Keunggulan dalam Prestasi - Analisis - www.indonesiana.id
x

raih prestasi selama pandemi

Alifia Nabila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Mei 2022

Selasa, 10 Mei 2022 14:30 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Keunggulan dalam Prestasi

    Unggul seperti apakah itu? Kurasa semua orang mempunyai pendapat berbeda mengenai arti unggul. Makna unggul disini berkaitan dengan keunggulan yang diraih oleh manusia, dimana setiap manusia mencapai atau berkembang dalam membangun potensi dalam diri mereka masing-masing, melalui pemikiran dan ilmu pengetahuan dalam memecahkan masalah hidup dan segala kehidupan manusia sampai dititik manusia tersebut lebih unggul dari manusia lainnya.

    Dibaca : 321 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Unggul seperti apakah itu? semua orang mempunyai pendapat berbeda mengenai arti unggul, kebanyakan dari Mereka berpendapat sesuai keberadaan mereka, unggul dapat di artikan baik yang positif mapun negative. Keunggulan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia keadaan  lebih unggul, keutamaan, kepandaian ( kecakapan, kebaikan, kekuatan dan sebagainya) yang lebih dari yang lainnya.

    Makna unggul disini berkaitan dengan keunggulan yang diraih oleh manusia, dimana setiap manusia mencapai atau berkembang dalam membangun potensi dalam diri mereka masing-masing, melalui pemikiran dan ilmu pengetahuan dalam memecahkan masalah hidup dan segala kehidupan manusia sampai dititik manusia tersebut lebih unggul dari manusia lainnya.

    Prestasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai hasil usaha yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau yang diusahakan. Seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah meraih sesuatu hasil dari apa yang diusahakannya, baik karena hasil belajar, bekerja, atau berlatih keterampilan dalam bidang tertentu

    Contoh hubungan antara keunggulan dan prestasi adalah Kaitan antara unggul dan prestasi disini adalah seseorang yang memiliki prestasi akan dikategorikan sebagai seseorang yang unggul. Prestasi sendiri adalah suatu yang diperoleh dari usaha yang telah di kerjakaan, prestasi dicapai dengan mengandalkan segala kemampuan yang dimiliki masing-masing diri seseorang kemampuan dalam bentuk intelektual, emosional, dan spiritual. Prestasi sendiri memiliki banyak macam seperti: prestasi belajar, prestasi olahraga, prestasi kerja, prestasi seni dan masih banyak hal lain.

    Pengertian Prestasi Belajar Prestasi belajar merupakan gabungan dari dua kata, yaitu "prestasi" dan "belajar". Pada setiap kata tersebut memiliki makna tersendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, prestasi adalah hasil yang telah dicapai. Prestasi adalah suatu hasil yang didapat dari proses belajar yang sungguh-sungguh dan giat. 

    Belajar adalah suatu proses usaha yang untuk memperoleh suatu. Dengan belajar, seseorang akan menghasilkan pengetahuan baru yang sejalan dengan apa yang ia peroleh selama belajar. Belajar identik dengan seseorang yang sedang  ingin mereka ketahui, karena dengan rasa ingin tahu tersebut  akan melakukan aktivitas berpikir yang disebut dengan belajar

    Prestasi dalam belajar ada hasil yang diperoleh seseorang terhadap semua hal pendidikan tentang kemajuan siswa dalam segala hal yang dipelajari di sekolah yang menyangkut pengetahuan atau keterampilan yang dinyatakan sesudah hasil penelitian. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama proses belajar mengajar dalam kurun waktu tertentu dan dalam pencapaian prestasi belajar kita dapat melihat cara dan proses yang berbeda yang dilakukan masing-masing orang, terkadang lingkungan juga dapat mempenggaruhi dalam proses pembelajaran.

     

    Daftar pustaka

    Rosyid, Moh Zaiful. Mustajab, dan Aminol Roshid Abdullah. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.