HUT SSB SUKMAJAYA ke-24 Sesuai Tanggal Lahir - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Hadir

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 10 Juni 2022 14:49 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • HUT SSB SUKMAJAYA ke-24 Sesuai Tanggal Lahir

    Merayakan HUT bukan di tanggal berdiri, adalah hal yang tak lazim. Namun, sudah diniatkan oleh Pendiri SSB Sukmajaya, bila usia SSB Sukmajaya mampu bertahan hingga 25 tahun sejak tanggal lahir, maka rasa syukurnya dalam bentuk HUT, akan diperingati sesuai tanggal lahirnya, yaitu tanggal 10 Juni. Oleh karena itu, sebelum HUT SSB Sukmajaya ke-25 pada 10 Juni 2023, HUT SSB Sukmajaya sudah diubah mulai perayaan HUT ke-24, 10 Juni 2022.

    Dibaca : 868 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Selama 23 tahun, Sekolah Sepak Bola (SSB) Sukmajaya selalu bersyukur merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) di tanggal 16 Mei, yaitu tanggal berdirinya. Bukan di tanggal 10 Juni sebagai tanggal lahirnya SSB Sukmajaya. Alasannya, untuk bukti bahwa sejak lahir 10 Juni 1998 hingga tanggal 16 Mei 1999, SSB Sukmajaya bukan hanya wadah yang SEKADAR NAMA, tetapi sejak lahir hingga menjelang usia satu tahun, pendidikan, pelatihan, dan pembinaan di SSB Sukmajaya, berhasil menampung siswa dalam enam kategori kelompok umur di Stadion Kartika Kostrad Cilodong.

    Tepat pada tanggal 16 Mei 1999, seluruh enam kategori siswa SSB Sukmajaya beruji tanding di Stadion Merpati Depok, versus SSB Depok Jaya, binaan Ronny Patinasarani. Sejak itu, tanggal 16 Mei dipilih sebagai HUT SSB Sukmajaya, sebagai bukti bahwa sejak lahir, SSB Sukmajaya mampu bertahan, berdiri, dan hidup. Sebab, banyak wadah yang lahir, tetapi tak mampu berdiri, bertahan, dan hidup karena berbagai hal atau kendala.

    Jelang 25 tahun, visi, misi, tujuan

    Merayakan HUT bukan di tanggal berdiri, adalah hal yang tak lazim. Namun, sudah diniatkan oleh Pendiri SSB Sukmajaya, bila usia SSB Sukmajaya mampu bertahan hingga 25 tahun sejak tanggal lahir, maka rasa syukurnya dalam bentuk HUT, akan diperingati sesuai tanggal lahirnya, yaitu tanggal 10 Juni. Oleh karena itu, sebelum HUT SSB Sukmajaya ke-25 pada 10 Juni 2023, HUT SSB Sukmajaya sudah diubah mulai perayaan HUT ke-24, 10 Juni 2022.

    Konsekuensi dari perubahan HUT menjadi lazim sesuai tanggal lahir, maka dalam Logo SSB Sukmajaya yang selama ini dicantumkan tanggal berdirinya, sejak 10 Juni 2022, ditampilkan tulisan tanggal lahir. Selain itu, bila usia SSB Sukmajaya benar-benar mampu menyentuh 25 tahun, maka rasa syukurnya di antaranya akan diadakan REUNI AKBAR Siswa SSB Sukmajaya mulai dari angkatan 1998 hingga angkatan 2023.

    Selain itu, di usia ke-24 pada 10 Juni 2022 ini, sebagai napak tilas, SSB Sukmajaya tetap konsisten menjalankan roda pendidikan, pelatihan, dan pembinaan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan.

    Visinya, SSB Sukmajaya akan tetap dan selalu menjadi pusat pendidikan, pelatihan, dan pembinaan sepakbola yang menampung siswa mampu atau tidak mampu dalam ekonomi, siswa yang barbakat atau tidak berbakat dalam bermain bola. SSB Sukmajaya akan mendidik siswa menjadi manusia yang berkualitas dalam kehidupan maupun persepakbolaan dengan bekal teknik, intelegensi, personaliti dan speed (TIPS), intelektual, sosial, emosional, analitis, kreatif, imajinatif, iman (ISEAKI), hingga membentuk manusia atau pesepakbola yang cerdas, berkarakter dan rendah hati.@ Misinya, membentuk pemain usia dini berkualitas tinggi, aspek teknik dan profesionalisme; membentuk usia dini yang berkualitas dalam TIPS dan ISEAKI; menjadi yang terbaik dalam setiap event tingkat regional maupun nasional; pemasok pemain liga profesional Indonesia; pemasok pemain nasional.

    Tujuannya, terselenggaranya upaya pendidikan, pelatihan, dan pembinaan secara berhasil guna dan berdaya guna dalam rangka membentuk pemain usia dini berkualitas tinggi sesuai pondasi TIPS dan ISEAKI.

    Tentunya visi, misi, dan tujuan tersebut sesuai dengan DASAR PEMIKIRAN lahirnya SSB Sukmajaya, di antaranya:    (1) Bersosial dan beramal, dapat melalui kegiatan Sepakbola. (2) Pembinaan pesepakbola usia dini sangat penting dan strategis untuk meletakaan dasar sepakbola yang baik dan benar, serta pembinaan karakter bangsa sejak dini. (3) Kurangnya kepedulian Lembaga/Instansi/Perusahaan terhadap pembinaan sepakbola dan karakter usai dini melalui jalur kegiatan nonformal (Sekolah Sepakbola-SSB). (4) Pembinaan usia dini di jalur pendidikan nonformal melalui sepakbola sangat strategis dalam pembentukan pendagogik siswa (kognitif, afektif, psikomotor) dan pembentukan intelektual, sosial, emosional, analitis, kreatif, imajinatif, iman (ISEAKI), serta membekali siswa agar terhindar dari kegiatan negatif. (5) Pembentukan pesepakbola moderen harus berbasiskan model, metode, sistem pembinaan moderen pula, untuk menghasilkan pemain-pemain masa depan yang bermutu, high level dan bisa bersaing/berlaga di kompetisi yang lebih tinggi. (6) Banyaknya usia dini yang berminat berlatih dan bermain bola, namun tidak memiliki kemampuan ekonomi untuk biaya masuk SSB. (7) Hadirnya SSB, memiliki dampak posistif seperti, menjauhkan anak dari narkoba, perkelahian, tindakan dan kegiatan negatif. (8) Program pendidikan, pelatihan, dan pembinaan SSB dapat memberikan kuntungan bagi wilayah, Pemerintahan, Perusahan/Instansi yang turut berpartisipasi.

    Arti, filosofi, logo, jersey, yel-yel

    Selain visi, misi, tujuan, dan dasar pemikiran, dalam hati dan pikiran orang tua dan siswa juga wajib mendarah daging tentang arti, filosofi, logo, jersey, yel-yel SSB Sukmajaya.

      Arti Sukmajaya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah jiwa, nyawa. Sedangkan maskud jaya adalah selalu berhasil, sukses, hebat. Jadi, pengertian sukma dan jaya bila disatukan menjadi jiwa atau nyawa yang selalu berhasil, hebat, dan sukses. Dengan demikian, nama SSB Sukmajaya, selain karena menyesuaikan domisili SSB di lingkungan Kecamatan Sukmajaya Depok, juga karena doa agar pembinaan dan pelatihan sepakbola di SSB Sukmajaya selalu hidup, bernyawa, berjiwa, hingga menuai keberhasilan, kesuksesan, dan melahirkan anak didik yang hebat. Aamiin.

    SSB Sukmajaya juga mengambil filosofi sebagai SSB Kecoa; rumput teki; panas-hujan, susah-sedih, tetap hidup. Sukma SELALU jaya!

    Logo SSB Sukmajaya Segitiga. Segitiga, merupakan lambang dari konsep Trinitas. Sebuah konsep religius yang mendasarkan pada tiga unsur alam semesta, yaitu Tuhan, manusia dan alam. Selain itu segitiga merupakan perwujudan dari konsep keluarga yaitu ayah, ibu, dan anak. Dalam dunia metafisika segitiga merupakan lambang dari raga, pikiran dan jiwa. Sesuai konsep Trinitas, konsep keluarga, dan dunia metafisika, maka SSB ini bernama Sukmajaya.

    Warna jersey kebesaran SSB Sukmajaya adalah Hijau dan Merah. Warna hijau melambangkan kehidupan dan tabah dalam menghadapi masalah. Warna hijau memiliki sifat : menyegarkan, membangkitkan energi, memberikan efek menyenangkan, menyejukkan, menyeimbangkan emosi kita, memberikan rasa bahagia, dan rasa percaya diri.

    Sementara, warna merah, seperti halnya warna api, darah, maupun matahari, warna merah kerap berkonotasi dengan kekuatan, adrenalin, gairah, serta semangat. Dunia psikologi sering kali mengaitkan arti warna merah dengan energi, gairah, kekuatan, kegembiraan, cinta, enerjik, kemewahan, nafsu dan peringatan.

    Dalam pendidikan, pelatihan, dan pembinaan, hingga dalam pertandingan, siswa SSB  Sukmajaya memiliki yel-yel, yang berarti dorongan/semangat/motivasi, menjadi ciri di setiap gerak siswa antara lain: 1. Siapa kamu? Jawab siswa: Aktor Sukmajaya! 2. Siapa kita? Sukmajaya the best! 3. Sukmajaya? Berkarakter, cerdas! 4. Latihan? Hujan/tidak, tetap latihan 5. Peralatan, tidak boleh hilang atau rusak

    Kurikulum SSB Sukmajaya

    Sebagai panduan pendidikan, pelatihan, dan pembinaan, SSB Sukmajaya menggunakan Kurikulum berdasarkan TIPS (TEKNIK, INTELEGENSI, PERSONALITI, SPEED). KOMPONEN (TIPS): 1. TEKNIK DAN TAKTIK: Konsentrasi, pertahanan, transisi, variasi serangan, pressing,  passing, eksekusi, kontrol bola, dan penyelesaian akhir. 2. INTELEGENSI: Cerdas teknik, taktik, personalti dan speed. 3. PERSONALITI: Komitmen dan konsentrasi 4. SPEED (FISIK): Aerobic, sprint, kekuatan, ekplosif

    Tempat latihan, jadwal latihan, persiapan event

    Sejak lahir hingga dapat berdiri, sampai di usia ke-24 tahun, SSB Sukmajaya tetap bermarkas di Lingkungan Kostrad Cilodong, dan kini berlatih di Lapangan 328 Kostrad Cilodong. Jadwal latihannya seminggu tiga kali, yaitu setiap Minggu pagi, pukul 07.30-10.00 WIB, dan setiap Selasa sore dan Kamis sore, pukul 15.30-17.45 WIB. Jersey latihan, Minggu pagi dan Kamis sore, kaos warna hijau, celana hijau, kaos kaki hitam atau putih. Hari Selasa sore, kaos warna merah, celana merah, kaos kaki hitam atau putih.

    Di tahun  2022/2023, program yang pasti, kini SSB Sukmajaya sedang menyiapkan tim U-8/10 (2012 ke atas) dan U-12 (2010/2011) untuk Turnamen antar Provinsi  (TaP) Juli/Agustus 2022  dan persiapan Kompetisi Indonesia Junior Soccer Leauge (IJSL) musim 2023. Tim U-12 (2010/2011), U-13 (2009), U-14 (2008), U-15 (2007), U-16 (2006), dan U-17 (2005) untuk Kompetisi Divisi Utama Liga TopSkor (LTS) yang akan dimulai rangkaian proses kompetisinya sejak Juli 2022 hingga April/Mei 2023.

    SSB Sukmajaya juga menyiapkan tim untuk Kompetisi Piala Soeratin U-13 dan U-15 2022/2023 dan persiapan tim U-11, U-13, dan U-15 untuk Turnamen Sepak Bola Nasional (TSN) akhir Februari atau awal Maret 2023.

    Sekretariat@@ Sejak lahir, berdiri, hingga sekarang, sekretariat SSB Sukmajaya tetap di Jalan Studio Alam TVRI atau Jalan Kemang I Perumahan Sukmajaya Peremata Blok G.10 Depok. Telepon 021-778249337.

    Di usia yang ke-24 tahun, semoga, semua hal tentang SSB Sukmajaya, akan tetap utuh terjaga sesuai cita-cita pendirinya. Aamiin.  

    Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.