Taman Bacaan Kuliahkan Anak Yatim, Buktikan Komitmen Sosial - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 5 Juni 2022 08:21 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Taman Bacaan Kuliahkan Anak Yatim, Buktikan Komitmen Sosial

    Taman bacaan di kaki Gunung Salak kuliahkan anak yatim sebagai wujud komitmen sosial sekaligus mengahdirkan senyum masa depan anak yatim

    Dibaca : 833 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dia adalah anak yatim binaan TBM Lentera Pustaka dan sudah setahun ini menjadi anak asuh saya agar tetap sekolah. Saya tahu dia rajin membaca buku di taman bacaan, Hampir tidak pernah absen. Bahkan ibunya pun selalu mengantar dan ikut membaca buku.  

     

    Tahun 2022 ini, dia lulus SMK. Tadinya berniat kerja, mungkin niatnya untuk bisa bantu-bantu ibunya. Tapi akhirnya dia memberi tahu pengen kuliah. “Tapi gak tahu Pak, gimana buat biayanya?” ujar ibunya saat ketemu saya. Sambil memperlihatkan brosur tempat kuliah di Bogor.

    Anak yatim yang berniat kuliah. Tentu, patut dihargai dan dibantu sebisanya. Maka mulai hari ini, saya katakan pada dia. “Insya Allah, Bapak akan bantu dan buayai 50% uang semesteran selama kuliah ya” niat saya. Alahmdulillah, hari ini sudah saya tuntaskan pembayaran uang pangkal dan 50% uang semesteran akan saya berikan setiap bulan. Bismillah.

     

    Rencananya, dia akan mengambil jurusan Akuntansi Bisnis doi STIE Gici Business School di Bogor. Dia jadi anak yatim ke-2 yang saya kuliahkan. Untuk meraih ciita-citanya dan mampu mengangkat derajat orang tuanya. Di TBM Lentera Pustaka sendiri, ada 2 anak yatim SD dan SMP yang dibeasiswai oleh kawan saya. Selain jadi tempat membaca buku anak-anak usia sekolah, beasiswa anak-anak yatim pun menjadi kiprah sosial yang senantiasa dipelihara di TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor.

     

    Kenapa anak yatim? Sirah Nabawiyah telah mengajarkan kita untuk memuliakan anak-anak yatim. Termasuk untuk pendidikan mereka. Agar tetap tersenyum dan memiliki harapan sekalipun ayah-nya sudah tidak ada. Alhamdulillah, satu ajaran dan praktik baik yang sudah saya terapkan puluhan tahun. Tetap peduli dan perhatian pada anak-anak yatim.

     

    Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Allah akan memberikan pertolongan kepada hambaNya, selama hamba tersebut selalu menolong saudaranya.” (HR Muslim). Maka jangan lupakan anak-anak yatim di dekat kita, salam literasi. #AnakYatimBinaan #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.