oleh 791 orang pemudik pegawai dan keluarga dari 11 unit utama di Kemenkumham.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sehari sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol. Andap Budhi Revianto melepas keberangkatan 20 armada dengan 8 rute perjalanan menuju lima kota tujuan. 

Lebih rinci, Sebanyak dua bus menuju Palembang melalui satu rute, tiga bus menuju Yogyakarta melalui satu rute, enam bus menuju Surakarta melalui dua rute, empat bus menuju Semarang melalui dua rute, dan lima bus dengan tujuan Surabaya melalui dua rute.

"Sesuai pesan Menteri Yasonna H. Laoly, peserta mudik harus menunjukkan sertifikat vaksin ketiga. Peserta yang baru dua kali vaksin, wajib menunjukkan hasil tes antigen COVID-19 dengan hasil non reaktif yang berlaku 1x24 jam," kata Andap menyebutkan persyaratan peserta mudik.

Mengangkat tema "Mudik Sehat dan Aman" Kemenkumham RI turut menyediakan sejumlah fasilitas kesehatan seperti obat-obatan, masker, hand sanitizer, konsumsi, dan lainnya untuk para pemudik. 

"Panitia juga telah memberikan layanan kesehatan kepada peserta berupa obat-obatan, masker, hand sanitizer, konsumsi, takjil, serta posko kesehatan di ruang tunggu mudik," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah, A. Yuspahruddin mengatakan bahwa sesuai dengan tema Mudik Sehat dan Aman, diharapkan seluruh peserta mudik bisa berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat.

"Tentunya para pegawai yang mudik ini telah menjalani vaksin tahap ketiga atau booster. Bagi yang belum disyaratkan menjalani antigen 1x24 jam dengan hasil non reaktif, " katanya.

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan, para pengemudi bus juga dilakukan sejumlah pengecekan seperti tes urin, surat kendaraan, pemeriksaan fisik armada, dan melakukan penyemprotan disinfektan. 

Andap menuturkan selain membantu para pegawai untuk pulang ke kampung halaman, acara tersebut dilaksanakan bertujuan untuk turut berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, para pemudik berpotensi meningkatkan jumlah belanja atau konsumsi di kota-kota tujuan. 

"Dengan kembalinya 791 peserta ke kampung halaman, ditambah dengan pegawai yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka tingkat belanja atau konsumsi di kota-kota tujuan akan meningkat," katanya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan menghadirkan semangat baru bagi para pegawai Kemenkumham untuk lebih produktif.

Ikuti tulisan menarik Rita Puspita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler