Smellscape Dunia Anda dan Tingkatkan Hidup Anda - Humaniora - www.indonesiana.id
x

image: lawschooltransplant.com

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 14 Mei 2022 12:40 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Smellscape Dunia Anda dan Tingkatkan Hidup Anda

    Berada di tempat yang berbau "baik" meningkatkan suasana hati—dan lebih jauh lagi, pemecahan masalah dan kreativitas.

    Dibaca : 277 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Saat kita berada di tempat yang wangi, segalanya berubah.

    Poin-Poin Penting

    • Berada di tempat yang berbau "baik" meningkatkan suasana hati—dan lebih jauh lagi, pemecahan masalah dan kreativitas.
    • Aroma bunga cenderung disukai oleh orang-orang di seluruh dunia.
    • Aroma rosemary, grapefruit, atau peppermint membantu seseorang merasa lebih waspada.

     

    Banyak dari kita sedang bersiap-siap untuk menyalakan AC (Belahan Bumi Utara) atau sistem pemanas kita (Belahan Bumi Selatan). Bagaimana pun juga, kita akan segera menutup jendela kita.

    Setelah jendela ditutup, akan memakan waktu beberapa hari agar udara di rumah kita menjadi pengap dan bagi kita untuk mulai memikirkan dengan penuh kasih tentang angin segar yang telah berhembus melalui rumah kita—dan Anda akan berpikir untuk secara aktif mengharumkan Anda. rumah jika Anda seperti banyak orang. Tetapi haruskah Anda secara aktif "merekayasa" aroma di rumah Anda dan aroma apa yang terbaik jika Anda melakukannya?

    Bagaimana lingkungan yang berbau harum mempengaruhi kita

    Ketika kita berada di tempat yang berbau “baik”, suasana hati kita membaik, dan ketika itu terjadi, kita menjadi pemecah masalah yang lebih efektif, kita berpikir lebih kreatif, dan kita bergaul lebih baik dengan orang lain, misalnya.

    Sebuah ruang akan berbau harum jika tercium segar. "Segar" adalah salah satu pengalaman indrawi yang kita kenali ketika kita menghadapinya tetapi sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Jika Anda membuka jendela saat Anda bisa, memiliki sistem ventilasi saat ini, membersihkan/mengganti filter udara sistem HVAC Anda sesuai jadwal—dan Anda terus membersihkan debu, menyedot debu, dan mengepel—rumah Anda mungkin berbau cukup segar.

    Anda membawa produk ke rumah Anda dengan wewangian—bahkan yang tidak diberi wewangian biasanya berbau seperti sesuatu. Selain menjaga agar rumah Anda tetap segar, Anda perlu membuat beberapa pilihan terkait aroma saat membeli produk pembersih, sabun, dan sebagainya.

    Tip memilih aroma

    Jadi, setelah Anda membuat dasar yang "segar", aroma apa yang harus Anda pakai?

    Di seluruh dunia, orang umumnya berpikir aroma bunga harum.

    Tradisi memanggang dan liburan setiap budaya menghasilkan segala macam bau yang memiliki asosiasi positif dan meningkatkan suasana hati. Di Amerika Utara, misalnya, kita menghubungkan aroma vanila dengan makanan panggang yang kita sukai dan liburan akhir tahun dengan kayu manis dan pinus. Jika Anda mengasosiasikan memori yang menyenangkan dengan aroma, mencium bau itu akan meningkatkan suasana hati Anda. Contoh: Jika pohon melati mengelilingi beranda nenek Anda, dan Anda bersenang-senang di beranda itu bersama kerabat Anda, mencium aroma melati hari ini akan meningkatkan suasana hati Anda.

    Apa yang dikatakan penelitian tentang aroma spesifik yang harus Anda cari dalam produk beraroma atau penyegar udara?

    Sekaranglah waktunya untuk menggunakan bunga rampai lavender yang telah Anda berikan selama bertahun-tahun atau untuk mencari sabun/pembersih beraroma lavender. Studi ilmiah menunjukkan bahwa aroma lavender benar-benar menenangkan — dan sebagai nilai tambah, itu membuat kita lebih percaya. Bukan penggemar berat lavender? Tambahkan aroma jeruk sebagai gantinya untuk membuat Anda rileks dan menurunkan tingkat kecemasan.

    Ingin merasa lebih waspada? Cobalah mencium aroma rosemary, grapefruit, atau peppermint. Manfaat lain dari beraroma jeruk bali: Ketika seorang wanita berbau seperti jeruk bali, pria cenderung memperkirakan usianya lima tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

    Di kantor rumah Anda, lemon adalah aroma yang baik untuk dihirup—ini telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja profesional. Aroma gula kayu manis dari gulungan kayu manis telah dikaitkan secara langsung dengan peningkatan kinerja kreatif—Anda tahu ada alasan bagus untuk memanggang kue kering kayu manis.

    Jangan menambahkan terlalu banyak aroma ke ruang—orang seharusnya tidak menyadari bahwa sebuah ruang telah dibaui kecuali Anda menarik perhatian mereka ke sana, dan meskipun demikian, mereka seharusnya tidak dapat mengidentifikasi bau apa pun yang digunakan. Mudah, mudah melakukannya.

    Mengelola aroma dalam hidup Anda adalah salah satu cara untuk membuat hidup Anda jauh lebih baik.

    ***
    Solo, Sabtu, 14 Mei 2022. 8:16 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.