Satu Jam Bersama Prof. Didik, Mahasiswa S3 Jalin Komunikasi dengan Promotor - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 12 Mei 2022 20:47 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Satu Jam Bersama Prof. Didik, Mahasiswa S3 Jalin Komunikasi dengan Promotor

    Disertasi, salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa S3. Maka diperlukan komunikasi yang intens antara mahasiswa dengan promotor. Gimana caranya?

    Dibaca : 327 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Adalah fakta, tidak sedikit mahasiswa S3 Program Doktor di mana pun kampusnya terkendala penyelesaian disertasi sebagai syarat meraih gelar Doktor. Karena itu, harus ada tekad atau kemauan untuk bisa menuntaskan disertasi. Salah satunya dengan menjalin komunikasi dan diskusi bersama Promotor, orang yang memberi arahan dan bimbingan kepada mahasiswa S# untuk menyelesaikan disertasi dan meraih Doktor.

    Berangkat dari kesadaran itulah, sejumlah mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) menjalin silaturahim dan komunikasi akademi bersama promotornya, Prof. Dr. Didik Notosudjono di Kampus Unpak Bogor (12/05/2022).  Para mahasiswa seperti: Dr. Suratni, Dasmo, Dzulkarnaen, Syarif Yunus, Dr. Helwiyah, Ichwani, Saring, Susanto beranjang sana ke Prof. Didik. Minimal untuk membangun energi dan memompa semangat untuk menuntaskan disertasi.

    Satu jam bersama Prof. Didik, begitu kira-kira. Dalam suasana santai, para mahasiswa S3 berdiskusi dan saling memberi update terkait penyelesaian studi. Sudah sampai mana dan gimana proses selanjutnya? Prof Didik pun sebagai promotor selalu mengingatkan untuk terus menjaga semangat dan fokus untuk menulis disertasi. “Apa pun kondisinya, disertasi kerjakan kerjakan kerjakan, jangan kasih kendor” ujar Prof. Didik yang kebetulan efektif Juni 2022 pun akan dilantik sebagai Rektor Universitas Pakuan. Selamat ya Prof.

     

    Bincang-bincang 60 menit bersama Prof. Didik, intinya sangat diperlukan mahasiswa S3. Sebagai upaya memompa kembali semangat meraih gelar doktor. Paling tidak untuk membangun komunikasi secara intensif tentang progress penyelesaian studi. Sebagai pembimbing mahasiswa, promotor memang memiliki peran penting untuk menganjurkan atau mendorong mahasiswa S3 untuk selalu ikhtiar menulis disertasi dan menjalani proses sesuai tahapanya hingga ujian terbuka. “Bagi saya, intinya komunikasi yang intensif sambil tetap mengerjakan disertasinya. Itu saja, agar mahasiswa bisa tuntas S3-nya dan meraih gelar doktor, Makin cepat tentu makin bagus” ujar Prof, Didik.

     

    Di akhir dilaturahim dan diskusi dengan Prof. Didik sebagai promotor, mahasiswa pun menyempatkan foto bersama. Sebelum beliau dilantik menjadi Rektor Unpak pada Juni mendatang. Sambil berbisik, mahasiswa berharap. Agar saat jadi Rektor Unpak, semoga tidak sulit untuk menemui Prof. Didik. Karena beliau memang promotor yang ngemongi mahasiswa, selalu humble untuk mengingatkan penyelesaian disertas para mahasiswanya.

     

    Memang benar, sebagai jenjang tertinggi pendidikan formal, kuliah S3 atau Program Doktor sangat membutuhkan komitmen dan kemauan untuk menuntaskannya. Agar tidal terbengkalai di kemudian hari. Salam semangat #S3MPUnpak #ProfDidik #PascasarjanaUnpak



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.