x

Iklan

Hawatun Nisa Amalia 059

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Kamis, 16 Juni 2022 07:47 WIB

Perencanaan Sumber Daya Insani

Artikel ini dibuat sebagai tugas UTS mata kuliah "Manajemen Sumber Daya Insani" dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri S. Ag, MM, CHCM. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengertian Perencanaan Sumber Daya Insani

Strategi pengembangan sumberdaya insani pada organisasi agar mencapai kesuksesan. Proses sumber daya insani yang melibatkan kegiatan atau estimasi, usaha kebutuhan tenaga kerja dalam perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang dan didalamnya meliputi pencocokan SDI internal dan eksternal dengan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan. Sebagai strategi pengembangan kontribusi SDI pada organisasi agar mencapai kesuksesan. Sumber daya yang dimiliki organisasi akan berdampak pada kemampuan berkompetisi organisasi.

Segala tugas harus dikerjakan secara terarah pada kesuksesan organisasi. Perencanaan SDI adalah proses menjalankan salah satu fungsi dari manajemen yang mencangkup peramalan, kegiatan, dan pengaturan tenaga kerja sehingga bisa seefesien dan seefektif mungkin dalam mencapai kesuksesan. Tujuan dalam perencanaan Sumber Daya Insani adalah untuk memastikan kepada orang yang tepat, harus berada pada waktu yang tepat. Untuk mencapai tujuannya maka perencanaan Sumber Daya Insani harus bisa disesuaikan dengan rencana organisasi yang harus menyeluruh. Oleh karena itu untuk mencapai SDI yang efektif harus ada integrasi perencanaan SDI dengan perencanaan strategik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peran Perencanaan Sumber Daya Manusia

Peran strategis sumber daya manusia bisa dimulai dari kompetisi sumber daya manusia pada saat ini. Kemudian untuk membandingkan kebutuhan dan kualitas SDM dimasa yang akan datang, perencanaan SDM yang strategik lebih menekankan pada peranan proaktif dalam fungsi manajemen sumber daya manusia. Sebagai suatu kerjasama dalam memformulasikan rencana perusahaan, dan memberikan program SDM yang baik dan pelayanannya yang efektif.

Perencanaan SDM adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi kegiatan permintaan usaha bisnis pada organisasi untuk diwaktu yang mendatang dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja, dalam lingkungan sekarang ini dunia usaha tingkat pesaingnya semakin tinggi dan para pengusaha pada semakin meluaskan bisnisnya. Bukan hanya diindonesia saja bahkan sampe diluar negaranya, dalam kondisi demikian dapat menyebabkan tuntutan pengusaha kepada karyawan semakin tinggi. Tapi secara umum perencanaan SDM dalam perusahaan dapat memastikan bahwa perusahaan mampu menyelesaikan rencana bisnisnya.

*) Artikel ini dibuat sebagai tugas UTS mata kuliah "Manajemen Sumber Daya Insani" dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri S. Ag, MM, CHCM. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Ikuti tulisan menarik Hawatun Nisa Amalia 059 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler