Terima Kasih U-19, Gasak Ghana U-20 Hibur Indonesia, Jangan Jumawa - Analisis - www.indonesiana.id
x

Timnas U-19 di Korea Selatan. Foto: PSSI

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 3 Juni 2022 08:53 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Terima Kasih U-19, Gasak Ghana U-20 Hibur Indonesia, Jangan Jumawa

    Terpenting, saat meladeni Meksiko, anak-anak kembali tampil percaya diri, berani, dan cerdas TIPS lagi. Dan ingat, Tim ini dipersiapkan untuk cikal bakal Timnas U-20. Ikut Toulon Cap 2022, bukan ajang jalan-jalan, pariwisata. Sebelum berangkat, PSSI memberi target agar bayangan Timnas U-20 ini lolos fase Grup. Ayo, bikin publik sepak bola nasional tak frustasi lagi. Tetapi tetap rendah hati. Tidak jemawa. Bikin bangga Indonesia.

    Dibaca : 599 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Terima kasih penggawa Garuda, cikal bakal Timnas Indonesia U-20, malam ini kalian menghibur publik sepak bola nasional yang sempat frustasi atas penampilan kalian di laga perdana dan penampilan Timnas Senior yang ditahan imbang oleh Bangladesh dalam FIFA Matchday.

    Sebelum laga, saya sudah menulis, meski yang dihadapi tim sekelas Ghana U-20, bila pelatih dan pemain sama-sama cerdas TIPS, Ghana pun tentu bisa dikalahkan!

    Ternyata, dengan pelatih menurunkan pemain dengan komposisi yang dianggap terbaik sebagai starter, berdasarkan 22 pemain yang dibawa ke Prancis, para pemain pun menjawab dengan tanggungjawab, hingga dalam laga tersebut, saya berikan nilai rapor TIPS rata-rata minimal 70. Naik signifikan dari laga pertama saat ditekuk Venezuela.

    Walau pun tetap kalah dominan dari pasukan muda Ghana U-20. Dengan permainan yang cerdas, penggawa Garuda U-19 mampu memetik kemenangan di laga kedua Toulon Cup 2022. Kemenangan 1-0 ini pun, mengubur mimpi Ghana U-20 untuk lolos dari fase Grup.

    Psywar calon lawan Piala Dunia U-20

    Kendati hanya laga dalam sebuah turnamen tak resmi, namun Duel Ghana vs Indonesia di laga kedua Grup B Toulon Cup 2022 digelar di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Kamis (2/6/2022), tentu menjadi perhatian dunia. Apalagi, pada laga ini, Ghana U-20 mampu ditaklukkan oleh Timnas Indonesia U-19, yang merupakan cikal bakal Timnas U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia.

    Karenanya, kemenangan atas Ghana, menjadi psywar (Psychological Warfare) atau biasa disebut perang urat syaraf bagi para calon peserta Piala Dunia U-20 tahun 2023 di Indonesia.

    Terlebih, sudah saya sebut, catatan matematis atau statistik yang lebih baik dari sebuah tim, kadang tak signifikan dengan hasil akhir laga. Sesuai catatan statistik dalam laga tersebut, pasukan Garuda Muda hanya dapat melepaskan 6 tembakan, sementara Ghana mampu melepas 25 tembakan dan dominan menguasai laga. Namun, kemenangan berpihak kepada Indonesia.

    Dengan kemenangan ini, Indonesia mengumpulkan tiga poin, menempati peringkat ketiga klasemen Grup B Toulon Cup 2022.

    Bila saat menghadapi Meksiko di pertandingan ketiga pada Minggu (5/6/2022), pasukan Garuda Muda minimal mampu menahan imbang atau bahkan mampu mencuri kemenangan, maka akan menjadi tambahan psywar lagi.

    Terpenting, saat meladeni Meksiko, anak-anak kembali tampil percaya diri, berani, dan cerdas TIPS lagi. Dan ingat, Tim ini dipersiapkan untuk cikal bakal Timnas U-20. Ikut Toulon Cap 2022, bukan ajang jalan-jalan, pariwisata. Sebelum berangkat, PSSI memberi target agar bayangan Timnas U-20 ini lolos fase Grup.

    Ayo, bikin publik sepak bola nasional tak frustasi lagi. Tetapi tetap rendah hati. Tidak jemawa. Bikin bangga Indonesia.

    Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.