x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 25 Mei 2022 12:53 WIB

Strategi Membangun Budaya Literasi pada Generasi Alfa, Apa yang Dilakukan?

Budaya literasi sangat penting. Lalu bagaimana membangun budaya literasi pada generasi alfa di tengah gempuran era digital?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai upaya untuk meningktakan budaya literasi generasi alfa dan masyarakat, UPT Perpustakaan UI hari ini menggelar webinar nasional bertajuk "Strategi Membangun Budaya Literasi pada Generasi Alfa" (25/05/2022). Kegiatan literasi ini dibuka oleh Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc. (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI) dan Mariyah, S.Sos., M.Hum. (Kepala Perpustakaan UI).

 

Dihadiri oleh 430 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan dimoderatori Maulidya Istiqfani A. (Pustakawan FKM UI), webinar digelar untuk membangun budaya literasi pada generasi alfa melalui layanan perpustakaan atau taman bacaan. Karena itu, wawasan pustakawan dan pegiat literasi perlu dioptimalkan agar dapat menarik generasi alfa yang kental dengan gaya hidup digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Gol A Gong (Duta Baca Indonesia) sebagai Narasumber ke-1 mengangkat fenomena sosial terkait budaya literasi di kalangan masyarakat Indonesia khususnya remaja, di samping berbagi pengalaman menjadi aktivis literasi hingga menjadi Duta Baca Indonesia, termasukd alam mengelola TBM Rumah Dunia.  

 

Sementara Narasumber ke-2, Syarifudin Yunus (Pendiri TBM Lentera Pustaka) memaparkan best practice atau praktik baik tata kelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) agar menjadi tempat yang asyik dan menyenangkan, bukan hanya tempat membaca buku. Dengan car aitu, taman bacaan dapat menumbuh-kembangkan minat baca anak-anak dan taman bacaan. Karena itu, solusi taman bacaan adalah 1) punya kinerja dengan aktif berkegiatan, 2) selalu promosi aktivitas literasi, dan 3) berani kolaboras dengan berbagai pihak.

 

Narasumber ke-3, David Judha Siagian, S.Hum (Pustakawan Perpustakaan Sekolah Binus School Semarang) menegaskan realitas budaya literasi di perpustakaan sekolah pada generasi Alfa dan upaya untuk mengembangkan layanan perpustakaan berbasis budaya literasi. Agar menjadi lebih menarik dan konsisten.

 

Kurniawati Yuli Pratiwi, S.Hum (Pustakawan UI) sebagai narasumber ke-4 memberikan tips akan pentingnya penyesuaian buku bacaan dengan minat anak. Agar aktivitas literasi menjadi lebih masif dan memberi nilai tambah kepada generasi alfa.

   

Webinar nasional literasi ini diikuti oleh masyarakat umum dan generasi alfa, pengelola perpustakaan sekolah, pengelola Taman Bacaan Masyarakat, pustakawan, dosen, dan mahasiswa. Ke depan, harapannya penyadaran generasi alfa dan masyarakat akan pentingnya budaya literasi menjadi lebih meningkat dan lebih konkret. Salam literasi.

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB