x

11

Iklan

KKNUMD 06

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2022

Senin, 23 Mei 2022 15:45 WIB

Mahasiswa KKN Unej Serap Aspirasi Masyarakat Desa Sidomukti soal Sanitasi Lingkungan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Aspirasi masyarakat menjadi salah satu hal penting saat mempertimbangkan pembangunan suatu program, tak terkecuali dengan program yang telah direncanakan oleh mahasiswa KKN UMD Kelompok 6. Aspirasi mereka tentunya sangat diperlukan demi bisa membuat suatu program yang tepat dan efektif sehingga benar-benar bisa mereka rasakan manfaatnya. Oleh sebab itu maka mahasiswa KKN UMD Kelompok 6 dari Universitas Jember melakukan penyebaran kuesioner dan berdialog langsung untuk menyerap segala saran, keluhan, serta keinginan mereka khususnya tentang penanganan sampah yang ada di Desa Sidomukti.

Lokasi yang dijadikan sasaran program sanitasi lingkungan khususnya mengenai penanganan sampah adalah di kawasan RW 05, Dusun Ledok. Mahasiswa KKN UMD Kelompok 6 telah melakukan beberapa kali observasi dan survey lapang secara langsung sehingga lokasi yang dipilih tersebut dinilai pas untuk menjadi lokasi sasaran program sanitasi lingkungan.

Setelah melakukan pendataan dan penghitungan jumlah sampel, maka mahasiswa KKN UMD Kelompok 6 segera terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penyebaran kuesioner. Dari data yang ditelah diperoleh, disimpulkan bahwa banyak warga yang sebenarnya peduli akan permasalahan sampah di lingkungan mereka. Mereka juga tidak segan untuk menegur tetangga lain yang ketahuan membuang sampah ke selokan. “Kalau saya kelihatan tetangga lain buang sampah ke selokan depan rumahnya ya kadang saya tegur, tapi ya tetep saja besok buang di selokan lagi” ujar salah satu warga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak hanya warga, namun Ketua RT, RW hingga Kepala Desa pun juga turut menegur orang-orang yang masih sering membuang sampah khususnya sampah rumah tangga dan sampah seperti pampers bayi ke selokan. “Pak Kades kan setiap hari lewat sini ya, dan itu sudah sering mengingatkan jangan buang sampah ke selokan apalagi buang pampers, benar-benar menyumbat dan tidak enak dilihat, tapi tetep aja sampai sekarang,” ucap salah satu warga.

Mahasiswa KKN UMD Kelompok 6 juga berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah rumah tangga sembarangan. Dari berbagai aspirasi yang telah mahasiswa KKN UMD Kelompok 6 dapat tersebut tentunya menjadi data penting untuk membuat program demi mewujudkan Desa Sidomukti yang lebih baik lagi terutama dalam hal penanganan sampah rumah tangga.

 

 

Ikuti tulisan menarik KKNUMD 06 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler