Manfaat Sastra yang Jarang Disadari Para Penggemar Karya Sastra. - Analisis - www.indonesiana.id
x

Sumber Foto: Pexels/ Buku

Rachel Camila Rachim

Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Bergabung Sejak: 24 Mei 2022

Selasa, 24 Mei 2022 19:08 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Manfaat Sastra yang Jarang Disadari Para Penggemar Karya Sastra.

    Banyak yang beranggapan bahwa sastra sama sekali tidak berfaedah bagi kehidupan dan hanya membuang waktu saja mengetahui hal-hal yang berbau sastra. Apakah benar begitu? Bagaimana dengan manfaat-manfaat sastra yang selama ini secara tidak sadar sudah kita rasakan? Bagaimana dengan berbagai bacaan yang sudah kita baca, apakah itu tidak ada faedahnya bagi kita? Benarkah seperti itu? Pada artikel berikut ini, penulis akan mengulas lebih lanjut fungsi dan manfaat sastra, khususnya bagi para pembaca karya sastra itu sendiri.

    Dibaca : 1.121 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sebelum masuk pada pembahasannya, akan ada penjelasan secara ringkas tentang apa itu sastra? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sastra adalah bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari). Menurut Sapardi, sastra adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sedangkan Menurut pendapat dari Robert Scholes, sastra sangatlah singkat, yaitu sebuah kata, bukan merupakan benda. Secara sederhana, sastra adalah bahasa. Bahasa adalah segala hal yang merujuk pada kata kata, gaya bahasa, dan banyak hal lain yang bersangkutan dengan kebahasaan. Sastra yang biasa kita kenal adalah sastra yang berkaitan dengan prosa, puisi, pantun, dan drama.

    Karya sastra yang sedang tren dizaman sekarang adalah novel dan karya tulis berbentuk wattpad ataupun alternative universe yang banyak tersebar di ranah Twitter. Banyak orang yang tertarik membaca dan memahami cerita-cerita yang mereka baca, bahkan ada yang menjadi terbiasa membacanya. Tetapi sebagian dari mereka tidak tahu kalau kebiasaan membaca itu termasuk manfaat sastra. Maka dari itu, disini penulis akan memaparkan manfaat sastra yang mudah dipahami dan mudah diingat oleh para pembaca.

    1. Sastra dapat menjadikan manusia memahami budaya baru                                                          

    Manfaat pertama biasa ditemukan pada pantun dan novel. Beberapa pantun yang menggunakan bahasa setempat dan menyebutkan kebiasaan suatu daerah yang disambung-sambungkan di setiap baitnya. Dengan begitu pembaca dan pendengar pantun tersebut dapat memahami suatu hal baru yaitu budaya yang disebutkan dalam pantun tersebut. Sama hal-nya dengan novel. Beberapa novel contohnya novel series Tere Liye “Si Anak Mamak”. Di dalam novel tersebut sering disebutkan kebiasaan dan budaya-budaya sekitar Sumatera Barat, tepatnya di Bukit Tinggi. Beberapa pembaca karya sastra bisa jadi tidak sadar kalau mereka memahami beberapa hal tentang kebudayaan yang di sebut-sebut dalam pantun ataupun novel tersebut. Jika pembaca membaca dan memahaminya, maka mereka telah mendapatkan satu dari manfaat karya sastra tersebut.

    2. Sastra dapat menjadikan manusia santun berbahasa                                                             

    Setiap karya sastra tentu memiliki bahasa yang baik, tidak ada karya sastra yang menuliskan hal buruk dan tidak senonoh. Bahkan, banyak karya sastra seperti novel yang membicarakan tentang bagaimana menjadi manusia yang santun dalam berperilaku dan berbahasa. Maka dari itu, pembaca yang mencintai karya sastra juga akan menjadi manusia yang santun, dan itu juga biasanya tanpa sadar akan menjadi kebiasaan baru. Dan kebiasaan baru tersebut merupakan salah satu manfaat karya sastra.

    3. Sastra dapat menjadikan manusia gemar membaca                                                               

    Seperti yang telah diketahui banyak orang, sastra terdiri dari puisi, prosa, cerpen, novel, dan lain sebagainya. Bagi penggemar karya sastra, tentu manfaat yang satu ini sangat terasa. Karena dengan seringnya penggemar karya sastra membaca, maka tanpa disadari pula, mereka menjadi terbiasa dan mulai gemar membaca. Banyak juga dari mereka yang awalnya hanya coba-coba membaca suatu karya sastra, lalu merasa cocok dengan karya tersebut, pada akhirnya coba-coba mereka berubah menjadi kegemaran yang tetap terhadap karya sastra tersebut.

    4. Sastra menghadirkan pengetahuan baru bagi manusia                                                             

    Lebih tepatnya bagi para penggemar sastra. ilmu pengetahuan datang dari mana saja, bahkan apabila  sekadar mendengar percakapan orang lain yang menurut kita hal tersebut belum pernah kita ketahui, maka itu masuk kedalam ilmu pengetahuan baru yang kita peroleh, hanya dari sebuah percakapan orang lain. Sama hal-nya dengan pengetahuan yang didapat para penggemar karya sastra pada suatu karya tertentu. Pengetahuan tersebut akan hadir dan diperoleh dalam bentuk pemahaman-pemahaman yang belum pernah diketahui dan masih terdengar asing di telinga. Setelah membaca  sebuah sastra, maka secara sadar maupun tidak,  penggemar karya sastra sudah mendapatkan manfaat sastra yang keempat ini. 

    5. Sastra dapat menjadikan manusia berkarakter           

    Sastra sebagai cerminan keadaan sosial budaya bangsa dapat diwariskan kepada generasi muda. Selain mengandung keindahan, sastra memiliki nilai manfaat bagi pembaca. Dengan demikian, penyebab karakter manusia dapat berkembang, salah satunya melalui sastra. Bacaan pada karya sastra dapat menjadikan pembaca berkarakter.

    Dapat disimpulkan dari kelima manfaat sastra diatas, sastra sangat bermanfaat bagi manusia, terlebih bagi penggemar karya sastra. Tidak heran jika  kita sering melihat orang-orang yang membaca suatu buku ditengah keramaian, membaca suatu karya sastra dengan penuh perasaan. Karena itulah manfaat-manfaat yang secara tidak langsung sudah tertanam pada penggemar karya sastra. Sastra memberi banyak manfaat bagi para penggemarnya, agar penggemar tidak merasa sia-sia, dan semakin mencintai karya sastra.

    Ikuti tulisan menarik Rachel Camila Rachim lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.