Napiter Lapas Pasir Putih Ucapkan Ikrar Setia NKRI, Ini Pesan Khusus Wakil Menteri Hukum dan HAM - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Napiter ucapkan ikrar

Rita Puspita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Februari 2022

Jumat, 10 Juni 2022 14:38 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Napiter Lapas Pasir Putih Ucapkan Ikrar Setia NKRI, Ini Pesan Khusus Wakil Menteri Hukum dan HAM

    Napiter Lapas Pasir Putih Ucapkan Ikrar Setia NKRI, Ini Pesan Khusus Wakil Menteri Hukum dan HAM

    Dibaca : 880 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    NUSAKAMBANGAN - Ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia kembali diucapkan oleh seorang warga binaan pemasyarakatan atau narapidana terorisme Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan.

    Napiter mengucapkan sumpah kesetiaan kepada NKRI dan mengakui Pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara, serta membuat pernyataan untuk meninggalkan pemahaman dari kelompok radikal dan segala bentuk perlawanan terhadap NKRI.

    Hal ini tentu menjadi bukti keberhasilan Pemasyarakatan dalam membentuk WBP agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana lagi.

    Prosesi sakral ini terselenggara di Lapas Pasir Putih Nusakambangan dengan disaksikan langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin.

    Wamenkumham berharap, ikrar tersebut tidak hanya diucapkan secara lisan saja namun juga tulus dari hati yang mengucapkan.

    "Saya berharap penuh ikrar ini diucapkan dengan sebaik-baiknya dengan tulus dari dalam hati, untuk tidak lagi melakukan tindakan yang bertentangan dengan NKRI," tutur Eddy sapaan akrabnya.

    Selanjutnya Wamenkumham juga mengharapkan napiter yang baru mengucap ikrar dapat mengajak rekannya yang lain untuk kembali kepada Ibu Pertiwi.

    "Selanjutnya saya berharap bahwa ikrar yang saudara ucapkan di bawah sumpah kitab suci Al-Quran dapat segera saudara ajak kepada rekan warga binaan yang belum terketuk hatinya untuk kembali setia kepada NKRI," ujarnya.

    Turut hadir menyaksikan pada prosesi tersebut Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto, dan Kalapas Pasir Putih, Fajar Nur Cahyo

    Sementara dari stakeholder hadir Rohaniawan Kementerian Agama, Perwakilan Densus 88, dan Perwakilan dari BNPT.

    Sebelumnya, Wamenkumham beserta rombongan menyempatkan untuk berkunjung ke 3 (tiga) Lapas di Nusakambangan yaitu Lapas Terbuka, Lapas Narkotika, dan Lapas Permisan.

    Di Lapas Terbuka, Wamenkumham dan Kakanwil melakukan penanaman bibit pohon durian dan meninjau langsung kegiatan kerja berupa lahan persawahan dan kolam ikan.

    Sementara di Lapas Narkotika, rombongan meninjau blok hunian dan control room serta melihat langsung proses rehabilitasi warga binaan.

    Dan di Lapas Permisan, kegiatan kerja berupa kerajinan batik tulis dan batik cap serta galeri hasil karya WBP dikunjunginya beserta rombongan.

    Ikuti tulisan menarik Rita Puspita lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Adiatman

    5 hari lalu

    Bernalar Kritis

    Dibaca : 598 kali