x

Iklan

Nurul Suci

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Maret 2022

Minggu, 15 Mei 2022 19:30 WIB

Pengaruh Perkembangan Teknologi bagi Sastra di Kalangan Remaja  

Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan negatif bagi Indonesia. Perkembangan teknologi yang berpengaruh di Indonesia salah satunya perkembangan sastra.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh besar terhadap karya sastra dan minat baca di kalangan remaja Indonesia karena itu, berkembangnya teknologi memberikan wadah kepada remaja untuk memudahkan menulis ataupun membaca karya sastra.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas pengaruh perkembangan teknologi bagi sastra di kalangan remaja. Penulis memilih pembahasan ini karena seperti yang kita ketahui bahwa di era perkembangan teknologi  remaja mudah untuk menemukan karya sastra berbentuk media tulis. Dengan kata lain, tidak ada alasan bahwa kebudayaan malas membaca menjadi kebiasaan yang akan terus berlanjut ke generasi berikutnya.

Pemerintah telah mengupayakan bahwa kebiasaan malas membaca tidak berlanjut ke generasi berikutnya dengan cara yaitu, pemerintah menyediakan perpustakaan digital online (e-Resources) yang memudahkan untuk mencari jurnal, ebook, dan karya-karya lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, terdapat beberapa novel daring sebagai wahana pendukung untuk memudahkan  para remaja untuk meningkatkan literasi, yaitu Wattpad, Fizzo Novel, NovelToon. Kemudian juga terdapat komik online seperti Line Webtoon, Blibli Comics, dan untuk mencari jurnal seperti Scribd, Academia.edu, Google schoolar.

Di samping itu, banyak penulis novel Indonesia yang sudah berhasil karya-karyanya telah mendunia, yaitu Eka Kurniawan penulis novel yang berjudul Cantik Itu Luka, Leila S. Chudori  penulis novel yang berjudul Laut Bercerita, Andrea Hirta penulis novel yang berjudul Laskar Pelangi.

Perkembangan teknologi selain memudahkan remaja untuk menemukan karya sastra di samping itu, remaja dapat menulis puisi, novel dan artikel untuk di terbitkan di media digital. Akan tetapi, untuk menerbitkan artikel, puisi, novel di media digital remaja perlu menunggu waktu untuk editor melihat karya tulis namun, terdapat beberapa media digital memberikan honor. Artinya, perkembangan teknologi memberikan kemudahan untuk remaja Indonesia berkarya.

Kita dapat menyimpulkan bahwa meningkatkan budaya minat baca karya sastra menjadi tanggung jawab kita semua untuk itu, mari kita bangkitkan minat baca karya sastra pada diri kita agar terwujudnya generasi yang cerdas serta kreatif.

 

 

Ikuti tulisan menarik Nurul Suci lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler