x

Merdeka Belajar Cooperatif Learning 2, Sumber: Dokumentasi Pribadi Taufik Hidayat, S.Pd, M.Si

Iklan

Anita Rakhmi Shintasari

Guru BK SMPN 22 Semarang-Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Desember 2021

Sabtu, 4 Juni 2022 20:15 WIB

Pentingnya Refleksi dalam Proses Belajar

Belajar tanpa refleksi itu sia-sia, Refleksi tanpa belajar itu berbahaya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengikuti kegiatan lokakarya yang ke 5 menjadi momentum yang cukup berharga bagi saya setelah hampir 7 bulan berproses belajar di pendidikan guru penggerak. Tema lokakarya kali ini adalah fokus pada refleksi kompetensi calon guru penggerak. Dari Pengajar Praktik, pada saat pendampingan individu ke 4 kami sudah mendapat lembar refleksi yang harus kami bawa pada saat lokakarya. 

Ada setidaknya empat kompetensi, yaitu mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin pengembangan sekolah dan memimpin manajemen sekolah. Banyak bentuk kompetensi yang ditanyakan sudah berkembang atau mulai berkembang atau belum dilakukan. 

Disini kami benar-benar belajar untuk berani jujur pada diri sendiri, melihat ke dalam diri masing-masing, apakah selama proses belajar ada perkembangan kearah kemajuan atau justru sebaliknya. Jika maju, apa yang mendorong dan memotivasi. Dan jika mundur atau jalan ditempat, apa penghambatnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Refleksi semacam ini menjadikan kami belajar untuk lebih cermat dalam mengamati setiap proses yang kami jalani dalam belajar sehingga dapat menemukan berbagai kendala yang mungkin menjadi penghambat kemajuan belajar kami. Disamping itu kami juga akan lebih mudah menemukan berbagai faktor pendukung yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar kami.

Dengan lokakarya ini semakin berkembang pengetahuan dan keterampilan kami khususnya dalam hal memetakan kemampuan diri sehingga dapat berusaha lebih baik lagi untuk meningkatkan kualitas hasil belajar kami agar dapat membawa kebermanfaatan bagi diri dan lingkungan sekolah kami masing-masing. Semangat merdeka belajar, terus menginspirasi untuk kemajuan negeri.

Ikuti tulisan menarik Anita Rakhmi Shintasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB