x

Iklan

Tio

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022 06:32 WIB

10 Langkah Memulai Usaha Les Privat dengan Modal Minim


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membuka usaha bimbingan belajar atau usaha les privat merupakan salah satu dari beberapa peluang usaha modal kecil yang biasa ditekuni oleh warga negara Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa siswa yang membutuhkan bimbingan belajar tambahan untuk memperkuat mata pelajaran di sekolah. Les privat akan membantu mereka dan membuat proses belajar lebih efisien dan fokus.

Selain itu, siswa dapat lebih berkonsentrasi pada mata pelajaran tertentu yang belum mereka kuasai. Misalnya, seorang siswa tidak kuat dalam matematika, sehingga ia dapat mengambil les privat matematika.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Itulah sebabnya beberapa orang tua mengikutsertakan anaknya dalam bimbingan belajar atau kelas privat. Dan ini jelas merupakan peluang bisnis yang menggiurkan bagi mereka yang merupakan alumni dari ajaran tertentu atau bahkan mahasiswa.

Dilansir dari Loker Pintar, Yang paling dibutuhkan dalam usaha ini adalah penguasaan materi dan kekuatan mengajar. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis les privat, bacalah pembahasan ini sampai habis untuk mengetahui cara memulai dan cara melakukannya.

Langkah-langkah memulai bisnis les privat

Memiliki bisnis les privat tidak terjadi begitu saja. Anda harus mulai dari awal dan membedakan diri Anda dari situs bimbingan belajar lainnya.

Berikut adalah beberapa langkah untuk memulai bisnis les privat:

1. Tentukan ide bisnis les privat

Untuk mempermudah mengembangkan bisnis Anda, Anda perlu menentukan ide apa yang ingin Anda gunakan. Gunakan ide waralaba atau mulai ide Anda sendiri dari 0. Setiap ide memiliki pro dan kontra sendiri.

Tentu saja, ketika Anda memulai waralaba, Anda akan membutuhkan lebih banyak modal, tetapi akan lebih mudah untuk pemasaran. Dan kalau buka sendiri lebih susah memasarkannya, tapi modal yang dibutuhkan lebih sedikit.

Oleh karena itu, ide bisnis Anda harus ditentukan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan keadaan Anda.

2. Tentukan target pasar

Ini sangat penting, tentukan target pasar bisnis Anda sejak awal. Apakah untuk semua generasi, hanya anak SD, SMP, atau SMA? Cara ini akan membantu Anda menemukan strategi pemasaran yang tepat.

Selain itu, penting juga untuk menentukan topik mana yang ingin Anda berikan secara pribadi. Jika Anda ingin fokus pada mata pelajaran tertentu, tidak semua tingkat pengajaran dapat mengikuti les privat Anda.

3. Siapkan modal usaha

Meski bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, tetap akan ada biayanya. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan modal usaha.

Selain itu, Anda juga perlu membuat perincian anggaran biaya yang akan Anda keluarkan. Hal ini penting agar kebutuhan dapat dipersiapkan secara optimal dan tidak ada pengeluaran yang tidak perlu.

4. Undang rekan dan guru

Jika Anda memulai bisnis bimbingan belajar mandiri, bukan waralaba, Anda dapat mengundang rekan-rekan yang tertarik mengajar untuk berkolaborasi. Misalkan Anda memahami kelas bahasa Inggris, rekan Anda memahami biologi, matematika dan lain-lain.

Itulah sebabnya di perusahaan les privat Anda memiliki guru penuh. Tidak hanya satu atau dua kompartemen, tetapi dapat melayani semua kompartemen.

Ini akan menarik lebih banyak pelanggan. Jika Anda atau rekan Anda mengajar di sekolah, bawalah siswa Anda.

Jika Anda kekurangan tenaga, Anda dapat mengundang junior atau orang lain yang membutuhkan pekerjaan. Alumni pengajar saat ini memang banyak. Faktanya, hampir 5.000 mahasiswa pascasarjana setiap tahun menjadi sarjana pengajar.

5. Pengembangan mekanisme pemeringkatan

Membuat mekanisme evaluasi yang berbeda dari lembaga pengajaran lainnya. Ciptakan mekanisme penilaian yang ceria dan mudah dipahami. Dengan mekanisme evaluasi yang senang, beberapa siswa lebih semangat belajar dan lebih mudah memahaminya.

Misalnya kegiatan belajar mengajar dengan infografis, video interaktif dan lain-lain. Jangan diam dengan mekanisme pembelajaran seperti di sekolah, karena pada umumnya melelahkan.

Evaluasi dengan media interaktif akan meningkatkan minat siswa dan membuat materi lebih mudah dipahami. Dengan demikian, siswa akan lebih tertarik untuk mengikuti les privat bersama Anda.

6. Pelajaran privat dapat diakses

Biaya les privat mempengaruhi pilihan studi orang tua. Lihat pesaing Anda menerapkan harga bimbingan belajar mereka. Perhitungan / jam, setiap hari, minggu dan lain-lain.

Buat harga lebih terjangkau, tapi jangan sampai merugikan Anda. Pertimbangkan antara modal dan keuntungan yang ingin Anda terima. Perhitungkan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai mengalami kerugian.

Tawarkan promosi untuk menarik beberapa pelanggan. Misalnya kampanye diskon untuk beberapa waktu, tes TOEFL gratis dan lain-lain. Saat membuka untuk pertama kalinya, arah Anda adalah untuk menarik beberapa pelanggan terlebih dahulu.

Jika mereka memahami kualitas pendidikan Anda, mereka dapat mempromosikan orang lain dan pada akhirnya meningkatkan jumlah orang yang mendaftar. Awalnya harus ada promosi.

7. Melakukan kegiatan pemasaran

Pemasaran adalah poin utama dalam bisnis bimbingan belajar. Tanpa pemasaran, les privat Anda tidak akan dikenali oleh sebagian orang.

Ada beberapa langkah untuk melakukan pemasaran, baik secara online maupun offline.

Melalui metode online, Anda dapat beriklan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, web dan banyak lainnya. Dan promo offline, Anda bisa membagikan brosur ke sekolah, mengadakan seminar, membuat spanduk dan lainnya.

Bagaimanapun, promosi bertujuan untuk membuat semua orang mengetahui produk Anda.

8. Berikan pelayanan yang baik

Tidak hanya mekanisme pendidikan yang baik, tetapi Anda juga harus memberikan pelayanan yang baik, layanan sebagai layanan selama proses pendaftaran dan penilaian.

Pendidik yang ramah dan berpengetahuan, sehingga beberapa siswa akan lebih menyukai belajar di tempat Anda. Pastikan semua orang yang bekerja untuk Anda memberikan layanan terbaik.

9. Buat belajar yang ceria

Jika Anda sudah memiliki ruang sendiri, selamat belajar. Namun, itu tidak bisa hanya menjadi ruang belajar kosong tanpa dekorasi yang sama. Namun ciptakan ruang yang membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Jika perlu, siapkan tempat untuk bersantai atau menunggu giliran belajar. Siapkan buku detektif, itu akan meningkatkan semangat siswa.

10. Mulai kelas privat door-to-door

Jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda dapat mencoba les privat door to door. Jadi Anda tidak perlu memiliki atau menyewa tempat usaha, Anda bisa datang langsung ke rumah siswa Anda.

Membangun bisnis bimbingan belajar membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan fokus.

Ikuti tulisan menarik Tio lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler