x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 25 Mei 2022 10:03 WIB

Untuk Apa Pengen Jadi Orang Besar Tapi Sebatas Omongan?

Banyak orang ingin jadi orang besar tapi sebatas di media sosial. Lupa ya, cukup kerjakan saja yang kecil asa bermanfaat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kata kawan saya, zaman begini banyak orang pengen jadi orang besar. Besar yang diartikan sukses, kaya atau hal yang hebat-hebat lainnya. Ya, tentu sah-sah saja. Dan siapa sih yang gak pengen jadi orang besar? Bila besar kayak begitu definisinya.

 

Besar itu ukuran. Berarti tidak kecil. Cuma Rp pertanyaannya, apa ada hal yang besar tanpa dimulai dari yang kecil? Untuk apa besar bila sebatas niat atau pikiran. Tapi tidak diimbangi perbuatan. Lupa ya kawan, besar itu tercipta dari hal-hal kecil yang yang dikumpulkan terus-menerus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Hati-hati, banyak orang pengen jadi orang besar sebatas di media sosial. Besar karena ingin pujian. Biar dibilang begini-begitu. Besar di mimpi bukan dunia nyata. Karena besar hanya omongan, bukan tindakan.

 

Lupa ya, semua orang besar itu memulai dari hal kecil. Apa pun dilakukan rutin lalu dievaluasi. Apa kurang dan lebihnya. Semua orang besar yang saya tahu, pasti mau belajar dan konsisten dalam melakukan sesuatu. Bukan angin-anginan atau tergantung mood. Orang besar pun berani jadikan kesalahan sebagai hikmah. Dan yang terpenting, orang besar itu selalu bertindak, berdoa dan bersyukur.

 

Kata adagium “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Maka lakukan saja yang kecil-kecil pada akhirnya pun akan besar. Seperti TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor pun begitu. Awalnya hanya ada 14 anak, kini lebih dari 100 anak pembaca aktif. Dulu hanya menjalankan program taman bacaan. Kini ada 14 program literasi, seperti: berantas buta aksara, kelas prasekolah, anak difabel, yatim binaan, jompo binaan, koperasi, dan motor baca keliling. Semuanya dimulai dari yang kecil dan sederhana kok

 

Jadi gak usah pengen jadi orang besar. Cukup yang kecil-kecil saja tapi bermanfaat dan berkelanjutan. Lakukan apa saja yang baik dengan istiqomah. Mulailah kerjakan yang baik hingga tuntas. Jangan cuma memulai tapi tidak pernah mengakhiri. Belum sampai tujuan sudah berhenti. Buang-buang waktu.

 

Maka apa pun dan siapa pun. Cukup kerjakan yang baik dengan sepenuh hati. Selebihnya biarkan Allah SWT yang menentukan. Mulai saja dari yang kecil-kecil tapi bermanfaat. Daripada besar di pikiran dan omongan tapi tidak pernah dilakukan. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB