Perbedaan Pendidikan di Indonesia dengan Amerika Serikat - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Silmi Rezeki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Juni 2022

Rabu, 8 Juni 2022 12:35 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Perbedaan Pendidikan di Indonesia dengan Amerika Serikat

    Perbedaan Pendidikan di Indonesia denga Amerika sangat-sangat jauh berbeda yang mana di Indonesia memang belum bisa memuaskan semua pihak dalam berbagai upaya, di Indonesia seakan ada tekanan sedangkan di AS siswa belajar dengan cara yang menyenangkan dan tidak ada tekanan.

    Dibaca : 847 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jika  kita berhijrah dari negara kita ke negara asing ya sudah tentu kita mengalami banyak sekali perbedaan dan perubahan yang sangat drastis pada diri kita pribadi.                                          Nah kini perubahan dan perbedaan itulah yang akan menimbulkan shock therapy yang mesti kita arungi jika berada di suatu tempat yang baru bagi kita. So perbedaan-perbedaan ini sangat terasa di dalam area sosial pada umumnya di area sosial sekolah atau di perkuliahan. Nah sekarang jadi ingin tahukan seperti apa ya perbedaan-perbedaannya?

    So berikut perbedaan antara kehidupan pendidkan di indonesia dan amerika 

    Yang membedakan pendidkan di Indonesia dan Amerika

    Peraturan Baris Berbaris & Pledge of Allegiance                                                                 

    Di Indonesia, ya sudah terbiasa dengan adanya kegiatan upacara. sejak usia dini, kita sudah di didik dan di ajarkan pentunjuk  aba-aba dari Peraturan Baris Berbaris  (PBB)  yang sudah biasa di lakukan oleh pasukan tentara. Ini adalah satu bentuk mendudukan nilai patriotisme pada siswa-siswi Indonesia dari usia dini.

    Tapi jika anda mengetahui bahwa seorang Amerika Serikat bahwasanya siswa-siswi di Indonesia berlatih dril commands tentu saja meraka terkejut. Kenapa? Di Amerika PBB tidak diajarkan di sekolah bagaimana di ajarkanya di Indonesia. Masyarakat akan mempertanyakan apa guna mempelajari PBB.  Jika di Indonesia melaksanakan PBB pada pagi hari sebelum kegiatan belajar, siswa-siswi di AS melaksanakan pledge of allegiance. Mereka mengucapkan sebuah pernyatan kepatuhan semasih meghadap kepada bendera AS .

    Pernyataan tersebut berbunyi yaitu:                                                                                                    i pledge allegiance to the flag of the United States of America And to the repblic, for which it stands.One nation , under God, indivisible, With leberty and justice for all                                          

    Pelajaran Agama                                                                                                                                   Agama merupakan sesuatu hal yang sangat dijunjungi di Indonesia. So, nilai-nilai agama sudah ditanamkan sejak usia dini di sekolah-sekolah. Di Indonesia biasanya ada mata pelajarang agama setiap seminggu sekali di kelas. Sangat beda dengan AS, agama dianggap sebagai suatu hal yang sangat personal individu, oleh karena itu secara umumnya agama bagi mereka tidak dibahas ke semua orang bahkan di sekolah juga. Keluarga lah yang mengajarkan nilai-nilai agama.

    Zoned School                                                                                                                                      Di Indonesia bisa masuk ke sekolah negeri calon siswa harus mengikuti tes masuk atau pun disaring melalui nilai rapornya. Tapi di New York ada sistem yang bernama Zoned Schools. Di  dalam sistem ini suatu sekolah diharuskan menerima siswa yang lokasi rumahnya tidak jauh dari sekolah.

    Biaya Pendidikan                                                                                                                                Suatu yang sangat penting bagi kita yaitu dalam pendidikan yaitu merupakan faktor administrasi. di Indonesia, sekolah negeri mempunyai biaya pendidikan yang sangat murah jika kita membandingkan dengan sekolah-sekolah swasta. Well, untuk jenjang tertentu memang sudah digratiskan. Di AS sekolah negeri di bebaskan biaya. pendidikan di AS sudah dipersiapkan secara free tapi pembayaran kuliah mesti bayar dengan duit sendiri.   

    Ujian Sekolah dan Ujian Nasional                                                                                                      Siswa-Siswi di Indonesia sudah tentu lelah dengan ujian kayak ujian nasional UTS, UAS. Tapi karena karateristik pemerintahan AS yang terdesentralisir, mereka tidak mempunyai pendidikan nasional, sehingga tidak mempunyai UN. Sekolah negeri di AS mempunyai 3 ujian standar dan 2 dari 3 ujian tersebut tidak mempengaruhi kelulusan siswa/siswi.

    Ujian (NAEP) hanya digunakan untuk kemampuan belajar murid dalam suatu daerah saja. Sedangkan state achievement test hanya digunakan untuk memprtimbangkan apakah suatu sekolah akan mendapatkan dana tambahan dari pemerintah. Ujian juga hanya diharuskan untuk kelulusan SMA saja.         

                                                            

    Ikuti tulisan menarik Silmi Rezeki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.