Hari Selancar Sedunia; Pantai Milik Semua Orang - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Mensiasati punggung dan dinding ombak

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Minggu, 19 Juni 2022 05:54 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Hari Selancar Sedunia; Pantai Milik Semua Orang

    Selancar selalu berlaga di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Sejak 18 Juni 2005, komunitas pese;ancar ini dihelat lewat even "International Surfing Day."

    Dibaca : 651 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     

    Hari Selancar Sedunia (HSS) atau International Surfing Day jatuh pada 18 Juni. Tema HSD 2022 adalah “Pantai Milik Semua Orang”. Selama beberapa dekade, Surfrider (komunitas peselancar)  memperjuangkan agar pantai dapat diakses dan ramah untuk dinikmati semua orang—terlepas dari ras, latar belakang sosial ekonomi, kemampuan, atau identitas gender.

    “Pada Hari Selancar Sedunia ini, kami merayakan kegembiraan dan kegembiraan yang dibawa pantai untuk kita semua,” tulis situs di laman https://www.surfrider.org/isd.

    Berselancar adalah hadiah yang luar biasa. Pantai adalah tempat luar biasa yang seharusnya sehat, aman, dan dapat diakses oleh semua orang. Sebagai peselancar dan pengunjung pantai, memiliki tanggung jawab menumbuhkan komunitas inklusif yang bersemangat yang bersatu untuk melindungi dan menikmati sumber daya yang luar biasa ini.

    Setiap hari, Surfrider Foundation dan jaringan aktivis sukarelawan bekerja untuk melindungi pantai. Pada HSS, mereka berkumpul dan meluangkan waktu untuk merayakan ombak dan pantai yang kita semua cintai.

     

    Kegiatan Hari Selancar Internasional 2022

    Acara ini dirayakan secara global di hampir semua tempat dengan budaya selancar – dan beberapa tanpa budaya selancar. Dalam dekade terakhir, ada satu juta peserta yang terlibat dalam kegiatan yang diadakan di lebih dari 30 negara untuk merayakan hari tersebut.

    Setiap tahun ada lebih dari 200 acara ISD yang diadakan. Anda dapat menemukan aktivitas apa yang dilakukan di seluruh dunia untuk menandai Hari Selancar Internasional

     

    Sejarah Hari Selancar Sedunia 2022

    HSD didirikan oleh The Surfrider Foundation dan Surfing Magazine pada tahun 2004. Peringatan Hari Selancar Sedunia telah diperingati sejak tahun 2005 oleh federasi yang disebuat Surfrider Foundation.

    Dimulai pada tahun 2005, HSS adalah perayaan internasional akan kecintaan terhadap selancar untuk dinikmati semua orang. Hari ini ditetapkan oleh Surfrider Foundation dan mitranya untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan bagi pantai dan lingkungan pesisir dunia kita.

    Sekarang di tahun ke-18, HSS telah berkembang menjadi aktivasi global terbesar untuk Surfrider setiap tahun, dengan lebih dari 200 acara berlangsung di seluruh dunia pada tahun 2021.

    Selama bertahun-tahun, lokasi acara HSS  mencakup Australia, Selandia Baru, Brasil, Kanada, Prancis, Inggris, Argentina, Jepang, dan ribuan acara di Amerika Serikat. Tujuan utama dari HSS adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan ihwal cara berselancar secara aman dengan menjaga keselamatan sesuai prosedur.

     

    Tempat Berselancar di Indonesia

    Tahun ini, 2022,  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan olahraga selancar internasional. tempatnya di  Pantai G-land atau Pantai Plengkung di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi jawa Timur. Kejuaraan yang bertajuk World Surf League (WSL) Championship Tour ini berlangsung 28 Mei hingga 6 Juni 2022.

     

    Seperti yang diketahui WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih. Beberapa pantai yang terpilih berada di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.

     

    Pantai G-land selama ini dikenal menjadi salah satu objek berselancar favorit para atlet hingga mereka yang memiliki hobi berselancar. Terlebih ketika ajang olahraga selancar internasional bakal digelar di pantai yang berada di Taman Nasional (TN) Alas Purwo menjadikan banyak yang penasaran akan lokasinya.

     

    Sebagai informasi, Pantai Plengkung atau Pantai G-land merupakan salah satu pantai favorit melakukan olahraga berselancar di dunia. Land memiliki ketinggian ombak sekitar 6 hingga 8 meter dan panjang dua kilometer (km). Pantai ini diklaim menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia.

     

    Pasalnya, ombak G-Land termasuk kategori salah satu terbaik di dunia. Belum lagi di G-Land juga seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna. Foto aksi peselancar di dalamnya kerap viral di berbagai belahan dunia. Kawasan G-Land telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO-PBB dan Geopark nasional.

     

     

    Selain G-Land, Di laut dan perairan Indonesia terdapat lokasi yang bisa dikunjungi oleh peselancar baik untuk yang pemula sampai kelas dunia. Berikut deretan lokasi surfing terbaik di Indonesia yaitu: Pantai Sorake (Pulau Nias), Pantai Sanur dan Dreamland (Bali),Olengkung Banyuwangi, dan Pantai  Selatan Lombok.

     

    Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.