x

image: Lifehack

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 23 Mei 2022 08:33 WIB

Cara Mempraktikkan Perawatan Diri sebagai Pengusaha yang Sibuk

Anda perlu menjadikan perawatan diri sebagai prioritas. Ini sama mendasarnya dengan bernafas atau makan. Tetapi bisa terasa seperti karena Anda bisa bertahan tanpanya, itu bisa dikesampingkan sebagai pengganti tujuan dan daftar tugas yang tak ada habisnya, yang berarti kita harus pintar tentangnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perawatan diri ada di urutan terbawah daftar pengusaha yang sibuk. Anda menjalankan bisnis, rumah Anda sendiri, hidup Anda, dan segala sesuatu di antaranya. Anda memiliki begitu banyak piring berputar. Perawatan diri adalah prioritas Anda yang paling rendah. Namun, itu mungkin satu-satunya hal yang akan meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan dalam hidup Anda.

Anda perlu menjadikan perawatan diri sebagai prioritas. Ini sama mendasarnya dengan bernafas atau makan. Tetapi bisa terasa seperti karena Anda bisa bertahan tanpanya, itu bisa dikesampingkan sebagai pengganti tujuan dan daftar tugas yang tak ada habisnya, yang berarti kita harus pintar tentangnya.

Tahukah Anda kutipan "Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda"? Apa yang Anda lakukan sejauh ini tidak berhasil. Itulah sebabnya Anda mengklik artikel ini, dengan membabi buta berharap bahwa pada suatu saat, Anda akan punya waktu untuk perawatan diri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Anda tidak akan pernah punya waktu jika Anda tidak meluangkan waktu, tetapi itu tidak berarti itu harus menjadi masalah besar. Idealnya, kita ingin perawatan diri begitu mudah mendarah daging dalam hidup kita—seperti menyikat gigi—sehingga kita tidak perlu memikirkannya. Tetapi Anda harus menerima bahwa Anda membutuhkannya. Anda mungkin menyangkalnya dan mengetahui bahwa Anda dapat melakukan semuanya dan mempermalukan diri sendiri karena tidak lebih produktif.

Anda perlu menjaga diri sendiri, dan melepaskan gagasan beracun bahwa Anda harus produktif sepanjang waktu. Dunia tidak berhenti berputar karena Anda mengambil setengah hari untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai atau mengambil lima menit untuk berdiri di bawah sinar matahari.

Sekarang setelah Anda mengetahuinya, bagaimana Anda mempraktikkan perawatan diri?

1. Dapatkan Daftar Bersama

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu jenis perawatan diri yang Anda butuhkan. Setiap orang berbeda, jadi jika mandi busa cocok untuk Anda, itu bagus. Tetapi itu tidak bekerja untuk semua orang. Anda perlu mengumpulkan daftar hal-hal yang benar-benar membantu Anda.

Ada 6 jenis perawatan diri, dan Anda memerlukan daftar dan aktivitas untuk masing-masingnya.

•    Emosional
•    Praktis
•    Fisik
•    Mental
•    Sosial
•    Rohani

Manfaat memiliki daftar adalah ketika Anda kelelahan dan Anda hanya perlu istirahat, mengerjakan apa yang harus dilakukan membutuhkan energi yang tidak Anda miliki. Rencanakan sebelumnya sehingga Anda dapat membuka aplikasi catatan atau buku catatan Anda dan melihat daftar hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurus diri sendiri.

Misalnya, jika Anda lelah secara emosional, buka buku catatan Anda dan lihatlah bahwa Anda merasa lebih baik saat mencatat perasaan Anda atau berjalan-jalan.

Untuk mengetahui apa yang paling cocok untuk Anda, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang membuat Anda merasa lebih baik sebelumnya. Jika Anda mudah terkuras secara sosial dan Anda membutuhkan ruang sendirian, pikirkan tentang apa yang biasanya Anda lakukan untuk memulihkan dan menambahkannya ke daftar.

Ingat, ini harus nyata. Itu tidak bisa menjadi apa yang orang lain harapkan dari Anda.

Jika Anda memulihkan diri secara sosial dengan duduk dalam kegelapan mendengarkan musik country, maka tulislah itu. Jangan menulis "pergi ke pesta" karena itu bukan perawatan diri. Perawatan diri adalah apa yang membuat diri sejati Anda merasa lebih baik.

Semakin banyak pilihan yang Anda miliki, semakin besar peluang yang Anda miliki ketika Anda merasa membutuhkan perawatan diri karena satu hal dapat menarik perhatian Anda. Pastikan Anda memiliki tujuan, jadi jika Anda menderita kelelahan keputusan, ada satu yang dapat Anda pilih tanpa harus memilih.

2. Jadikan Itu Dapat Dikelola

Jenis hal yang perlu Anda lakukan untuk perawatan diri harus kecil dan mudah diatur sehingga tidak terasa seperti tugas yang harus dilakukan. Anda perlu membuat aktivitas sedapat mungkin diakses sehingga Anda tidak dapat menunda-nundanya (seperti yang telah Anda lakukan).

Pastikan semua hal yang Anda lakukan untuk membuat diri Anda merasa lebih baik, terhubung dengan diri sendiri, dan membantu Anda merasa beristirahat dan segar adalah nugget kecil.

Dalam daftar Anda, Anda dapat memiliki dua daftar: perawatan diri yang lebih mendalam untuk hari perawatan diri ketika Anda akhirnya mengukir waktu dalam jadwal Anda untuk satu dan daftar yang lebih pendek dengan kegiatan yang berdurasi lima hingga sepuluh menit.

Misalnya, jika Anda lelah secara emosional dan Anda tidak dapat berjalan-jalan, siapkan daftar permintaan jurnal atau berjalan-jalan di sekitar blok (atau taman, keluar saja).

Bersiaplah untuk terlalu lelah untuk mengurus diri sendiri adalah cara terbaik. Anda hanya perlu memulai momentum, dan kemudian kenikmatan akan membawa Anda melewati sisa perjalanan. Rintangan tersulit adalah memulai.

3. Memasukkannya ke dalam Rutinitas Anda dan Jadwalkan

Tingkat berikutnya adalah serangan pencegahan, memasukkan perawatan diri ke dalam rutinitas Anda setiap hari sehingga Anda bahkan tidak perlu memikirkannya. Ini bisa berupa hal-hal seperti melakukan yoga sambil menonton TV di malam hari sebagai waktu senggang Anda, atau bersosialisasi sambil menyiapkan makan malam.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan kebiasaan-kebiasaan kecil ke dalam rutinitas harian Anda yang sudah ada sebelumnya. Jangan menambahkannya. Sesuaikan agar tidak terlalu banyak perubahan sekaligus.

Contoh sederhananya adalah ketika Anda membuat kopi di pagi hari, jangan buka media sosial atau bekerja. Habiskan waktu di luar layar sambil istirahat mental dengan mendengarkan podcast yang menarik minat Anda.

Setelah Anda memiliki rutinitas kecil, kita dapat menjadwalkan perawatan diri ke dalam buku harian Anda. Jika itu adalah setengah hari libur untuk pergi ke retret meditasi atau sehari untuk sekadar membaca novel roman, jadwalkan itu. Luangkan waktu. Anda tidak akan pernah memiliki waktu luang untuk melakukan perawatan diri. Anda belum, jadi apa yang membuat Anda berpikir itu akan berubah?

Ingat, kegilaan adalah melakukan hal yang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda. Anda harus menjadwalkan dan mengukir waktu untuk diri sendiri. Membuat rencana. Berpegang teguh pada mereka dan tanpa kompromi ketika sesuatu muncul untuk menarik Anda kembali bekerja. Anda juga penting.

4. Otomatiskan Hidup Anda

Anda perlu mengurus diri sendiri tetapi Anda tidak punya waktu? Tidak masalah—otomatiskan hidup Anda.

Apa yang Anda lakukan dalam hidup Anda yang tidak ada gunanya? Sesuatu yang tidak penting untuk tujuan atau hidup Anda? Selalu ada hal-hal aneh yang kita lakukan yang menghabiskan banyak waktu, tetapi itu tidak harus dilakukan. Cari tahu untuk apa Anda membakar waktu dan mengotomatiskannya atau membuangnya.

Jika Anda tidak perlu melakukannya, batalkan janji temu, pecat klien yang tidak menguntungkan yang menghabiskan waktu itu, hentikan semua waktu luang Anda secara sukarela alih-alih mengurus diri sendiri. Dan sekarang Anda memiliki semua waktu baru dan luang ini, Anda dapat menambahkan lebih banyak perawatan diri atau mengambil hari perawatan diri.

Otomatiskan sebanyak mungkin bidang kehidupan Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menghindari kelelahan. Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti merencanakan makanan dan menulis daftar belanja berminggu-minggu sebelumnya, mengatur pengingat, atau beralih ke faktur online saja untuk menghindari kantor pos.

Semakin sedikit pilihan yang harus Anda buat, semakin sedikit hal menjengkelkan yang harus Anda lakukan, dan semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk perawatan diri. Jika itu mengganggu Anda, otomatiskan.

5. Alihkan Stres Anda

Sebagai seorang pengusaha, Anda memakai banyak topi. Anda bukan hanya CEO tetapi Anda juga sering menjadi pakar pemasaran, manajer media sosial, akuntan, rekanan penjualan, duta merek, dan administrator. Sangat umum untuk terjebak dalam melakukan semua ini, tetapi Anda tidak harus melakukannya.

Jika ada tugas yang Anda miliki yang menyebabkan Anda stres tanpa akhir—Anda tahu apa yang saya maksud, tugas yang Anda tunda dan takuti—alihdayakan. Pekerjakan seseorang paruh waktu untuk melakukan bagian bisnis Anda yang tidak Anda sukai. Ini membebaskan lebih banyak waktu untuk fokus pada bagian bisnis yang Anda kuasai, dan membebaskan banyak ruang mental dan emosional di kepala Anda.

Ini adalah bentuk perawatan diri, membuat hidup Anda sesederhana dan bebas stres mungkin. Ketika Anda mendaki gunung, Anda seharusnya menikmati perjalanan, bukan mengambil batu-batu besar yang berat untuk dibawa ke puncak gunung. Jatuhkan batu-batu besar, biarkan seseorang yang merupakan pemegang batu profesional membawanya untuk Anda.

Ini bisa berlaku untuk kehidupan pribadi Anda juga, jangan takut untuk meminta bantuan. Delegasikan beberapa tugas hidup Anda kepada orang-orang dalam hidup Anda sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus diri sendiri. Anda tidak harus melakukan semuanya sendirian.

6. Batas

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebagai wirausahawan adalah menetapkan dan menegakkan batasan. Menetapkan batasan adalah bentuk perawatan diri, dan Anda perlu menetapkan batasan untuk semua bidang kehidupan Anda.

•    Batasan kerja ketika Anda bisa dan tidak bisa bekerja
•    Batasan sosial untuk siapa Anda menghabiskan waktu dan untuk berapa lama sehingga Anda tidak terlalu memaksakan diri
•    Batasan fisik seperti over atau under training sehingga Anda tidak melelahkan diri sendiri

Anda perlu menetapkan batasan untuk memastikan Anda menjaga diri sendiri. Waktu Anda penting dan—seperti yang saya yakin Anda sadari—terbatas dengan jumlah hal yang harus Anda lakukan, pikirkan, dan di atas semua itu, jaga kesehatan mental Anda.

Gambarkan batasan yang kuat tentang apa yang Anda inginkan, dan tegakkan.

7. Lakukan

Ini adalah yang paling penting dari semuanya. Perencanaan semuanya baik dan bagus, tetapi Anda perlu melakukan pekerjaan untuk memasukkan perawatan diri ke dalam hidup Anda.

Tidak harus besar dan dramatis. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti meluangkan waktu lima menit sehari untuk bermeditasi selama jeda iklan atau membaca satu bab sehari dari buku pola pikir positif. Pastikan saja setiap hari, lakukan satu hal untuk menjaga diri sendiri, buat pengingat, lalu lakukan. Mulailah menjelajahi semua cara agar Anda dapat menyelinap menjaga diri sendiri ke dalam rutinitas Anda hingga Anda bahkan tidak menyadari bahwa Anda melakukannya.

Pikiran Akhir

Kita adalah manusia, kita akan menunda-nunda perawatan diri, terutama dalam masyarakat kita yang hiper-produktif yang berkembang lebih cepat daripada yang bisa kita pertahankan. Kuncinya adalah bermain dalam penundaan Anda, membuatnya mudah dan dapat diakses, dan mulai saja. Satu langkah kecil pada satu waktu, begitu momentum mulai terbentuk, perawatan diri menjadi lebih mudah.

Saya harap Anda mengambil setengah hari untuk mengkalibrasi ulang hidup Anda. Otomatiskan tugas yang mengganggu, alihkan pekerjaan untuk meluangkan waktu, dan buat rencana serta daftar untuk memerangi penundaan Anda. Yang diperlukan hanyalah satu jam dari waktu Anda, dan Anda dapat membebaskan begitu banyak waktu dan energi mental untuk fokus melakukan yang terbaik jika Anda memprioritaskan diri sendiri.

Anda adalah aset terpenting dalam bisnis Anda. Anda harus menjaga diri Anda dalam kondisi prima. Perawatan diri adalah cara untuk melakukan itu. Cari tahu jenis perawatan diri yang Anda butuhkan, dan nikmati serta terapkan dalam hidup Anda.

Anda akan selalu sibuk dan jika Anda tidak menjaga diri sendiri, Anda akan selalu kelelahan dan sengsara. Anda penting. Anda penting. Jaga diri Anda.

***
Solo, Minggu, 22 Mei 2022. 10:05 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler