Bijak Mewujudkan Mimpi Punya Rumah atau Apartemen Sendiri - Urban - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 24 Mei 2022 13:32 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Bijak Mewujudkan Mimpi Punya Rumah atau Apartemen Sendiri

    Menabung memang menjadi jawabannya, namun tentu saja bukan menabung yang biasa-biasa saja.

    Dibaca : 1.129 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Memiliki rumah atau apartemen sendiri menjadi dambaan banyak anak muda dan pasangan muda saat ini. Apalagi yang sudah menyandang status pasangan muda baru menikah, memiliki rumah atau apartemen sendiri jadi impian karena tak semua pasangan muda bisa memilikinya sehingga memutuskan untuk ngontrak rumah atau sewa apartemen.

    Memiliki rumah atau apartemen sendiri memang bukan perkara sepele karena harganya juga tidak murah. Selain mungkin karena keterbatasan dana, faktor kenaikan harga properti yang jauh di atas inflasi mengakibatkan mimpi yang satu ini butuh waktu untuk mewujudkannya.

    Harga properti memang tidak murah. Saat kondisi ekonomi sedang lesu sekali pun, nyatanya harga properti juga nggak murah. Bisa dikata tiap tahun harga properti pasti naik.

    Kenaikannya pun tidak tanggung-tanggung di angka 15-35% per tahun. Kenaikan ini tentu saja jauh di atas inflasi. Kenyataan inilah yang membuat keinginan memiliki rumah atau apartemen sendiri masih sebatas angan-angan.

    Apalagi buat mereka yang memiliki penghasilan atau gaji bulanan terbatas atau pas-pasan, tentu butuh jangka waktu yang lebih lama untuk mewujudkannya. Pun untuk bayar DP KPR sekali pun, tentu butuh waktu.

    Apa mau dikata, harga properti memang kenaikannya gila-gilaan. Penyebabnya yakni keterbatasan ketersediaan tanah yang bertautan langsung dengan dengan permintaan akan hunian yang meningkat drastis seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Di sinilah hukum permintaan dan penawaran dalam mekanisme pasar terjadi.

    Nah, dihadapkan pada tingginya harga properti, anak muda atau pasangan muda tentu perlu merencanakan dengan cermat keinginan mewujudkan mimpi tersebut. Menabung memang menjadi jawabannya, namun tentu saja bukan menabung yang biasa-biasa saja.

    Duit yang disisihkan dari penghasilan bulanan atau gaji bulanan khusus untuk beli rumah atau apartemen tentu tak boleh diparkirkan begitu saja. Saat ini sudah ada cara menabung cara baru yang berpotensi memberikan cuan lebih dari sekadar tabungan konvensional atau deposito sekalipun. Cara melakukannya pun mudah karena sudah serba online berbasis aplikasi.

    Cara menabung gaya baru tersebut adalah menabung atau investasi reksa dana. Reksa dana adalah pilihan bijak supaya nilai uang di masa depan tidak tergerus inflasi.

    Cuan reksa dana mampu menaklukkan inflasi karena returnnya di atas bunga tabungan konvensional dan deposito. Reksa dana menawarkan potensi return (imbal hasil) di atas tabungan konvensional dan deposito sehingga efektif untuk mengembangkan uang untuk rumah atau apartemen idaman.

    Ada 4 jenis reksa dana yang bisa dipilih yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Dalam praktiknya pun, investasi reksa dana sudah gampang alias nggak serumit kayak di masa lalu.

    Menabung atau investasi reksa dana sudah berbasis aplikasi, semisal di supermarket reksa dana terbesar di Indonesia bernama IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas. IPOTFund yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT menjajakan 249 produk reksa dana dari 43 Manajer Investasi (MI). Berbeda dengan APERD lainnya, IPOTFund juga menjajakan sebanyak 28 ETF yang bisa jadi preferensi nasabah.

    Dihadapkan pada beragam jenis reksa dana ini, investor tidak perlu pusing dalam memilih karena di IPOTFund sudah tersedia 2 fitur unggulan yang cocok untuk investor yakni fitur IPOTFund Evaluator yang memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik dan fitur Analisis Performa yang membantu nasabah untuk membandingkan performa antar reksa dana dan instrumen investasi lainnya dengan benar dan akurat.

    Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.