x

Iklan

Muhammad Dzikri Irhamni

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juni 2022

Minggu, 12 Juni 2022 23:45 WIB

Peluang Mahasiswa untuk Aktif di E-sport

Di era yang sudah mnegandalkan teknologi ini, banyak kegiatan yang bisa didapatkan mahasiswa dalam aktif mengembangkan minat bakat salah satunya melalui kegemaran di dunia E-sport. Apakah mahasiswa dapat berkembang dan aktif berkegiatan dalam kegemarannya pada E-sport?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Zaman semakin maju hingga teknologi sudah mempengaruhi hidup sehari-hari kita begitu besar dalam segala aspek. salah satunya adalah olahraga

Dari waktu ke waktu, olahraga kian berubah dari yang mulanya olahraga fisik pada umumnya hingga ke olahraga elektronik yang biasa disebut E-sport. Saat ini, E-sport telah berkembang dari permainan menjadi olahraga yang setara dengan olahraga umum. Awalnya hanya dapat dimainkan melalui konsol khusus, kini tersedia di smartphone yang dimiliki hampir semua orang.

Di kalangan mahasiswa, E-sport sudah bukan suatu hal asing lagi. Tak sedikit mahasiswa menyalurkan kegemaran dan minat bakatnya dalam bidang olahraga online tersebut. Akan tetapi, terkadang E-sport masih dipandang sebelah mata. Mungkin beberapa orang atau mahasiswa hanya menganggap E-sport tidak ada keuntungan untuk dunia perkuliahan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

E-sport bisa memberi keuntungan bagi mahasiswa, antara lain, dalam membentuk relasi dan kerjasama. Beberapa Universitas sudah menfasilitasi wadah untuk mahasiswa mengembangkan minat bakat terhadap E-sport melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dalam sebuah organisasi mahasiswa, keuntungan lain seperti mengembangkan soft skill, hard skill hingga public speaking juga bisa didapatkan mahasiswa melalui kegemarannya dalam E-sport.

Di sisi lain, perlombaan E-sport yang biasa diadakan oleh Universitas pada skala kecil maupun besar juga menjadi salah satu keuntungan mahasiswa untuk memenuhi Satuan Kredit Partisipasi (SKP) yang didapat dari sertifikat perlombaan sebagai syarat kelulusan mahasiswa. Tidak hanya itu, beberapa agensi atau sebuah badan penyelenggara E-sport menawarkan sebuah campus ambassador kepada mahasiswa untuk turut aktif mengembangkan minat bakat mahasiswa.

Dengan mengikuti beberapa even yang diadakan oleh banyak pihak, mahasiswa juga banyak memiliki kesempatan untuk mengambil keuntungan serta aktif berkegiatan ataupun berorganisasi melalui kegemaran E-sport. Bahkan tidak menutup kemungkinan mahasiswa mendapatkan beasiswa dari agensi E-sport dalam turut andil keaktifannya pada event-event tertentu.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Dzikri Irhamni lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu